HomeTips & TrickLifestyle7 Kebiasaan yang Menjadi Rahasia Umur Panjang

7 Kebiasaan yang Menjadi Rahasia Umur Panjang

Memiliki pola hidup sehat menjadi dambaan banyak orang. Tak hanya dapat meningkatkan produktivitas, pola hidup seperti ini juga menjadi rahasia umur panjang. Tentu saja, hal tersebut juga wajib didukung dengan pikiran yang sehat pula, sehingga efeknya bisa benar-benar baik untuk kesehatan fisik dan mental.

Dalam artikel singkat ini kamu akan mendapatkan sederet daftar kebiasaan yang bisa membantu kamu memiliki umur panjang. Well secara garis besar, kebiasaan-kebiasaan ini berkaitan dengan kesehatan fisik dan mental, jadi rasanya tak akan terlalu sulit untuk dipahami dan dipraktekkan.

Berikut daftar lengkapnya.

Rahasia Umur Panjang

1. Cukup Istirahat

Sumber : freepik.com (gambar hanya ilustrasi)

Hal pertama dan utama yang menjadi rahasia umur panjang adalah memiliki cukup waktu istirahat. Idealnya untuk orang dewasa, waktu tidur setiap hari yang dibutuhkan untuk tubuh adalah 7 sampai 8 jam. Kamu bisa menanyakan hal ini pada dokter kepercayaan atau tenaga medis yang memahami hal tersebut.

Meski menjadi pengetahuan umum, tak sedikit orang yang masih mengacuhkan hal ini dan memiliki jam tidur sangat kacau. Meski terasa tidak berdampak pada tubuh di jangka pendek, namun resiko jangka panjangnya sangat serius. Jadi pastikan setiap hari kamu mendapat waktu istirahat yang cukup ya!

2. Olahraga Permainan

Secara umum olahraga akan jadi rahasia umur panjang selanjutnya. Olahraga rutin membuat fungsi setiap bagian tubuh optimal, sehingga bisa tetap bekerja dengan baik untuk usia yang panjang.

Lalu mengapa olahraga permainan yang disarankan?

Sebab dengan melakukan olahraga permainan, kamu bisa mendapatkan banyak manfaat sekaligus. Jelas yang pertama adalah gerakan fisik yang intens dan bisa memicu produksi keringat. Kedua, kamu bisa mendapatkan penyegaran mental dengan interaksi yang terjadi saat bermain. Kombinasi keduanya bisa memberikan efek yang sangat baik pada tubuh kamu ketika dilakukan secara rutin.

3. Memiliki Pola Makan yang Sehat

Sumber : freepik.com (gambar hanya ilustrasi)

Asupan nutrisi harian menjadi poin penting selanjutnya dalam rangka mendapatkan usia yang panjang. Tubuh, setiap harinya, memerlukan asupan nutrisi yang cukup untuk dapat bekerja dengan baik. Selain itu, nutrisi ini bisa membantu tubuh melakukan regenerasi sel yang rusak, sehingga tetap terjaga pada kondisi prima.

Pola makan yang sehat termasuk sayuran, buah, daging, sumber karbohidrat yang sehat, kebutuhan nutrisi dan vitamin, serta mengurangi konsumsi makanan cepat saji dan minuman dengan pemanis buatan. Terdengar sangat sederhana, tapi menyusun pola makan yang sehat juga memiliki tantangan tersendiri.

Untuk mendapatkan menu diet yang tepat, kamu bisa berkonsultasi dengan ahli gizi atau tenaga kesehatan yang ahli di bidang ini.

4. Berkegiatan di Alam

Mungkin kamu yang sudah lama menekuni kegiatan luar ruang paham benar manfaat dari kegiatan seperti ini untuk kesehatan fisik dan pikiran. Aktivitas luar ruang yang secara langsung bersentuhan dengan alam bisa memberikan efek baik ini, terlebih ketika dilakukan secara rutin.

Mulai dari mendaki gunung, melakukan trekking, kemudian mencoba arum jeram, panjat tebing, berkemah, dan berbagai kegiatan lain. Kegiatan bersentuhan dengan alam dapat memberikan efek positif, karena tubuh bisa menyerap udara segar dan mendapatkan energi positif dari alam secara langsung.

Tentu saja dalam melakukan pendakian, kamu wajib menggunakan peralatan pendakian terbaik yang disediakan oleh Eiger Adventure.

5. Kurangi Stres, Perbanyak Tertawa, Rahasia Umur Panjang Paling Jitu

Sumber : freepik.com (gambar hanya ilustrasi)

Poin kelima adalah menjaga tingkat stres dan memperbanyak tertawa dan tersenyum. Stres, pada derajat tertentu, diperlukan agar kamu bisa berkonsentrasi dalam mengerjakan suatu hal. Namun hal ini wajib dijaga pada standar yang ideal, sehingga tidak mengganggu fungsi tubuh atau membebani pikiran.

Di waktu yang sama, sangat direkomendasikan untuk memperbanyak tertawa dan tersenyum. Berkegiatan bersama orang terkasih, menghabiskan quality time dengan maksimal, menikmati setiap momen yang dijalani, dan melakukan kegiatan yang menyenangkan.

Produksi hormon endorfin dapat melancarkan aliran darah, sehingga baik untuk kesehatan jantung jangka panjang.

6. Hindari Alkohol dan Rokok

Tidak dapat dipungkiri memang beban hidup yang kamu tanggung terasa cukup berat. Namun demikian, sangat direkomendasikan untuk tidak mengkonsumsi alkohol atau rokok, karena hal ini justru dapat memperburuk kondisi kesehatan jangka panjang.

Cukup banyak orang yang membutuhkan stress release, dan kedua hal dalam poin ini jangan sampai kamu masukkan ke dalam daftar yang kamu miliki. Keluarlah berolahraga, datangi gym, lakukan kegiatan luar ruang, meditasi, atau pergi berlibur, semua bisa jadi pilihan yang lebih menarik dan jauh lebih sehat.

7. Latih Kemampuan Otak secara Rutin

Sumber : freepik.com (gambar hanya ilustrasi)

Tidak hanya fokus pada kesehatan fisik dan mental saja, namun kamu juga wajib terus melatih kemampuan dan fungsi otak. Selain memberikan nutrisi pada organ penting ini, latihan rutin untuk terus mengasah kemampuannya diperlukan agar otak terhindar dari resiko penyakit serius.

Kamu bisa melatih otak dengan cara sederhana, seperti bermain game, mengisi teka-teki silang, bermain puzzle, bermain permainan seperti sudoku, atau melakukan senam otak. Opsi-opsi ini bisa kamu pilih dan lakukan, sesuai dengan apa yang kamu rasa membuat kamu bahagia.

Baca Juga : Mengenal Konsep Mindfulness Di Era Kekinian

Mengetahui rahasia umur panjang di atas semoga bisa jadi pegangan dan acuan agar kamu bisa mendapatkan hidup yang lebih berkualitas. Tentu saja, untuk partner aktivitas di luar ruang, kamu bisa mempercayakannya pada Eiger Adventure Official. Semua perlengkapan petualangan bisa kamu dapatkan dengan harga yang terjangkau, namun dengan kualitas yang paten. Semoga artikel ini bermanfaat, dan mari terapkan pola hidup sehat mulai saat inI!

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru