HomeTips & TrickRidingJangan Sampai Terlewat, Ini 7 Perlengkapan Mudik yang Wajib Rider Gunakan!

Jangan Sampai Terlewat, Ini 7 Perlengkapan Mudik yang Wajib Rider Gunakan!

Agenda mudik lebaran yang sudah tertunda sekian lama akhirnya diberikan lampu hijau oleh pemerintah. Tentu saja, tak sedikit yang berbondong-bondong menggunakan kendaraan umum, tapi akan selalu ada segmen pemudik dengan kendaraan pribadi. Yang disebutkan belakangan ini, wajib membawa perlengkapan mudik yang tepat selama perjalanan.

Sederhana saja, alasanya adalah meningkatkan faktor keselamatan dan proteksi diri selama berada di perjalanan. Seperti yang diketahui bersama, perjalanan mudik dengan kendaraan pribadi akan menghadapi banyak tantangan dan menguji ketahanan fisik. Maka dukungan dari perlengkapan mudik yang mumpuni akan sangat direkomendasikan sehingga perjalanan bisa berjalan lancar.

1. Pakaian yang Nyaman dan Sejuk

Mulai dari elemen paling dasar yakni pakaian. Kamu wajib memastikan penggunaan pakaian dengan bahan nyaman dan sejuk, sehingga selama perjalanan kamu tidak merasa gerah. Lapisan pertama ini biasanya bisa menggunakan kaos riding  dengan bahan yang berkualitas.

Sebenarnya kaos ini sendiri bisa didapatkan secara spesifik dalam kategori produk kaos riding. Namun jika tidak bisa mendapatkannya, kamu bisa menggunakan kaos apapun yang terasa nyaman untuk digunakan dalam waktu yang cukup lama.

2. Kedua, Jaket Riding, Perlengkapan Mudik yang Wajib

Tidak dapat dibayangkan kamu melakukan perjalanan mudik dengan motor tanpa jaket riding yang berkualitas bukan? Jaket akan berfungsi sebagai pelindung terluar dari udara panas, angin dingin, hingga gesekan dengan berbagai benda. Maka dari itu penggunaan jaket berkualitas wajib dipastikan.

Kamu bisa memilih jaket dengan jenis windproof jacket atau tipe armored jacket, sesuai dengan keperluan. Jika perjalanan tidak terlalu jauh, jaket windproof bisa jadi opsi karena ringan dan sejuk. Namun untuk perjalanan yang sangat jauh lebih direkomendasikan armoured jacket, karena dapat memberikan perlindungan maksimal.

Well, untuk beberapa rekomendasi jaket yang bisa kamu pilih misalnya Eiger Wispy Jacket dan Eiger Equatoride Jacket.

Baca Juga : Memahami Panduan Konvoi Motor, Ini 8 Poin Pentingnya!

3. Jangan Lupa Perhatikan Bahan Celana

Praktis kamu akan berada dalam posisi duduk yang cukup lama. Ini mengapa, memilih celana riding untuk melengkapi perlengkapan mudik yang kamu siapkan juga penting. Kamu bisa menjadikan celana dengan bahan jeans sebagai opsi.

Beberapa produk sebenarnya tersedia untuk celana khusus berkendara. Namun demikian, pemilihannya juga bisa menyesuaikan dengan kebutuhan yang kamu miliki. Hampir serupa dengan jaket, ketebalan dan bahan dari celana akan mengacu pada jangka waktu perjalanan dan tingkat kenyamanan yang diberikan.

Salah satu produk yang mungkin bisa kamu masukkan ke dalam opsi adalah Eiger Straitlaced Pants, yang bisa langsung kamu dapatkan dengan mengkliknya.

4. Sepatu dan Kaos Kaki

Dengan petimbangan yang tidak jauh berbeda, pemilihan sepatu dan kaos kaki akan jadi poin yang cukup penting. Sepatu berfungsi sebagai proteksi di bagian kaki yang paling luar, sehingga wajib memilih produk sepatu riding berkualitas.

Apakah sepatu sneakers tidak bisa digunakan?

Sebenarnya secara praktis bisa saja, selama kamu nyaman. Namun sepatu motor didesain khusus untuk kegiatan berkendara jarak jauh, sehingga proteksi yang diberikan bisa benar-benar maksimal. Beberapa produk menggunakan model mid cut shoes, sehingga bisa melindungi hingga ke bagian mata kaki. Demikian halnya dengan kaos kaki, pastikan yang nyaman, sejuk, dan tidak terlalu tebal.

5. Helm dan Kacamata, Krusial di Bagian Kepala

Tidak ketinggalan helm dan kacamata wajib Anda gunakan selama perjalanan. Jika Anda sudah menggunakan helm model full-face, maka penggunaan kacamata hitam atau sunglasses rasanya sudah cukup. Namun jika model half-face yang Anda gunakan, maka google wajib masuk dalam perlengkapan mudik Anda.

Perlindungan pada kepala adalah hal yang tidak boleh disepelekan. Selain memang menjadi peraturan berkendara motor di Indonesia, helm yang benar-benar berkualitas bisa memberikan perlindungan dari kecelakaan serius sekalipun.

Resiko fatal dapat ditekan seminimal mungkin, sehingga proteksi setiap penumpang motor bisa dimaksimalkan.

6. Berbagai Jenis Tas

Mulai dari backpack hingga tas yang dipasangkan pada motor, kamu juga bisa memasukkan ini ke dalam perlengkapan mudik yang kamu siapkan. Tas berfungsi membawa berbagai jenis barang yang kamu perlukan selama perjalanan, sehingga semua bisa diakses dengan mudah.

Meski demikian bukan berarti kamu bisa membawa banyak tas sekaligus. Kamu tetap harus mempertimbangkan kenyamanan dan manuver yang perlu dilakukan, sehingga penggunaan tas backpack, side bag, dan berbagai tas lain bisa dimaksimalkan.

Ingat, selalu utamakan kenyamanan dan keleluasaan berkendara, sehingga tas yang kamu bawa tidak justru membuat kamu kesulitan saat riding. Salah satu jenis tas yang cukup menarik adalah Eiger Telluride 1.1 25L Duffle Bag, dengan desain yang sangat ergonomis dan kapasitas yang besar.

7. Perlengkapan Pendukung Lainnya

Sarung tangan, elbow protector, shifter pad, masker, dan berbagai perlengkapan berkendara lain yang kamu perlukan juga bisa masuk dalam daftar persiapan. Memang ketika dituliskan satu per satu seperti ini akan terasa sangat detail. Namun saat digunakan kamu bisa merasakan proteksi maksimal untuk perjalanan yang kamu lakukan.

Sebagai tambahan mungkin kamu juga bisa menambahkan Eiger Foldable Sajadah, untuk mendukung aktivitas ibadah saat melakukan perjalanan tanpa perlu memenuhi tas yang kamu bawa.

Baca Juga : Handlebar Bag, Tas Sepeda Keren yang Multifungsi 

Selain menyiapkan perlengkapan mudik, kamu juga jangan sampai lupa mempersiapkan berbagai pakaian lebaran  yang digunakan. Jika perlengkapan mudik bisa langsung dikunjungi pada laman perlengkapan riding di Eiger Adventure, kamu bisa mendapatkan berbagai apparel tema lebaran di segmen Ramadhan Collection. Semoga perjalananmu lancar, dan selamat sampai tujuan!

Newsletter

Mau jadi yang pertama tau update tentang Eiger Adventure? Yuk, sign up ke newsletter kami!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments