HomeTips & TrickGreen & HealthyMenilik 5 Perpustakaan Terbaik di Indonesia dengan Fasilitas Modern

Menilik 5 Perpustakaan Terbaik di Indonesia dengan Fasilitas Modern

Pernah berkunjung ke salah satu perpustakan terbaik di Indonesia? Atau Eigerian mungkin memimpikan bisa mengunjungi perpustakaan terbaik di dunia? Di dunia ini memang ada banyak sekali perpustakaan terbaik yang wajib dikunjungi. Namun sebelum ke sana, ada perpustakaan terbaik di Indonesia yang wajib dikunjungi terlebih dahulu. 

Perpustakaan terbaik biasanya menawarkan tempat belajar dan membaca yang tidak hanya tenang, tapi juga nyaman. Koleksi bukunya yang lengkap tentu saja akan menunjang rasa keingintahuan kita akan beberapa topik yang sedang ingin kita pelajari. Beberapa perpustakaan ini bahkan memiliki fasilitas menarik, selain ruang baca dan koleksi bukunya yang lengkap, lho

Daftar Perpustakaan Terbaik di Indonesia

perpustakaan terbaik di indonesia
Sumber: Freepik (Gambar Hanya Ilustrasi)

Bagi sebagian orang yang memiliki persepsi bahwa perpustakaan terkesan kaku dan membosankan, sebaiknya mulai sekarang persepsi itu perlu dikesampingkan. Sebab faktanya, perpustakaan terbaik Indonesia di bawah ini bisa memberikan kita pengalaman belajar dan membaca yang menyenangkan. Langsung saja kita bahas lebih lanjut mengenai perpustakaan Indonesia terbaik yang patut untuk dikunjungi. Berikut ini adalah daftar perpustakaan terbaik di Indonesia yang menarik untuk diketahui. 

1. Perpustakaan Universitas Indonesia (UI, Depok)

Perpustakaan yang satu ini berada di lingkungan kampus Universitas Indonesia, dibangun pada bulan Juni 2009 dan diresmikan pada tanggal 13 Mei 2011 lalu.  Dikenal dengan nama “Crystal of Knowledge”, perpustakaan ini dilengkapi dengan 3-5 juta judul buku, ruang baca, 100 silent room, taman, restoran, bank, serta toko buku. Menariknya, perpustakaan ini memiliki total delapan lantai, di mana setiap lantai memiliki fasilitasnya masing-masing. Pada lantai satu, terdapat tempat sirkulasi, di mana tempat ini digunakan untuk mengembalikan buku yang sudah dipinjam.

2. Perpustakaan Soeman HS, Pekanbaru

Perpustakaan Soeman HS terletak di Jalan Jenderal Soedirman nomor 462, Pekanbaru, Riau. Diresmikan pada tanggal 28 Oktober 2008 oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla, perpustakaan dengan desain arsitektur yang megah ini adalah perpustakaan termegah di Indonesia, lho. Nama dari perpustakaan ini diambil dari nama seorang pujangga asal Riau yaitu Soeman HS, dan perpustakaan ini merupakan landmark kota Pekanbaru. Perpustakaan Soeman HS memiliki koleksi lebih dari 200.000 eksemplar dan gedung yang dilengkapi dengan AC, yang membuat perpustakaan ini semakin populer untuk dikunjungi. Memiliki enam lantai, setiap lantainya memiliki tempat baca khusus yang dapat digunakan oleh pengunjung untuk membaca koleksi yang ada dan pastinya juga dilengkapi dengan wifi gratis.

3. Perpustakaan Nasional Republik Indonesia

Perpustakaan Nasional Republik Indonesia atau yang lebih sering dikenal sebagai Perpusnas merupakan perpustakaan nasional tertinggi di dunia. Sebenarnya, perpustakaan ini didirikan pada tahun 1980 silam. Namun, secara fisik baru dilaksanakan pada tahun 1981. Sampai pada tahun 1987, Perpusnas masih berada di 3 tempat, yaitu di Jalan Merdeka Barat 12, Jalan Merdeka Selatan 11, dan Jalan  Imam Bonjol 1 (sekarang Museum Naskah Proklamasi). Kemudian pada tanggal 6 Maret 1989, perpustakaan ini diresmikan dengan ditandatangani sebuah keputusan monumentasi oleh presiden RI melalui keputusan presiden Nomor 11 tahun 1989. Perpustakaan ini memiliki gedung setinggi 126,3 meter dengan total 24 lantai, termasuk tiga lantai parkir bawah tanah, atau basement.

4. Perpustakaan Universitas Malahayati, Bandar Lampung

Perpustakaan Universitas Malahayati didirikan pada 1993, bersamaan dengan berdirinya institusi Perpustakaan dan disahkan dengan SK Rektor pada tahun 1994. Terletak di Jalan Pramuka nomor 7, Bandar Lampung, perpustakaan ini dikenal juga sebagai perpustakaan terpanjang, dan perpustakaan ini berada di dalam lingkungan kampus Universitas Malahayati. Jika perpustakaan yang lain memiliki gedung bertingkat ke atas, perpustakaan Universitas Malahayati ini justru memiliki gedung yang memanjang. Ditambah lagi, perpustakaan ini memiliki desain yang sangat unik dengan dikelilingi sungai buatan yang membuat suasana menjadi nyaman.

5. Perpustakaan Microlibrary Bandung

Perpustakaan ini terletak di Taman Bima, Kota Bandung, dibangun pada tahun 2015. Memiliki desain yang sangat unik karena bangunannya dibuat dari susunan 2000 limbah ember es krim plastik, perpustakaan ini menjadi salah satu perpustakaan terbaik di Indonesia. Uniknya lagi, lubang ember es krim tersebut membentuk sebuah pola binary code, dengan tulisan “Buku adalah Jendela Dunia”. Bahkan karena desainnya yang unik ini, Perpustakaan Microlibrary Bandung berhasil mendapatkan penghargaan arsitektur yang salah satunya adalah apresiasi Lafarge Holcim Awards for Sustainable Construction Asia Pacific pada tahun 2017 silam. Perpustakaan ini sengaja dibuat dengan 2000 ember es krim plastik, untuk menunjukkan bahwa barang-barang plastik jika dimanfaatkan dengan kreatif maka akan menjadi nilai tambah terhadap barang-barang bekas tersebut.

Kenapa Kita Perlu Berkunjung ke Perpustakaan?

perpustakaan terbaik di indonesia

Buku adalah jendela dunia. Tak heran jika orang-orang yang haus akan ilmu pengetahuan menjadikan perpustakaan sebagai salah atau wisata edukasi terbaik.  Buku adalah sumber berbagai informasi yang dapat membuka wawasan kita tentang berbagai hal seperti ilmu pengetahuan, ekonomi, sosial, budaya, politik, serta aspek-aspek kehidupan lainnya. Selain itu, membaca buku juga dapat membantu mengubah masa depan, hingga dapat menambah kecerdasan akal dan pikiran kita.

Bahkan tanpa kita sadari, manfaat membaca buku dapat memberikan banyak inspirasi bagi kita. Namun sayangnya, kegiatan membaca buku akhir-akhir ini banyak diabaikan berbagai kalangan dengan alasan kesibukan, hingga karena adanya media yang lebih praktis untuk mendapatkan informasi seperti televisi, radio, maupun media internet. Padahal manfaat berkunjung ke perpustakaan dan membaca buku yang bisa kita dapatkan selain mempercerdas otak. Membaca buku dapat menjaga otak kita agar bisa tetap aktif, sehingga dapat melakukan fungsinya secara baik dan benar. Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa dengan membaca buku dapat merangsang mental bahkan dapat mencegah penyakit Alzheimer dan demensia, lho

Selain itu, melakukan kegiatan membaca selama beberapa menit juga dapat membantu menekan perkembangan hormon stress seperti hormon kortisol. Dengan membaca, maka akan membuat pikiran lebih santai sehingga membaca diyakini dapat membantu menurunkan tingkat stress hingga 67%. Selain relaksasi, membaca buku juga dapat membawa kedamaian batin serta ketenangan yang sangat besar. 

Baca juga: 7 Manfaat Menulis bagi Kesehatan Mental yang Jarang Diketahui

Tips Membaca Buku Secara Efektif

Berkunjung ke perpustakaan terbaik di Indonesia, akan memberikan kita pengalaman luar biasa. Supaya lebih efektif membaca buku di perpustakaan, kita bisa memilih waktu luang yang tepat untuk membaca buku. Kemudian pilih posisi yang nyaman pada saat membaca buku. Jangan lupa untuk selalu mengatur jarak antara mata dengan buku, yaitu sekitar 25 hingga 30 cm, ya

Menentukan tujuan membaca buku untuk mendapatkan hasil yang optimal juga penting dilakukan. Sebab, seseorang yang membaca buku tanpa tujuan, sama saja dengan seorang pengembara yang tidak tahu arah. Sebelum membaca, sebaiknya kita mengetahui gambaran besar tentang isi buku, sehingga hal tersebut akan mempermudah konsentrasi pada saat membaca. Dan pastikan selalu fokus pada apa yang kita baca! 

Tips selanjutnya, jadilah pembaca yang aktif, dalam artian kita bisa melakukan dialog dengan buku. Misalnya saja kita bisa membuat berbagai pertanyaan yang nantinya akan kita temukan jawabannya di dalam buku yang sedang kita baca. Jangan lupa, tentukan pula teknik dalam membaca, misalnya saja kapan waktu yang tepat untuk membaca dengan cepat, lambat, dengan nada keras, maupun membaca dalam hati. Mencatat hal-hal penting yang telah kita baca juga perlu dilakukan, lho. Hal ini akan membantu kita dalam mengingat intisari dari buku yang telah kita baca.

Baca juga: Apa Sih Manfaat Melakukan Olahraga Malam untuk Kesehatan?

Supaya lebih semangat berkunjung ke perpustakaan terbaik di Indonesia, jangan lupa siapkan outfit yang nyaman. Membawa botol minum atau tumbler pribadi juga diperlukan. Dengan begitu, kita bisa tetap memenuhi kebutuhan cairan tubuh selama membaca buku. Yuk, belanja segala keperluan penunjang penampilan dan kebutuhan harian di website Eiger Adventure Official! Ada banyak koleksi terbaik dari Eiger yang bisa dipilih, lho. Cek sekarang juga!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru