HomeTips & TrickGreen & HealthyPesona Flora & Fauna Taman Nasional Siberut, Kepulauan Mentawai

Pesona Flora & Fauna Taman Nasional Siberut, Kepulauan Mentawai

Eigerian punya rencana pergi ke Sumatera Barat? Jangan hanya mampir ke Kota Padang! Masih ada banyak tempat wisata yang bisa kamu kunjungi. Salah satunya Taman Nasional Siberut di Kepulauan Mentawai. Ada banyak Flora & Fauna Taman Nasional Siberut yang harus kamu lihat.

Kepulauan Mentawai terdiri dari empat pulau besar yaitu Pulau Sipora, Pulau Siberut, Pulau Pagai Selatan dan Pulau Pagai Utara beserta ratusan pulau kecil di sekitarnya. Semuanya menyimpan berbagai obyek wisata alam dan budaya yang menarik.

Nah salah satunya adalah Taman Nasional Siberut, taman ini merupakan salah satu taman nasional yang masih sangat alami dan asri. Ada berbagai jenis flora dan fauna membentuk habitat di taman nasional ini.

Sebelum mengenal lebih jauh, yuk kenali Sejarah Taman Nasional Siberut! 

Pada tahun 1976 sejarah Taman Nasional Siberut dimulai ketika areal tersebut ditetapkan sebagai Suaka Margasatwa Teitei Batti yang mempunyai luas 6.500 hektar.

Dua tahun kemudian, kawasan Suaka Margasatwa Teitei Batti diperluas kembali hingga menjadi 56.500 hektar serta mengalami perubahan status menjadi Suaka Alam berdasarkan Keputusan Menteri Pertanian. 

Setelah itu tak lama, melalui Program Man and Biosphere (MAB) yang dilangsungkan pada tahun 1981 oleh United Nations Educational Scientific and Cultural Organization(UNESCO), Pulau Siberut ditetapkan sebagai salah satu Cagar Biosfer di Indonesia.

Akhirnya berdasarkan Surat Keputusan Menteri Kehutanan diterbitkan tentang penetapan Taman Nasional Siberut seluas 190.500 ha yang merupakan gabungan dari kawasan Suaka Alam, Hutan Produksi Terbatas seluas dan Hutan Produksi Tetap.

Flora dan Fauna Taman Nasional Siberut

Taman Nasional Siberut masih memiliki alam yang asri dan jarang tersentuh tangan manusia. Berbagai spesies flora dan fauna pun akhirnya dapat membentuk habitat dengan baik di kawasan ini. Tidak hanya itu, tumbuhan dan hewan endemik hingga langka bisa kamu temukan loh. 

Flora

Di Taman Nasional Siberut ada lebih dari 896 spesies tumbuhan berkayu.  Banyak diantara tumbuhanya adalah kelompok herba, semak belukar, ephypit, dan liana. Persebaran jenis flora tersebut juga mengikuti tipe ekosistem dari Taman Nasional Siberut.

Kawasan ini juga mempunyai beberapa jenis anggrek sejumlah 25 spesies yang terbagi menjadi 22 anggrek epifit dan 3 anggrek tanah. Beberapa diantaranya adalah anggrek bulan putih (Phalaenopsis amabilis), Coelogyne incrasata, Eria nutans, Dendrobium paphyllum, dan lain sebagainya.

Di kawasan Taman Nasional Siberut  tercatat ada 6 spesies flora yang merupakan jenis endemik di kawasan ini. Diantaranya adalah Mesua cathairinae, Diospyros brevicalyx, Aporusa quadrangularis, Baccaurea dulcis, Drypetes subsymmetrica, dan Horsfieldia macrothyrsa.  

Fauna

Terdapat 31 spesies mamalia yang hidup di Taman Nasional Siberut dengan empat jenis merupakan primata endemik dan terancam punah seperti siamang Mentawai (Hylobates klossii), lutung (Presbytis potenziani), monyet Mentawai (Simias concolor), dan beruk (Macaca pagensis).

Kelompok aves atau burung yang berhasil tercatat sejumlah 135 spesies dan satu-satunya jenis endemik di kawasan ini yaitu celepuk Mentawai (Otus mentawai).

Daftar Kegiatan Wisata di Taman Nasional Siberut

Ada banyak hal loh yang bisa kamu lakukan di Taman Nasional yang satu ini. Buat kamu yang ingin menguji adrenalin bersama teman dan sahabat, atau berwisata seru dengan sanak keluarga. 

Air Terjun Ulukubuk

Lokasi pertama yang menarik untuk Eigerian kunjungi adalah Air Terjun Ulukubuk. Berlokasi di Desa Madobak. Di sini kamu dapat menikmati panorama yang masih asri dan begitu indah. Lokasi ini juga bisa jadi spot foto menarik loh Eigerian.

Hutan Mangrove

Di Teluk Katurei terdapat hutan mangrove yang merupakan objek wisata potensial. Apalagi dengan hutan bakau yang masih cukup asli dan membentang luas tersebut berpadu dengan Teluk Katurei yang begitu tenang

Mengunjungi Pulau Sekitar 

Di bagian selatan Pulau Siberut kamu akan menemukan berbagai pulau kecil lainya. Pulau Karang Bajat dan Pulau Nyang-Nyang. Pulau-pulau tersebut menjadi tujuan untuk wisata bahari yang menyenangkan. Kamu bisa melakukan berbagai wisata air seperti snorkeling, berenang, memancing, atau sekadar menikmati pesona dari pantai berpasir putih. 

Pulau lainnya adalah Pulau Bugei yang berada di Teluk Saibi Sarabua. Pulai ini memiliki pasir pantai yang berwarna putih diterpa gulungan ombak. Ada juga padang lamun dan gugusan terumbu karang yang tergolong sangat luas. 

Wisata Budaya

Tidak kalah dengan tempat eksotis di Indonesia lainya. Wisata budaya selalu memiliki tempat tersendiri di hati para penikmat keragaman di Indonesia, termasuk bagi pengunjung Taman Nasional Siberut. Terdapat budaya yang khas loh dari warga sini. Unik dan pastinya bisa bikin kamu punya pengalaman baru nih Eigerian.

Salah satu kegiatannya seperti membuat tato dan membuat kabit yang merupakan celana tradisional masyarakat Mentawai. Selain itu, pada waktu tertentu juga diadakan upacara adat dengan menampilkan tarian khas Mentawai yang disebut turuk. Ada juga prosesi pengobatan yang dilakukan oleh sikerei yang merupakan dukun Mentawai.

Trekking

Kegiatan yang paling menyenangkan di Taman Nasional Siberut adalah trekking. Kegiatan ini dilakukan dengan berjalan kaki menyusuri hutan-hutan primer dengan tanah berlumpur. Sepanjang perjalanan mata akan disuguhi pemandangan seperti pepohonan berbagai spesies anggrek hutan, dan satwa liar.

Selain hutan, sungai juga menjadi lokasi yang tepat untuk disusuri. Pengunjung akan melihat pondok atau sapou yang merupakan tempat masyarakat lokal beternak dan berladang. Penyusuran sungai biasanya dilakukan dengan menggunakan sampan, sehingga pengunjung lebih leluasa mengamati kehidupan masyarakat setempat di sepanjang aliran sungai.

Dapatkan Kebutuhan Trekking Mu Disini! 

Yuk trekking seru di Taman Nasional Siberut dengan perlengkapan dari EIGER. Kamu bisa dapatkan kebutuhan trekking mulai dari baju, celana, tas sampai sepatu trekking yang nyaman. Dapatkan semuanya hanya di website resmi EIGER Adventure, barangnya original, pasti cepat sampai! 

Baca Juga: Pesona Taman Nasional Karimunjawa, Dari Kuliner Hingga Flora Faunanya

Beli Juga Koleksi Taman Nasional X  EIGER 

Koleksi edisi spesial Taman Nasional ini terdiri dari kaus dan tumbler dengan grafis yang mengangkat keunikan alam dari 54 Taman Nasional di Indonesia dengan pesonanya yang otentik dan jadi kebanggaan Nusantara.

Penasaran dengan produk-produk pada koleksi edisi spesial Taman Nasional ini? Dapatkan produknya disini!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru