HomeTips & TrickLifestyleRekomendasi Gunung di Indonesia yang Cocok untuk Pendaki Pemula

Rekomendasi Gunung di Indonesia yang Cocok untuk Pendaki Pemula

Salah satu cara terbaik untuk menikmati keindahan alam gunung di Indonesia adalah dengan mendaki. Bahkan, Indonesia menjadi salah satu negara tujuan pendakian yang populer, lho. Kalau kamu adalah seorang pendaki pemula yang ingin menikmati keindahan gunung-gunung di Indonesia, sebaiknya ketahui dengan seksama dulu teknis pendakian dan lakukan persiapan fisik. Tidak hanya itu saja, kamu juga disarankan untuk memilih gunung yang tepat bagi pendaki pemula.

Gunung di Indonesia

Daftar Gunung untuk Pendaki Pemula

gunung di indonesia

Berikut ini ada beberapa rekomendasi gunung di Indonesia yang cocok untuk pendaki pemula. Simak baik-baik!

1. Gunung Prau

Gunung Prau yang terletak di Dieng, Jawa Timur, menjadi pilihan favorit para pendaki pemula semenjak lama. Berada di ketinggian 2.565 mdpl, gunung ini punya puncak terluas di Indonesia yang bisa dijadikan sebagai tempat berkemah sembari menanti matahari terbit. Kamu bisa menempuh waktu sekitar 3 jam untuk mencapai puncak Gunung Prau ini. Untuk rute pendakian, bisa dimulai dari pos pendakian Desa Patak Banteng, Dieng.

2. Gunung Papandayan

Terletak di kawasan Garut, Jawa Barat, Gunung Papandayan ini juga menjadi salah satu gunung favorit bagi pendaki pemula. Gunung ini sangat cocok bagi pendaki pemula karena medan pendakiannya yang landai dan telah dilengkapi dengan fasilitas umum seperti toilet, hingga warung makan. Gunung ini juga terbilang mudah dicapai, karena akses angkutan umum menuju ke sini sangat banyak dan mudah ditemukan. Kamu bisa menempuh sekitar 4 sampai 5 jam untuk melakukan pendakian di gunung ini. Mendaki gunung ini, kamu pun akan menjumpai padang Edelweis yang luas di Tegal Alun. Selain itu, kamu juga bisa bersantai di kawasan Hutan Mati.

4. Gunung Pulosari

Sebenarnya, tidak perlu mendaki terlalu tinggi untuk menikmati pemandangan alam yang indah. Pasalnya, kamu bisa pergi ke Gunung Pulosari dengan ketinggian 1.346 mdpl yang ada di daerah Pandeglang, Banten. Gunung ini punya jalur pendakian yang relatif pendek, sehingga sangat cocok untuk kamu yang baru ingin mencoba pengalaman mendaki gunung. Kamu hanya memerlukan waktu kurang lebih 1,5 jam untuk mencapai puncak gunung. Meskipun tidak terlalu tinggi dan memiliki jalur pendakian yang singkat, namun kamu harus tetap berhati-hati karena medan Gunung Pulosari dikenal cukup terjal.

5. Gunung Batur

Berlokasi di daerah Kintamani, Pulau Bali, Gunung Batur juga cocok dijadikan sebagai pilihan bagi para pendaki pemula yang ingin berlibur. Dibandingkan dengan Gunung Agung, gunung di Indonesia yang satu ini tergolong lebih mudah didaki dengan waktu tempuh pendakian menuju ke puncaknya hanya memakan sekitar 2 hingga 3 jam. Begitu sampai di puncak, kamu akan langsung disuguhi pemandangan danau Kintamani yang indah. Waktu terbaik untuk mendaki gunung bagi pendaki pemula ini adalah ketika subuh. Karena kamu akan melihat pemandangan indah ketika matahari terbit di puncak gunung. Bagi kamu yang ingin mendaki gunung ini, kamu bisa mencari paket tour pendakian reguler dengan pemandu yang bisa menemanimu mendaki. 

6. Gunung Ijen

Gunun Ijen sangat terkenal karena fenomena api biru dan kawah belerangnya yang memukau. Gunung yang cocok untuk pendaki pemula ini terletak di Kabupaten Banyuwangi dengan ketinggian 2.443 mdpl. Hanya memerlukan waktu sekitar 2,5-3 jam, kamu akan sampai ke puncaknya dari pos pendakian Paltuding. Meskipun tidak terlalu tinggi dan medan pendakian gunung ini sempurna bagi para pendaki pemula, kamu harus tetap berhati-hati. Pasalnya, Gunung Ijen memiliki alur pendakian berpasir dan lumayan curam di beberapa titiknya.

7. Gunung Andong

Berada di kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Gunung Andong juga menjadi salah satu gunung di Indonesia yang sangat cocok bagi para pendaki pemula. Tingginya yang hanya mencapai 1.726 mdpl, membuat para pendaki hanya membutuhkan waktu 2 hingga 3 jam untuk sampai ke puncak. Gunung Andong ini memiliki empat puncak, yaitu Puncak Makam, Puncak Jiwa, Puncak Alap-Alap, dan juga Puncak Andong yang merupakan puncak tertinggi.

Persiapan Sebelum Mendaki Gunung

gunung di indonesia

Setelah menentukan gunung di Indonesia mana yang akan kamu tuju untuk melakukan pendakian pertama kali, lakukan persiapan ini:

  • Bawa peralatan lengkap, seperti alat navigasi, makanan dan minuman, obat-obatan, senter, pisau multifungsi, dan lainnya. 
  • Siapkan pakaian yang tepat. Beberapa hal yang harus dikenakan adalah sepatu atau boots, jaket tahan air, kaos kaki, celana panjang tahan air, topi, dan kacamata. 
  • Pahami cara mendaki yang benar. Pendaki pemula perlu tahu cara aman mendaki, dengan mengingat beberapa hal seperti riset rute secara pasti dan detail, lihat akses air dan makanan, sesuaikan pakaian dengan cuaca, membawa telepon genggam, dan perhatikan prakiraan cuaca setempat.  Selain itu, lakukan pendakian dengan kecepatan konsisten. 

Selain beberapa tips di atas, para pendaki pemula juga perlu ingat pesan yang sudah menjadi hukum tidak tertulis bagi pendaki gunung, yaitu:

  1. Jangan ambil apapun kecuali gambar
  2. Jangan meninggalkan apapun kecuali jejak
  3. Dan jangan bunuh apapun kecuali waktu. 

Menikmati alam lewat mendaki gunung di Indonesia adalah hak tiap orang. Namun seiring dengan itu, ada kewajiban untuk menghormati alam yang wajib dipenuhi. 

Wujudkan Impianmu Mendaki Gunung di Indonesia! 

Jangan melakukan pendakian kalau perlengkapan dan peralatan mountaineering-mu belum lengkap. Buatlah daftar barang apa saja yang wajib disiapkan sebelum naik gunung. Dengan begitu, kamu akan meminimalisir barang yang terlewat. Cek rekomendasi peralatan mountaineering terbaik di Eiger Adventure. Kualitasnya tidak perlu diragukan lagi! 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru