HomeNews & InfoEIGER FriendsProfil Wilda Baco: Ikon Panjat Tebing Wanita Indonesia yang Kini Aktif Melatih...

Profil Wilda Baco: Ikon Panjat Tebing Wanita Indonesia yang Kini Aktif Melatih Pemanjat Muda

Siapa yang tak mengenal wanita tangguh berparas cantik ini? Hampir semua orang di dunia panjat tebing mengenalnya. Wilda Baco Achmad, atlet panjat tebing yang telah memberikan kontribusi luar biasa bagi Indonesia dan telah menjadi inspirasi bagi banyak orang. Yuk, simak profil lengkap Wilda Baco lewat artikel berikut ini. 

Mulai Berkarier Sejak Umur 12 Tahun

Wanita kelahiran 23 Juli 1985 ini telah menggeluti olahraga panjat tebing sejak tahun 1997. Ia memulai perjalanannya di dunia panjat tebing berkat dorongan dari kakaknya, Hj Anni Sari sejak umur 12 tahun. Sebuah perjalanan yang dimulai dengan penuh tantangan dan akhirnya membuahkan prestasi yang gemilang.

Sejak kecil, sang kakak memperkenalkan olahraga ini kepadanya, meskipun sering kali Wilda kecil merasa terpaksa dan bahkan pernah bersembunyi untuk menghindari latihan. Namun, berkat kegigihan kakaknya, Wilda semakin “jatuh hati” dengan olahraga ekstrem ini.

Pencapaian Gemilang

Berbagai kejuaraan telah diikuti oleh Wilda, dan berbagai prestasi berhasil diraihnya. Salah satu pencapaian yang paling membanggakan adalah ketika ia berhasil merebut medali emas di ajang Sea Games 2011. 

Wanita yang telah berkarier hampir 20 tahun di dunia panjat tebing ini mengakui bahwa dukungan dari orang tua, adik, dan terutama kakaknya, sangatlah besar. Meskipun panjat tebing sering kali dianggap sebagai olahraga yang identik dengan laki-laki dan penuh tantangan, hal ini tidak membuat nyalinya ciut. Sebaliknya, ia terus berprestasi dan menunjukkan bahwa wanita juga bisa unggul di bidang ini.

Tantangan Terbesar

Tantangan terbesar hadir ketika PON (Pekan Olahraga Nasional) 2012, para atlet dibebankan target untuk mengantongi medali emas. Namun, sayangnya sudah 7 hari berlalu, target belum juga terpenuhi. Ketika itu, wanita kelahiran Makassar ini menjadi harapan terakhir satu-satunya untuk meraih emas. 

Saat itu ia berada di urutan pemanjat terakhir. Khawatir, gugup, dan gelisah, semuanya campur aduk dirasakan Wilda dibelakang wall. Ia hanya bisa berdoa untuk diberi kelancaran agar apa yang bisa diharapkan teman-teman tim dapat terwujud. 

Akhirnya, waktu memanjat pun tiba, Wilda mengerahkan segala kemampuanya. Beberapa detik berharga itu pun selesai. Segala usaha dan latihan tidak sia-sia, Wilda berhasil mencapai poin tertinggi dari semua finalis itu. 

Dukungan dan Motivasi

Dukungan dari keluarga, terutama dari kakaknya, telah menjadi fondasi yang kuat bagi Wilda. Orang tua juga memberikan dukungan penuh, memungkinkan ia  untuk fokus dan berkembang dalam olahraga yang ia cintai. Motivasi terbesar Wilda adalah keinginannya untuk terus berprestasi dan membawa nama Indonesia di kancah internasional. Ia percaya bahwa dengan kerja keras dan ketekunan segala tantangan dapat diatasi.

Wilda Baco Sekarang

Walaupun telah memutuskan untuk “gantung sepatu” dari dunia kompetisi, Wilda Baco tetap menunjukkan kecintaannya pada olahraga panjat tebing dengan menjadi seorang instruktur yang aktif. Sebagai seorang atlet yang telah mengukir banyak prestasi, Wilda kini fokus membagikan pengetahuannya dan menginspirasi generasi muda untuk mengikuti jejaknya.

Meski tidak lagi berkompetisi, semangat juang Wilda Baco tetap berkobar. Ia memiliki harapan besar untuk melihat panjat tebing Indonesia terus maju dan berprestasi di kancah internasional. Melalui peran barunya sebagai instruktur dan mentor, wanita berusia 39 tahun ini ingin memastikan bahwa ilmunya tidak hanya berhenti pada dirinya, tetapi juga diteruskan kepada generasi berikutnya.

Pesan untuk Generasi Muda

Wilda Baco memiliki harapan besar untuk generasi muda penerusnya. Ia berpesan agar mereka terus berlatih dan tidak pernah pantang menyerah demi kemajuan panjat tebing Indonesia. Wilda berharap dapat melihat lebih banyak atlet wanita yang berprestasi di masa depan, menginspirasi, dan memotivasi generasi muda untuk mengejar impian mereka.

Panjat Tebing dan Wanita

Sebagai seorang wanita yang sukses di bidang yang sering kali dianggap maskulin, Wilda memiliki pandangan yang kuat tentang peran wanita dalam olahraga panjat tebing. Menurutnya, tidak ada perbedaan mendasar antara pria dan wanita dalam hal kemampuan dan potensi. Ia berharap agar semakin banyak wanita yang terjun ke dunia panjat tebing dan membuktikan bahwa mereka juga bisa berprestasi.

Menurut Wilda, tidak ada perbedaan signifikan dalam berlatih panjat tebing untuk pria dan wanita. Porsi latihan pun, sama dengan atlet pria yang membedakan hanya pencapaiannya karena bagaimana pun tenaga wanita dan pria berbeda. 

Bagi para atlet panjat tebing wanita, Wilda juga berpesan untuk menggunakan pakaian yang nyaman. Dalam beberapa kondisi mengharuskan para atlet untuk bergerak dengan bebas. 

Masa Depan Panjat Tebing Indonesia

Wilda Baco melihat masa depan yang cerah untuk panjat tebing di Indonesia. Dengan semakin banyaknya fasilitas dan dukungan dari berbagai pihak, ia yakin bahwa olahraga ini akan terus berkembang. Wilda berharap dapat berperan dalam memajukan panjat tebing di Indonesia, baik sebagai atlet maupun sebagai mentor bagi generasi muda.

Wilda Baco adalah contoh nyata dari bagaimana dedikasi, ketekunan, dan dukungan keluarga dapat membawa seseorang meraih kesuksesan. Dengan prestasi yang telah diraihnya, ia tidak hanya mengharumkan nama Indonesia, tetapi juga menginspirasi banyak orang, terutama wanita, untuk berani mengejar impian mereka. Semoga perjalanan dan pencapaian Wilda Baco terus menjadi inspirasi bagi generasi muda dan memajukan olahraga panjat tebing di Indonesia.

Baca Juga: EISCC: Kompetisi Panjat Tebing Tahunan EIGER Lahirkan Atlet Berprestasi

Tertarik Olahraga Sport Climbing? Yuk Ikutan Kompetisi Ini!

KOMPETISI PANJAT TEBING EIGER INDEPENDENCE SPORT CLIMBING COMPETITION 2024

Buat kamu yang tertarik dengan panjat tebing yuk ikutan EISCC. EISCC (EIGER Independence Sport Climbing Competition) adalah kejuaraan panjat tebing nasional yang diselenggarakan setiap tahun oleh EIGER. Event ini bertepatan dengan Hari Kemerdekaan Indonesia. Kompetisi ini merupakan ajang untuk mengadu bakat dan kemampuan dalam mengatur kekuatan dan strategi. 

Kejuaraan bergengsi ini memperebutkan total hadiah sebesar 320 juta rupiah dengan kategori yang diperlombakan yaitu Lead & Speed world record putra-putri.

Ayo daftar sekarang juga melalui link di sini ini!

Panjat Tebing pakai EIGER!

Nah, itulah profil Wilda Baco. Tertarik dengan panjat tebing? Ayo lengkapi kebutuhan peralatan dan perlengkapan memanjat, kamu bisa berbelanja produk EIGER di website www.eigeradventure.com atau EIGER Adventure Store terdekat di kotamu! Nikmati gratis ongkir untuk pembelanjaan produk original dari EIGER secara online khusus di website!

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru