HomeTips & TrickRidingPersiapan Touring Motor, Kamu Masih Ingat 5 Poin Ini?

Persiapan Touring Motor, Kamu Masih Ingat 5 Poin Ini?

Siapa di antara kamu semua yang membaca artikel ini, sudah rindu dengan sensasi touring motor? Tentu jika kamu seorang rider, agenda yang satu ini jadi salah satu agenda paling dinantikan. Sebab tak hanya kamu bisa menikmati waktu bersama teman-teman, tapi juga quality time bersama motor kesayangan.

Touring motor di era pandemi seperti ini sebenarnya masih mungkin dilakukan, asalkan tetap menerapkan protokol kesehatan. Selain itu, tentu persiapan yang matang wajib dilakukan, agar kegiatan touring yang dijalankan tidak terkendala.

In case kamu sudah mulai lupa persiapan apa saja yang seharusnya dilakukan sebelum touring, karena sudah lama tak melaksanakan kegiatan ini, maka kami sajikan beberapa poin penting untuk persiapannya. Jadi, mari kita masuk ke bagian utama artikel ini!

Touring motor

Pertama, Motor Harus Prima

touring motor

Motor yang kamu naiki akan jadi rekan perjalanan paling dekat. Tentu saja, persiapan kondisi motor harus jadi yang utama untuk urusan touring. Mulai dari bagian paling luar, hingga bagian mesin terdalam, wajib dipastikan semua sudah dalam keadaan prima dan ‘siap tempur’.

Kamu bisa mengunjungi bengkel kepercayaanmu, atau datang ke servis resmi sebagai langkah paling sederhana. Jadi ketika diajak berkendara nanti, motor tidak akan rewel di jalan dan justru membuat kamu dan rombongan menjadi repot.

Selain kondisi motor, pastikan juga ya surat-surat kendaraan lengkap dan sesuai aturan. Pastikan membawa STNK yang sudah dibayar pajaknya, SIM, dan identitas diri yang lain. Menjadi rider yang taat aturan tetap bisa keren lho!

Selanjutnya, Fisik Kamu Juga Wajib Disiapkan

Touring motor bukan satu kegiatan ringan yang tidak memerlukan fisik yang sehat dan bugar. Untuk menjalaninya, persiapan fisik juga diperlukan seperti ketika kamu akan mendaki gunung. Well tidak seberat itu mungkin, tapi fisik yang sehat dan bugar akan jadi faktor penting dalam kelancaran touring.

Ketika fisik sehat dan bugar, maka koordinasi gerakan yang kamu miliki juga akan berada di titik optimal. Konsentrasi berkendara, kemampuan merespon keadaan dengan cepat, serta refleks yang muncul, akan jadi poin penting yang wajib dimiliki.

Ada baiknya juga kamu melakukan kontrol kesehatan ke dokter atau rumah sakit kepercayaan, agar dapat mengetahui dengan pasti kesiapan tubuh. Hal ini, utamanya, direkomendasikan untuk kamu yang memiliki penyakit atau gangguan kesehatan bawaan. Siapa tahu dokter menyarankan untuk mengkonsumsi obat-obatan tertentu sebagai persiapan agar kamu bisa touring.

Merencanakan Rute Perjalanan, Tempat Istirahat, dan Tujuan Akhir

touring motor
Sumber : freepik.com

Setelah dua persiapan awal tersebut sudah dilakukan, selanjutnya diskusikan bersama teman rider kamu tentang rute perjalanan. Touring motor biasanya dilakukan dalam jarak yang cukup jauh, dengan tujuan objek wisata atau tempat tertentu.

Dalam perjalanan terdapat pula titik-titik peristirahatan yang bisa digunakan, agar tubuh dan motor bisa sejenak beristirahat. Tak diragukan soal kenyamanan jok motor yang kamu kendarai, tapi secara ideal, tubuh juga memerlukan peregangan setelah berada dalam pose yang sama dalam beberapa jam.

Mesin motor pun demikian, secara berkala perlu didinginkan agar tidak terjadi overheat. Hal ini juga berpengaruh pada kondisi ban, kampas rem, dan berbagai part lain di motor yang akan menurun performanya ketika terlalu diforsir.

Jangan Lupakan Jas Hujan

Poin keempat yang tak boleh dilupakan adalah kamu wajib membawa jas hujan ketika melaksanakan touring motor. Pada kondisi cuaca seperti sekarang ini, tak ada yang bisa menebak kapan hujan akan turun, seberapa besar intensitasnya, dan sebagainya.

Sebenarnya hal ini bisa diketahui perkiraannya lewat lembaga resmi milik pemerintah. Akan sangat baik jika ketika merencanakan touring kamu juga mempertimbangkan ramalan cuaca yang diberikan oleh badan resmi seperti BMKG. Hal ini dapat membantu perencanaan perjalanan, rute, dan total tempat istirahat yang akan digunakan.

Namun sebagai kelengkapan dan persiapan menghadapi hujan tiba-tiba, jas hujan akan sangat berarti untuk digunakan.

Pakaian yang Layak untuk Perjalanan Jauh

touring motor

Angin yang cukup kencang, udara dingin, paparan sinar matahari, kerikil yang mungkin saja terpental, dan banyak sekali faktor lain akan kamu hadapi selama touring. Maka dari itu, demi keselamatan sangat dianjurkan menggunakan pakaian yang layak untuk perjalanan jauh.

Kamu bisa memulainya dari sarung tangan, baju, jaket, masker, celana panjang, sepatu, hingga helm yang memiliki kualitas baik. Perlengkapan berkendara ini sekaligus jadi upaya penerapan safety riding, sehingga proteksi diri bisa ditingkatkan bilamana terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Keselamatan harus selalu jadi prioritas, apapun kegiatan luar ruang yang kamu lakukan, tak terkecuali untuk urusan touring motor ini.

Jadi bagaimana menurut kamu? Apakah sekarang sudah ingat apa saja yang harus dipersiapkan sebelum touring motor? Tentu saja, untuk urusan perlengkapan atau riding gear, kamu bisa menemukan semuanya di Eiger Adventure. Gear dengan kualitas tidak main-main dan meningkatkan proteksi diri secara drastis, Eiger Adventure selalu memberikan yang terbaik untuk Eigerian semua!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru