HomeTips & TrickMountaineeringPersiapan Mengenalkan Panjat Tebing Anak, Cermati 6 Tipsnya!

Persiapan Mengenalkan Panjat Tebing Anak, Cermati 6 Tipsnya!

Kabar gembira datang dari Olimpiade 2024, manakala seorang atlet panjat tebing Indonesia berhasil menyabet medali emas di nomor speed putra pada hari Kamis, 8 Agustus 2024 lalu. Adalah Veddriq Leonardo yang menjadi pahlawan Indonesia di cabang olahraga ini. Tidak sedikit yang kemudian ingin mulai mengenalkan panjat tebing anak pada putra putrinya, terinspirasi dari capaian yang membanggakan ini.

Mempersiapkan anak agar dapat memiliki skill yang mumpuni jelas perlu banyak hal yang diperhatikan. Selain menanamkan disiplin tinggi, sederet poin penting wajib dipahami oleh orang tua, seperti kamu yang membaca artikel ini, agar proses latihan dapat berjalan aman dan efektif.

Baca Juga: 11 Kesalahan Pendaki Gunung yang Harus Dihindari Pemula

6 Tips Keamanan yang Wajib Diperhatikan untuk Panjat Tebing Anak

Panjat tebing anak
Sumber: freepik via freepik.com

Mengingat risiko yang besar, panjat tebing digolongkan sebagai salah satu olahraga ekstrim. Pada beberapa akademi atau tempat pelatihan akan diberikan prosedur latihan yang ketat agar perlindungan pada keamanan anak senantiasa terjaga.

Ada beberapa hal yang wajib kamu pahami sebagai orang tua yang ingin mengenalkan panjat tebing pada anak.

  • Pertama, pastikan peralatan yang digunakan pada area latihan panjat tebing berkualitas. Perlindungan yang baik akan diberikan oleh perlengkapan yang berkualitas solid, dan ditunjang oleh staf profesional yang memahami benar tugas dan tanggung jawabnya
  • Kedua, pastikan skill dan kapabilitas staf yang bertugas sebagai pelatih di area panjat tebing memiliki sertifikasi yang jelas. Akademi atau tempat latihan panjat tebing biasanya sudah mensyaratkan sertifikasi tertentu pada pelatih yang bertugas, dalam rangka memastikan kemampuan staf dalam memaksimalkan latihan dan mengurangi risiko panjat tebing anak
  • Ketiga, ajarkan anak untuk selalu mendengarkan dan patuh pada instruktur yang bertugas di lapangan. Ajak juga si kecil memahami aturan yang diterapkan di area latihan, agar si kecil tidak melakukan hal yang melanggar tata tertib dan membahayakan dirinya sendiri
  • Keempat, biasakan melakukan pemanasan yang sesuai dengan kebutuhan panjat tebing. Karena olahraga panjat tebing untuk anak melibatkan semua anggota tubuh dan otot, maka pemanasan sebaiknya dilakukan secara dinamis dan menyeluruh
  • Kelima, sesuaikan dengan usia. Pada tingkat anak-anak, biasanya akan terdapat kelas-kelas yang dibagi berdasarkan usia. Bukan tanpa sebab, pembagian kelas ini didasarkan pada kemampuan koordinasi motorik dan kekuatan tubuh anak-anak, sehingga latihan yang diberikan benar-benar sesuai dengan kemampuan yang dimiliki anak-anak
  • Keenam, berikan pemahaman pada anak-anak bahwa olahraga ini memiliki risiko, tapi akan aman jika dilakukan dengan benar. Ajarkan padanya untuk tidak panik saat stuck di satu titik, dan yang terpenting percayakan semua pada staf pelatih atau instruktur yang bertugas di lapangan untuk mendampingi anak-anak selama latihan

Tidak terlalu sulit, tapi tips keamanan untuk panjat tebing anak ini tidak boleh disepelekan. Ingat, untuk mengakomodir keinginan anak dalam mengembangkan hobinya, kamu juga tetap harus mengutamakan keselamatannya selama latihan.

Secara praktis cedera apapun yang dialami anak-anak cenderung lebih cepat pulih tanpa meninggalkan bekas apapun. Tapi sebagai orang tua, jelas kamu tidak ingin hal buruk apapun terjadi pada si kecil bukan?

Baca Juga: Ciri-Ciri Sepatu Mendaki Gunung Wanita dan Tips Memilihnya

Sebelum Mulai, Persiapkan Hal-Hal Ini

Panjat tebing anak
Sumber: sviatkovskyi via freepik.com

Setelah kamu memperhatikan tips keamanan yang disampaikan di poin pertama tadi, beberapa persiapan yang bisa kamu lakukan untuk latihan panjat tebing anak adalah sebagai berikut.

1. Pengenalan dan Adaptasi

Untuk menyiapkan si kecil, pastikan kamu mengenalkan kegiatan ini dengan cara yang menyenangkan. Ingat, meski tujuan utamanya adalah latihan, tapi anak-anak perlu menyukai kegiatan panjat tebing agar ia mau terus mencoba dan berusaha.

Proses adaptasi mungkin akan memakan waktu. Tapi ketika anak sudah nyaman, maka kamu akan bisa merasakannya. Ia akan selalu antusias dan bersemangat setiap datang ke area latihan panjat tebing.

2. Biasakan Pemanasan

Pemanasan harus menjadi rutinitas yang dilakukan setiap kali akan berolahraga, termasuk juga panjat tebing. Meski gerakan yang dilakukan sederhana, tapi pemanasan bisa menyiapkan otot dan persendian supaya siap digerakkan secara optimal.

Cari pola pemanasan yang tepat untuk panjat tebing, dan lakukan dengan riang gembira. Jangan terlalu memaksakan apa yang tidak diinginkan anak karena ini bisa mengurangi minatnya pada panjat tebing yang menyimpan banyak manfaat untuk tumbuh kembang anak.

3. Gunakan Peralatan yang Solid

Selain apa yang disiapkan dari tempat latihan, kamu juga bisa mulai menyiapkan peralatan yang berkualitas tinggi. Misalnya saja sepatu panjat tebing, kemudian pakaian yang nyaman, pengaman lutut dan siku, atau mungkin alat lain yang harus dibawa sendiri seperti helm pengaman.

Alat-alat ini harus punya kualitas yang teruji sehingga bisa melindungi anak dari risiko cedera yang ada selama latihan. Pastikan pilih produk dari brand yang sudah teruji, sehingga produk yang kamu berikan pada anak-anak adalah yang terbaik.

4. Selalu Berikan Pengawasan Penuh

Memang setiap orang tua punya naluri tersendiri untuk melindungi anaknya. Namun selama melakukan proses latihan, kamu bisa mempercayakan keselamatan anak pada instruktur yang bertugas.

Kamu bisa mengawasi anak dari jauh dan memberikannya dukungan secara moral. Anak akan merasa lebih nyaman dan aman ketika ia bisa melihat orang tuanya selalu berada di tempat yang tampak untuk memberikan dukungan penuh.

5. Pilih Tempat Latihan yang Memiliki Program untuk Anak-Anak

Beberapa tempat latihan biasanya memiliki program khusus untuk anak-anak sehingga akan tepat jika kamu mengajak mereka ke lokasi ini. Di kota-kota besar seperti Jakarta terdapat beberapa spot yang bisa dikatakan area latihan panjat tebing yang ramah anak-anak.

Jika tidak, kamu bisa meminta rekomendasi pada komunitas panjat tebing yang ada di daerahmu, atau dengan mencari informasi di forum online tempat pegiat panjat tebing berkumpul dan berbagi informasi.

Tambahan, Beberapa Spot Panjat Tebing Anak yang Direkomendasikan

Panjat tebing anak
Sumber: freepik via freepik.com

Di Jakarta sendiri, terdapat beberapa rekomendasi tempat panjat tebing yang ramah untuk anak-anak. Well secara teknis lokasi ini menawarkan area wall climbing yang bisa menjadi tempat latihan, tapi setidaknya teknik dasar yang digunakan akan memiliki banyak kemiripan.

Dilansir dari salah satu artikel di kumparan.com, berikut beberapa titik wall climbing yang ramah anak untuk kamu yang berada di area Jakarta

  • Jakarta Climbers, komunitas panjat tebing dengan fasilitas dan peralatan lengkap yang ada di area parkir Universitas Bakrie, Pasar Festival, Jalan HR Rasuna Said Nomor 9, Jakarta
  • Climb On, lokasinya ada di Mall Plaza Semanggi Lantai 1, Jakarta. Fasilitasnya cocok untuk anak-anak mulai usia 6 tahun hingga orang dewasa, dan tersedia berbagai kelas yang bisa diakses sesuai usia atau kategori
  • Peak to Peak, berada di Jalan Raya Serpong, Ruko Sutera Niaga 1 Nomor 18 Banten. Tempat ini terbuka untuk umum dan ramah untuk anak-anak
  • Bremgra Indonesia, berada di Jalan Cilenggang Raya Nomor 123, Serpong, Tangerang Selatan. Tempat ini cocok dikunjungi anak-anak karena juga menyediakan berbagai aktivitas seri lain seperti fun wall, ropes, dan gokart
  • Indo Climb Indoor Climbing FX Sudirman, lokasinya ada di FX Sudirman Mall Lantai 3. Arena ini terbuka untuk pemula atau profesional

Selain titik-titik seru ini, sebenarnya kamu juga bisa dengan mudah bergabung pada komunitas EIGER Climbing Club yang ada di berbagai kota. Komunitas ini memiliki akun media sosial yang dapat diikuti dan menjadi pusat informasi, seperti misalnya pada EIGER Climbing Club Surabaya yang ada di akun Instagram @eccsurabaya. 

Komunitas EIGER Climbing Club ini dapat memberikan banyak insight dan pengetahuan serta space untuk berlatih bersama atau mengenalkan olahraga panjat tebing untuk anak-anak dan orang dewasa..

Baca Juga: Sekilas tentang SIMAKSI Merbabu, Cermati Detailnya di Sini! 

Itu tadi sekilas informasi tentang panjat tebing anak, seputar tips keamanan dan apa yang harus kamu persiapkan sebagai orang tua. Rekomendasi lokasi yang diberikan juga bisa jadi informasi berguna untuk memulai aktivitas ini, dan mengenalkan pada anak sedini mungkin tentang olahraga ekstrim tersebut.

Tentu saja sebagai salah satu langkah persiapan, penggunaan gear yang solid wajib dipastikan. Beberapa gear dari EIGER Adventure bisa jadi opsi menarik jika kamu melihat di area belanja yang ada di situs resmi ini. Selain berbelanja secara online, kamu juga bisa langsung mengunjungi EIGER Adventure Store (EAS) terdekat di kotamu. Agar lebih praktis dan mudah, kamu juga bisa belanja lewat mobile apps EIGER Adventure yang sudah bisa kamu unduh di Play Store untuk pengguna Android dan App Store untuk pengguna iOS. Produknya lebih lengkap dan dijamin ori. Dapatkan juga promo dan gratis ongkir ke seluruh wilayah Indonesia!

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru