HomeTips & TrickGreen & HealthySudah Tahu Pedoman Gizi Seimbang yang Berlaku di Indonesia?

Sudah Tahu Pedoman Gizi Seimbang yang Berlaku di Indonesia?

Semua orang tentu ingin sehat. Tapi sayangnya, keinginan itu tidak selalu dibarengi dengan pengetahuan dan upaya nyata. Padahal, yang namanya hidup sehat itu tidak terjadi begitu saja. Kita perlu mengatur gaya hidup, rajin berolahraga, istirahat cukup, hingga memenuhi gizi seimbang. Faktanya, tidak semua orang yang ingin sehat paham tentang gizi seimbang, serta bagaimana pedoman yang berlaku di Indonesia.

Sebagai tambahan informasi, setiap negara itu  memiliki pola makan ideal yang berbeda, lho. Perbedaan ini dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti kebutuhan gizi dan kondisi setiap negara. Indonesia sendiri punya piramida makanan untuk menggambarkan menu gizi seimbang. Melansir laman Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, yang dimaksud gizi seimbang adalah susunan pangan sehari-hari yang mengandung zat gizi. Nilai gizi ini memiliki jenis serta jumlah yang sesuai dengan kebutuhan tubuh dengan memperhatikan sejumlah faktor, yaitu:

  • Makanan sehat
  • Aktivitas fisik
  • Perilaku hidup bersih
  • Memantau berat badan secara teratur. 

Keempat komponen tersebut bertujuan untuk menjaga berat badan ideal supaya dapat mencegah masalah yang berkaitan dengan gizi.

Kenapa Perlu Menerapkan Pedoman Gizi Seimbang?

gizi seimbang
Sumber: Freepik

Gizi seimbang bisa dimulai dengan menerapkan pola makan yang baik. Perlu diketahui, bahwa tidak ada satu makanan saja yang mengandung semua nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Itu sebabnya, kita perlu memperoleh semua zat gizi dari berbagai macam makanan yang berbeda. Dengan begitu, tubuh kita akan mendapatkan gizi yang cukup dan dapat menjalankan fungsinya tanpa masalah.

Demi memudahkan masyarakat Indonesia untuk menjalankan pedoman gizi seimbang, Kemenkes RI menjelaskannya melalui gambar tumpeng. Tumpeng Gizi Seimbang merupakan rancangan untuk memperbaiki prinsip lama “4 sehat 5 sempurna” yang dianggap sudah tidak lagi sesuai. Gambar tumpeng ini tidak hanya berisi panduan sehat saja, melainkan juga  panduan pola hidup secara keseluruhan.

Gambar Tumpeng Gizi Seimbang terdiri dari 4 lapisan. Dari puncak tumpeng hingga ke bagian dasarnya akan semakin lebar. Itu artinya, semakin besar area lapisan tumpeng, maka gizi tersebut akan semakin dibutuhkan dalam jumlah yang banyak. Selain itu, perlu diingat bahwa setiap orang membutuhkan kebutuhan gizi yang berbeda-beda. Oleh karena itu, penting untuk menghitung kebutuhan kalori agar bisa memperkirakan berapa banyak porsi makanan yang diperlukan.

Menyiapkan Makanan Sendiri, Kenapa Tidak?

gizi seimbang

Melansir laman Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, terdapat sepuluh Pedoman Gizi Seimbang yang wajib kita pahami. Di antaranya adalah sebagai berikut:

  1. Biasakan mengonsumsi anekaragam makanan pokok. 
  2. Batasi konsumsi panganan manis, asin, dan berlemak. 
  3. Lakukan aktivitas fisik yang cukup, dan pertahankan berat badan ideal. 
  4. Biasakan untuk mengonsumsi lauk pauk yang mengandung protein tinggi. 
  5. Cuci tangan menggunakan sabun dengan air mengalir. 
  6. Biasakan untuk sarapan pagi.
  7. Biasakan minum air putih yang cukup dan aman. 
  8. Perbanyak makan buah dan sayur. 
  9. Biasakan untuk membaca label pada kemasan pangan. 
  10. Syukuri dan nikmati anekaragam makanan. 

Terbiasa menjalani hidup bersih tentu saja dapat menghindarkan kita dari infeksi kuman penyebab penyakit. Hal ini sangat penting dilakukan karena semakin sering penyakit datang, maka semakin sulit kebutuhan gizi terpenuhi. Beberapa contoh perilaku hidup bersih adalah selalu menggunakan alas kaki ketika keluar rumah, menutup makanan agar tidak dihinggapi lalat, dan mencuci tangan dengan air bersih dan sabun setiap kali hendak makan atau setelah buang air besar maupun buang air kecil. 

Selain itu, kebiasaan memasak makanan sendiri di rumah juga patut dipertahankan. Pasalnya, memasak sendiri dianggap lebih baik dibanding kita membeli makanan di luar. Hasil masakan sendiri tentunya akan lebih terjamin kualitas dan kebersihannya. Dengan begitu, kita akan lebih mudah dalam menjalani pedoman gizi seimbang. 

Baca juga: Mudah dan Efektif, Jenis Olahraga Mengecilkan Perut Ini Patut Dicoba

Jangan Malas Olahraga! 

Selain menjaga kebersihan, kita juga harus rajin bergerak dan olahraga rutin untuk mengendalikan berat badan. Sebenarnya ada banyak sekali manfaat yang bisa kita peroleh dari berolahraga. Seperti  mengurangi stres, membuat tidur menjadi lebih nyenyak, membangun otot, hingga menjaga memori dan kesehatan otak. Aktivitas fisik dikategorikan cukup apabila kita melakukan latihan fisik selama 30 menit setiap hari, atau minimal 3–5 hari dalam seminggu. Latihan fisik yang bisa kita lakukan di antaranya adalah berlari, jogging, bermain bola, berenang, senam, atau bersepeda.

Baca juga: 5 Tips Hadapi Pancaroba Supaya Tak Gampang Sakit

Nah, untuk menunjang aktivitas fisik dalam rangka menerapkan pedoman gizi seimbang, kita harus menyiapkan peralatan olahraga nih! Di mana lagi mendapatkan semua kebutuhan itu kalau bukan di Eiger. Kini, belanja online di Eiger Adventure Official Website jauh lebih mudah dan praktis. Tinggal pilih produknya, check out, dan tunggu beberapa waktu sampai pesanan tiba di rumah dengan selamat. Jangan lupa manfaatkan promo menariknya, ya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru