HomeTulisan EigerianPendakian Malam: Upacara Pengibaran Bendera Merah Putih dari Puncak Gunung Penanggungan

Di malam gelap yang penuh bintang, kami berkumpul di basecamp Gunung Penanggungan dengan semangat yang membara. Besok adalah Hari Kemerdekaan Indonesia, dan kami, sekelompok pendaki (anak muda dan ditemani oleh orangtua), telah memutuskan untuk merayakannya dengan cara yang istimewa: mendaki gunung dan menyaksikan pengibaran bendera Merah Putih dari puncaknya. Ini bukansekadar pendakian; ini adalah bentuk penghormatan kami terhadap tanah air dan perjuangan para pahlawan.

Persiapan dan Keberangkatan

Pendakian Malam Gunung Pananggungan

Sekitar pukul 10 malam, dengan lampu kendaraan menyala dan semangat petualangan yang membara, kami meninggalkan hiruk-pikuk kota Sidoarjo dan memasuki jalan yang mengarah ke kaki gunung. Perjalanan malam menuju basecamp dimulai dengan melewati jalan-jalan berkelok yang tampaknya sepi dan gelap. Keberadaan lampu kendaraan satu-satunya yang memecah kegelapan malam menambah suasana misterius. Di sepanjang perjalanan, kami hanya sekali berpapasan dengan kendaraan lain yang melaju perlahan, seolah-olah mereka juga menuju ke tujuan yang sama. Udara malam yang sejuk memasuki kabin mobil, memberikan perasaan segar dan menenangkan setelah seharian beraktivitas.
Sekitar pukul 11 malam, kami akhirnya tiba di basecamp Gunung Penanggungan. Basecamp ini terletak di ketinggian yang cukup tinggi, dengan udara yang semakin dingin dan sejuk. Kami turun dari kendaraan dan disambut oleh banyaknya pendaki yang juga akan melakukan pendakian malam untuk melakukan upacara keesokan harinya.

Pukul 1 pagi, kami memulai perjalanan dengan perasaan campur aduk antara antusiasme dan kegembiraan. Langit malam sangat bersih, dipenuhi dengan jutaan bintang yang seolah-olah menyemangati langkah kami. Headlamp menyinari jalan setapak yang terjal, dan suara angin malam menjadi latar belakang dari perjalanan kami, kami juga berpapasan dengan beberapa pendaki yang juga melakukan pendakian pada malam itu. Kami semua mengenakan pakaian hangat dan membawa perlengkapan yang diperlukan: air, makanan ringan.

Langkah Pertama di Kegelapan

Jalan setapak menuju puncak Gunung Penanggungan memang terkenal menantang. Dalam kegelapan malam, medan menjadi lebih sulit untuk dinavigasi. Kabut mulai turun, menambah suasana misterius dan memberi tantangan ekstra namun terkalahkan oleh banyaknya pendaki yang juga melakukan pendakian pada saat itu yang membuat suasana menjadi ramai dipenuhi cerita disetiap langkah. Setiap langkah kami terasa lebih berat, tetapi semangat dan tekad kami tetap kuat. Kami saling membantu, bergantian memimpin dan memberikan dukungan, menjaga agar setiap anggota kelompok tetap aman dan termotivasi.

Di tengah perjalanan, kami berhenti dan memutuskan untuk beristirahat dan membuat tenda di Pos 4. Dari situ, kami dapat melihat lampu-lampu kecil dari desa di bawah, seolah-olah memberikan dorongan moral. Kami duduk bercerita sembari menikmati camilan dan mengisi tenaga untuk memulai pendakian menuju puncak Bayangan. Suasana tenang malam, ditambah dengan rasa dingin yang menyentuh kulit, membuat kami merenung tentang arti perjuangan dan pengorbanan.

Mencapai Puncak

Setelah beristirahat sekitar pukul 4 pagi, kami berangkat menuju puncak Bayangan. Sampai akhirnya mencapai puncak Bayangan Gunung Penanggungan. Hawa dingin, kabut tebal dan ramainya tenda dan pendaki menyambut kami. Walaupun tubuh kami terasa lelah, kami disambut oleh pemandangan yang sangat memukau. Langit yang tadinya gelap perlahan-lahan mulai berubah warna, dari hitam menjadi biru tua, kemudian menjadi oranye keemasan. Kami segera bersiap untuk mengikuti kegiatan Upacara. Angin pagi berhembus lembut, mengibarkan bendera Merah Putih dengan megah di atas puncak gunung. Kami berdiri dalam keheningan, merasakan momen yang sangat spesial saat bendera berkibar di bawah cahaya fajar.

Menyaksikan Matahari Terbit

Saat matahari mulai terbit, keindahan pemandangan dari puncak Gunung Penanggungan benar-benar memukau. Langit berubah warna secara dramatis, dari merah jambu lembut ke oranye cerah, dan akhirnya ke biru yang dalam. Awan-awan yang berada di bawah kami tampak seperti lautan kapas yang mengapung lembut, menambah keindahan panorama.
Kami menghabiskan beberapa waktu di puncak, menikmati keindahan pagi dan mengambil foto sebagai kenang-kenangan. Kami merasa sangat terhubung dengan sejarah dan budaya tanah air kami. Pengalaman ini memberi kami perspektif baru tentang arti kemerdekaan dan semangat kebangsaan.

Kembali dengan Hati yang Penuh

Setelah beberapa waktu di puncak, kami memutuskan untuk memulai perjalanan turun. Meskipun lelah, kami merasa ringan dan penuh kebanggaan. Setiap langkah turun terasa lebih mudah karena kami membawa pulang tidak hanya kenangan indah tetapi juga rasa pencapaian yang mendalam. Saat kami tiba kembali di basecamp, matahari sudah sepenuhnya berada di atas kepala. Pendakian malam ini bukan hanya tentang mencapai puncak gunung, tetapi tentang merayakan kemerdekaan dengan cara yang penuh makna.

Kesimpulan

Pendakian malam ini adalah perjalanan yang tidak hanya menantang fisik tetapi juga memperkaya jiwa. Mengibarkan bendera Merah Putih di puncak Gunung Penanggungan memberikan kami pengalaman yang sangat berharga, mengingatkan kami pada perjuangan dan kebanggaan sebagai bangsa. Ini adalah petualangan yang akan selalu kami kenang dan bagikan sebagai bagian dari cinta kami kepada tanah air.

Tentang Penulis:

Salam lestari, Perkenalkan Saya Tasya, seorang pendaki yang mencintai alam dan petualangan. Bagiku, mendaki bukan hanya soal mencapai puncak, tapi juga menikmati proses dan keindahan sepanjang jalur.
Ikuti perjalanan pendakian Tasya di akun Instagram pribadinya @Anantasya_L7

Tentang Program Tulisan Eigerian:

Cerita Eigerian adalah salah satu rubrik dalam program Tulisan Eigerian. Program Tulisan Eigerian adalah program yang membuka kesempatan bagi para penulis dan petualang untuk menjadi kontributor di Blog EIGER. Kontributor dapat berbagi karya, cerita, tips, ataupun review produk EIGER. Program ini terbuka untuk umum dan memiliki syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi oleh para kontributor. Yuk salurkan bakat dan bagikan semangat petualangan melalui tulisan-tulisan yang bermakna sekarang juga, ada reward bagi kontributor yang tulisannya ditayangkan! Cek syarat dan katentuannya untuk menjadi kontributor Blog EIGER di sini atau langsung kirim artikelmu melalui form ini.