HomeTips & TrickGreen & HealthyPlastik HDPE Lebih Ramah Lingkungan? Ini 4 Keunggulannya

Plastik HDPE Lebih Ramah Lingkungan? Ini 4 Keunggulannya

Kamu pasti sudah tidak asing dengan penggunaan plastik di kehidupan sehari-hari. Kantong plastik, wadah makanan, botol shampo, botol minuman, merupakan barang-barang yang terbuat dari jenis plastik HDPE. 

Plastik HDPE ini merupakan jenis plastik yang populer dan sering digunakan. Sifatnya yang fleksibel dan mudah dibentuk membuat plastik ini ideal untuk dijadikan bahan baku pembuatan barang-barang.

Nah, Eigerian tau gak keunggulan dan kegunaan dari plastik HDPE ini? Yuk simak artikel ini, supaya tau ragam keunggulan dari penggunaan plastik ini.

Mengenal Plastik HDPE 

HDPE atau High Density Polyethylene merupakan polimer termoplastik jenis polietilena yang terbuat dari proses pemanasan minyak bumi.  

Plastik ini memiliki sifat yang keras, tahan terhadap suhu tinggi, dan dapat mudah dibentuk. Lapisan dari HDPE ini cenderung akan terlihat buram setelah diproses dan bisa didaur ulang. 

Proses pembuatan plastik ini yakni dengan cara memanaskan minyak bumi menggunakan suhu yang sangat tinggi. Proses ini disebut dengan cracking, yang dirancang untuk menciptakan gas etilena. 

Nantinya, molekul-molekul dari gas tersebut akan berkumpul dan diolah menjadi polimer sebagai bahan dasar polyethylene. Hasil akhirnya akan menjadi gumpalan mentah HDPE yang siap dibentuk. 

HDPE memiliki logo daur ulang dengan angka 2 di tengahnya. Biasanya kamu akan menjumpai jenis plastik ini pada penggunaan galon air minum, botol sabun, botol shampo, botol deterjen, dan plastik kemasan lainnya. 

Selain itu, plastik HDPE ini juga aman untuk digunakan sebagai wadah makanan. Karena plastik ini memiliki bahan yang kompatibel yang aman terhadap kesehatan. 

Keunggulan Menggunakan Plastik HDPE

Plastik HDPE sering digunakan di berbagai industri seperti industri makanan dan minuman, pengolahan kimia, dan lainnya. Nah, jenis plastik ini memiliki banyak keunggulan loh. Apa saja sih keunggulannya? Yuk Simak.

1. Mudah Dibentuk

Meski dikenal kokoh dan kuat, ternyata plastik HDPE ini mudah dibentuk setelah melalui proses pemanasan yang disebut HDPE injection dan molding. 

Contohnya yang mudah ditemui yakni pada produk rumah tangga seperti botol minuman dan kotak makanan sebagai produk yang populer.

Keunggulannya yang mudah dibentuk, membuat plastik HDPE ini juga populer di kalangan pemilik industri lainnya. Kamu bisa menggunakannya sebagai pipa air, lemari, kotak pendingin, bahkan lembaran untuk konstruksi.

2. Memiliki Daya Tahan yang Kuat

Sesuai dengan namanya, HDPE merupakan jenis plastik yang kuat karena memiliki sedikit cabang dan ikatan antar molekul yang teratur. 

Nah, hal tersebut membuat jenis plastik ini memiliki kekuatan dan daya tahan yang luar biasa akan berbagai benturan dan tekanan. HDPE cocok untuk dijadikan bahan kontainer seperti kotak, botol, atau jerigen dengan muatan besar. 

3. Tahan Korosi

HDPE memang bukan satu-satunya jenis plastik yang tahan korosi, tetapi bahan ini terhitung memiliki keunggulan dibanding dengan produk yang sejenis. Plastik HDPE ini mampu untuk menahan efek cuaca seperti hujan atau kelembapan.

Plastik jenis ini juga memiliki ketahanan terhadap pengaruh mineral dan bahan kimia seperti asam, basa, deterjen, dan sebagainya. Kepadatan di dalam material HDPE membuat cairan tidak mudah meresap.


Kehadiran lumut, jamur, serta proses pembusukan jadi kekhawatiran bagi berbagai produk plastik yang sering lembap. Namun, tak perlu khawatir karena HDPE ini memiliki daya tahan yang luar biasa terhadap efek dan organisme tersebut. 

4. Mudah Didaur Ulang

Meski memiliki daya tahan yang luar biasa, plastik HDPE ini tetap mudah didaur ulang loh Eigerian. Hampir semua pusat daur ulang di dunia menerima HDPE untuk diproses. 

Produk plastik ini harus melalui proses penyeleksian, pembersihan, homogenisasi, penghancuran, dan pelelehan.

Setelah plastik ini meleleh, kemudian akan dibentuk menjadi serpihan yang bisa digunakan kembali dalam proses manufaktur.

Baca Juga: Sudah Tahu? Ini 7 Simbol Jenis-Jenis Plastik Beserta Contoh dan Penggolongannya

Jenis-jenis Plastik HDPE

Terdapat berbagai jenis plastik HDPE yang biasa digunakan di kehidupan sehari-hari, yakni:

  1. Kantong HDPE Anti Panas (HP ATP), plastik ini umumnya digunakan untuk kantong kemasan cairan panas, makanan dan minuman yang panas. 
  1. Kantong HDPE (HD), biasanya digunakan untuk kantong berbagai jenis belanjaan sehari-hari.
  1. Kantong HDPE Roll (HD Roll), umumnya digunakan sebagai kantong untuk membawa sayur, buah-buahan, dan bisa juga digunakan sebagai pembungkus kertas dan dokumen lainnya.
  1. HDPE Alas (HD Sheet), biasanya digunakan sebagai alas atau pelapis dari wadah makanan yang hangat atau sebagai pembungkus makanan dan barang lainnya. 

Meski plastik ini populer dengan kehidupan sehari-hari, disarankan untuk menggunakannya hanya sekali saja, dikarenakan pelepasan senyawa antimoni trioksida yang terus meningkat seiring waktu. 

Senyawa tersebut bisa mengakibatkan iritasi pada kulit, menimbulkan gangguan pernapasan, gangguan siklus menstruasi, hingga menyebabkan keguguran. 

Cara Daur Ulang Sampah Plastik

Seiring bertambahnya penggunaan plastik, sampah plastik di sekitar kita pun ikut meningkat. Hal tersebut tentu memiliki dampak yang tidak baik karena bisa mencemari lingkungan.

Untuk mengurangi dampak tersebut selain dengan cara pengurangan penggunaan plastik (reduce), dan menggunakan kembali plastik yang layak pakai (reuse), penting juga untuk mengetahui cara mendaur ulang sampah plastik (recycle). 

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mendaur ulang plastik HDPE. Pertama, yaitu dengan cara memisahkannya dengan sampah yang lain. Pastikan plastik HDPE terpisah dari sampah-sampah lainnya seperti kertas, logam, dan sampah lainnya. 

Selanjutnya, pastikan bahwa plastik HDPE telah dibersihkan dari sisa-sisa produk yang ada di dalamnya karena dapat mengganggu proses daur ulang. Setelah itu kamu bisa bawa sampah plastik HDPE ke tempat daur ulang terdekat untuk diproses. 

Nah, dengan mengetahui cara mendaur ulang plastik HDPE, Eigerian bisa mengurangi dampak negatif yang disebabkan sampah plastik. Dengan itu kita bisa menjaga lingkungan tetap bersih dan sehat. 

Belanja EIGER dengan Plastik Bisa!

Bagi Eigerian yang belum tahu, saat ini EIGER sudah menghadirkan mesin pengumpul plastik yang tersedia di berbagai gerai EIGER. 

EIGER melakukan kerjasama dengan Plasticpay yakni gerakan sosial sampah plastik berbasis platform digital dengan menghadirkan Reverse Vending Machine

Mesin pengumpul plastik ini dapat Eigerian manfaatkan untuk mengurangi sampah plastik yang nantinya dapat ditukarkan menjadi poin Eiger Adventure Club. Poin tersebut bisa kamu tukarkan menjadi voucher belanja berbagai produk yang ada di EIGER.

Bagi Eigerian yang sedang mencari peralatan atau aksesoris berbahan jenis plastik yang aman seperti tempat minum dan barang lainnya, kamu bisa lihat koleksi menarik dan berbelanja melalui situs belanja resmi EIGER Adventure.

Dengan berbelanja di situs belanja resmi EIGER, nikmati kesempatan mendapatkan promo menarik seperti gratis ongkir, cashback, voucher dan penawaran lainnya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru