HomeTips & TrickLifestylePower Nap, Tidur Siang Singkat Banyak Manfaat!

Power Nap, Tidur Siang Singkat Banyak Manfaat!

Berkegiatan sepanjang hari terkadang membuatmu lelah dan semakin lama jadi kurang fokus. Apapun kegiatanmu, baik bekerja, berkendara, atau belajar, istirahat itu penting loh untuk memulihkan kembali energi yang telah habis terpakai. Bagi kamu yang tidak punya banyak waktu istirahat, power nap bisa jadi solusinya!

Jadi Sebenarnya, Apa Itu Power Nap?

Istilah power nap sendiri digunakan untuk merujuk kegiatan tidur sejenak di siang hari di sela-sela aktivitas yang sedang dilakukan. Berdurasi dari 15-20 menit tidur siang ini berikan banyak manfaat yang mungkin belum kamu sadari sebelumnya. 

Tahukah kamu perusahaan-perusahaan besar seperti Google, Nike sampai NASA menjadikan kebiasaan power nap sebagai culture atau budaya perusahaan. Bahkan di Jepang ada istilah sendiri loh untuk yaitu Inemuri. 

Apa Manfaat Power Nap?

Ada banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan dari rutin melakukan kegiatan ini. Berikut ini secara singkat manfaatnya:

  1. Meningkatkan kemampuan pemecahan masalah yang kreatif dan logis
  2. Meningkatkan kapasitas untuk belajar
  3. Meningkatkan kapasitas kemampuan untuk mengingat informasi
  4. Menjaga stamina sepanjang hari
  5. Mengurangi stress dan menjaga suasana hati
  6. Mengurangi kemungkinan terkena penyakit jantung
  7. Mengurangi risiko membuat kesalahan dalam pekerjaan

Perbedaannnya dan Tidur Siang Biasa Apa?

Biasanya, tidur siang berjam-jam dan bangun pada sore hari. Nah, kalau melakukan power nap, Eigerian hanya butuh tidur selama 20 sampai 30 menit saja, nih.Proses power nap biasanya hanya masuk pada dua tahap pertama dalam tidur. Hal ini tentu berbeda dengan tidur malam atau tidur nyenyak yang biasa teman-teman lakukan. Namun efeknya yang luar biasa. 

Bagaimana Cara Melakukannya?

Istirahat memang penting, tapi jangan sampai mengganggu jam kerja atau belajarmu ya Eigerian. Yuk simak tips berikut ini agar power nap semakin nyaman dan manfaat bisa kamu dapatkan. 

  • Temukan tempat yang tepat untuk tidur.  Agar power nap lebih efektif, kamu perlu menemukan tempat yang sepi agar tidak terganggu oleh orang lain. 
  • Pilihlah ruangan yang gelap. Ruangan gelap akan mempermudah kamu untuk terlelap lebih cepat. 
  • Jangan lupa ubah mode gawai jadi senyap agar tidak ada distraksi lain ketika kamu mencoba tidur.
  • Pasang juga alarm agar kamu tidak tidur melebihi waktu yang sudah ditentukan. Durasi tidur cukup 20-30 menit saja. Atau selain itu, kamu juga bisa meminta tolong kepada rekan kerjamu untuk membangunkanmu nanti.
  • Tenangkan tubuh dan pikiran. Buatlah dirimu senyaman mungkin dan cobalah untuk tidur. 

Perlu di ingat ya Eigerian, power nap digunakan untuk meningkatkan produktivitas bagi pekerjaan, bukan alasan bagi kamu untuk menunda pekerjaan. Cobalah power nap dan rasakan manfaatnya sendiri. 

Baca Juga: 7 Cara Cepat Tidur yang Bisa Kamu Coba

Selain Power Nap, Jangan Lupa Untuk Olahraga Teratur!

Untuk meningkatkan produktivitas, kamu juga perlu berolahraga teratur loh Eigerian. Olahraga teratur punya banyak manfaat, selain untuk meningkatkan kesehatan tubuh, olahraga juga terbukti bisa meningkatkan produktivitas loh.

Yuk lebih aktif berolahraga, dapatkan produk-produk penunjang olahraga mu hanya di EIGER Adventure. Outfit olahraga, sepatu sampai berbagai perlengkapan lainya bisa kamu dapatkan disini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments