HomeTips & TrickMountaineeringPorter adalah Partner Para Pendaki

Porter adalah Partner Para Pendaki

Keberadaan porter dalam dunia pendakian sudah dikenal sejak lama, baik di Indonesia maupun di luar negri. Tidak sedikit ekspedisi pendakian gunung berhasil berkat jasa para porter. Bahkan pada beberapa gunung yang medannya terhitung berat, porter adalah seorang yang tugas nya akan banyak menolong Eigerian sekalian, terlebih jika kamu merupakan pendaki pemula.

Tapi apa itu porter dan mengapa mereka banyak dijumpai di pusat-pusat pendakian gunung? Well yang pasti porter yang kita bicarakan sekarang ini bukan yang berada di stasiun kereta api ya. Memang sebutannya serupa, namun memiliki perbedaan peran secara praktis.

Porter adalah Partner Pendaki

Apa Itu Porter?

porter adalah
Sumber : freepik.com

Porter dalam dunia pendakian gunung merupakan seorang yang menawarkan jasanya untuk memandu jalannya pendakian, membantu proses pendakian, hingga membawakan barang-barang pendaki saat melakukan pendakian. 

Porter juga merupakan pilihan tepat jika kamu ingin melakukan pendakian solo, untuk menemani dan mengantisipasi kejadian tak diinginkan. Jadi secara praktis, porter merupakan seorang yang akan banyak membantu dengan jasa yang ditawarkannya dalam pendakian gunung.

Porter ini biasanya merupakan warga sekitar gunung yang telah mengenal kawasan tersebut sejak lama, sehingga memiliki pemahaman tinggi atas medan yang akan dilalui. Tentu, mereka ditunjang oleh kemampuan fisik yang sangat baik, agar dapat membantu pendakian hingga berhasil sampai ke puncak dan kembali dengan selamat.

Keuntungan Menggunakan Jasa Porter

porter adalah
Sumber : Eiger Adventure

Karena menawarkan jasa pada kamu yang ingin mendaki gunung, tentu saja banyak keuntungan yang bisa didapatkan dengan menggunakan jasa porter ini. Beberapa di antaranya:

Jalur yang Aman

Penguasaan porter untuk jalur dan medan yang akan dilalui dalam pendakian sudah mereka pahami. Pada dasarnya porter merupakan warga asli kawasan tersebut, maka porter biasanya mengetahui berbagai alternatif dan kondisi jalur yang akan ditempuh. 

Mulai dari yang aman dan cukup nyaman untuk dilalui, hingga jalur yang lebih menantang, semua bisa kamu sampaikan pada porter yang kamu ajak mendaki.

Selalu pastikan porter tersebut benar-benar memahami jalur ya. Pertanyaan-pertanyaan singkat untuk ‘pengenalan’ bisa jadi sangat berguna. Jangan lupa, tanyakan juga berapa biaya yang harus dikeluarkan agar semua pihak bisa merasa nyaman ketika mendaki.

Mendaki dengan Nyaman

Selain dapat membantu pada jalur yang kamu inginkan, porter juga dapat membuat perjalanan pendakian lebih nyaman. Lewat jasa yang ditawarkan Kamu bisa memberikan perlengkapan dan barang-barang untuk dibawakan oleh porter, pendakian akan terasa lebih ringan. 

Selain mengenal kawasan dengan sangat baik, biasanya kekuatan fisik porter sudah teruji oleh pengalaman.

Meski bisa membantu dalam membawakan perlengkapan, tetap perlakukan porter dengan baik seperti teman ya. Sebagai sesama manusia dan pendaki, sudah menjadi etika untuk saling menghargai ketika berada di gunung.

Porter adalah Solusi Rekan Perjalanan yang Seru

Ada kalanya, Eigerian ingin coba merasakan ‘sensasi’ perjalanan solo dari rumah. Keberadaan porter, membuatmu dapat melakukannya, dengan tetap aman. Porter adalah rekan perjalanan yang seru, dengan segudang pengalaman dan pengetahuannya, kamu dapat belajar banyak hal. Namun demikian, tetap ingat untuk selalu menjaga diri dan utamakan keselamatan di atas apapun dalam kegiatan pendakian, terutama untuk jenis pendakian solo seperti ini.

Pemasukan Tambahan

Jasa porter sangat berguna bagi pendaki yang ingin naik gunung dengan sensasi berbeda atau ekspedisi. Memang, banyak orang mengatakan bahwa pendakian harus dilakukan dengan mandiri demi mendapatkan pengalaman terbaik ketika mencapai puncak. Namun tak ada salahnya menggunakan jasa porter karena ia dapat membantu pendakianmu, sekaligus memperbesar kemungkinan keberhasilan mencapai puncak.

Di samping itu, menggunakan jasa porter juga bisa sangat membantu mereka dalam memperoleh penghasilan tambahan.  Biasanya porter adalah warga sekitar yang memiliki pekerjaan sebagai petani atau bekerja di bidang tersebut, dan mencari pendapatan tambahan dengan menawarkan jasanya. Singkat kata, penggunaan jasa porter adalah simbiosis mutualisme antara pendaki dan warga sekitar.

Sekali lagi yang penting diingat adalah penting untuk menyepakati semua hal antara kamu dan porter sebelum mulai melakukan pendakian. Agar kamu dan porter bisa mendaki dengan hati dan perasaan yang lebih nyaman tanpa beresiko terjadi kesalahpahaman dalam perjalanan.

Keberadaan porter adalah salah satu penunjang yang bisa membantumu dalam pendakian. Tentu ada biaya yang harus dibayarkan. Namun selama semua pihak mencapai kata sepakat, dan telah dinyatakan secara terbuka, rasanya tak akan ada masalah. Selain itu untuk mendapatkan pengalaman terbaik dalam pendakian, sangat direkomendasikan menggunakan peralatan dan perlengkapan terbaik. Eiger Adventure, dalam hal ini, akan jadi partner terbaik dalam melakukan pendakian. Peralatan dan perlengkapan berstandar tinggi bisa selalu menjadi andalan, sehingga pendakian berjalan lancar. Segera kunjungi laman produk yang kami miliki, dan dapatkan perlengkapan terbaikmu sekarang juga!

Newsletter

Mau jadi yang pertama tau update tentang Eiger Adventure? Yuk, sign up ke newsletter kami!

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments