HomeTips & TrickMountaineering9 Rekomendasi Jaket Waterproof Terbaik dari Eiger untuk Aktivitas Pendakian

9 Rekomendasi Jaket Waterproof Terbaik dari Eiger untuk Aktivitas Pendakian

Jaket gunung menjadi salah satu barang yang paling penting dalam peralatan pendakian gunung. Sebab, jaket gunung akan melindungi tubuh kita dari hawa dingin dan angin yang berhembus di gunung. Jaket gunung hendaknya dipilih secara cermat dan tepat, supaya bisa kita gunakan dalam jangka waktu yang lama, serta kondisi yang sesuai dengan gaya pendakian kita. Kita mungkin terbiasa mendengar fitur waterproof dan windproof, namun ada juga yang disebut breathability yang disematkan dalam jaket gunung. Lantas, seperti apa rekomendasi jaket waterproof yang terbaik? 

Sebelum mengetahui rekomendasi jaket waterproof terbaik, sebaiknya kita mengetahui apa yang dimaksud fitur waterproof, windproof, atau breathability dulu.  Breathability merupakan kemampuan sebuah bahan untuk mampu mengalirkan udara panas akibat pernafasan tubuh yang keluar dari jaket. Sementara itu, waterproof berbanding lurus dengan windproof, di mana artinya adalah semakin tinggi kemampuan suatu bahan jaket dalam menahan air, maka semakin tinggi pula kemampuannya dalam menahan angin. Namun akan berbanding terbalik dengan kemampuannya dalam melepaskan udara panas akibat pernafasan tubuh yang terperangkap dalam jaket. Maka dari itu, perlu pertimbangan khusus dalam memilih jaket dengan kemampuan waterproof, windproof, dan breathability dengan cermat dan bijak.

Tips Memilih Jaket Gunung

rekomendasi jaket waterproof

Eigerian bisa mengikuti beberapa tips berikut ini untuk mendapatkan rekomendasi jaket gunung yang sesuai dengan keinginan, termasuk yang memiliki fitur waterproof

  • Pertama, pilihlah jaket dengan ukuran yang tidak terlalu pas ataupun tidak terlalu besar. Tapi, lebihkan sedikit dari badan kita. Selain untuk kenyamanan dalam bergerak, jaket dengan ukuran sedikit lebih besar dari ukuran badan kita bisa kita gunakan secara berlapis dengan jaket polar lainnya untuk menambah kesan agar lebih hangat jika memang dibutuhkan. Jaket yang memiliki ukuran terlalu pas dengan badan kita akan menimbulkan gerah. Hal ini dikarena sirkulasi udara di dalam jaket yang berukuran pas tidak bisa mengikuti hawa panas yang keluar dari tubuh kita.
  • Perlu diperhatikan bahwa jaket gunung ada yang menyematkan polar di bagian dalamnya, sehingga akan lebih hangat ketika dipakai. Namun akan terasa panas jika digunakan saat siang hari. Ada jaket gunung yang hanya menggunakan lapisan dalam berupa furing, di mana jaket seperti ini biasanya digunakan untuk mengurangi panas di dalam jaket, dengan bahan luarnya biasanya dibuat dari bahan polyester.
  • Saat ini, ada banyak jaket yang menggunakan teknologi seperti goretex, yaitu sebuah teknologi yang membuat lapisan jaket anti air dan kedap udara, namun tetap bisa mengalirkan udara panas di dalam jaket keluar.
  • Jaket dengan bahan polar bagian dalamnya sangat tidak direkomendasikan digunakan saat musim hujan. Sebab, ketika terkena air hujan, jaket jenis ini akan memakan waktu lama untuk kering. Biasanya para pendaki yang sudah cukup sering melakukan pendakian akan membawa dua jaket saat pendakian. Jaket yang satu berbahan polar dimasukan ke dalam tas carrier dan hanya dipakai saat akan tidur atau cuaca ekstrim. Jaket yang satunya lagi berbahan polyester untuk dipakai ketika berjalan, karena memang tidak membuat panas terperangkap di dalam jaket, namun tetap bisa melindungi kita dari hujan dan angin gunung.

Selain ukuran, model, dan bahan, perhatikan juga detail jaket, hingga warna jaket sebelum membelinya. 

Rekomendasi Jaket Waterproof Terbaik dari Eiger

Setelah mengetahui apa saja hal yang perlu diperhatikan sebelum naik gunung, kini saatnya mengintip rekomendasi jaket waterproof terbaik dari Eiger! 

1. EIGER ATHENA WTP JACKET

rekomendasi jaket waterproof

Athena merupakan jaket waterproof breathable yang terbuat dari bahan Eiger Shell polyester 2,5 layer, dan dirancang secara anatomis untuk wanita saat melakukan kegiatan luar ruangan seperti menjelajahi medan ekstrim dari hutan hujan atas dan puncak gunung. Athena ini merupakan jaket waterproof berkualitas yang memiliki rating 7.000mm untuk ketahanan terhadap air dan kemampuannya untuk mencegah hawa panas terjebak di dalam sebesar 5000g/sqm/24hr, sehingga mampu menjaga kita tetap kering dari hujan maupun keringat di saat yang bersamaan. Daya tahannya terhadap air diperkuat oleh seam-sealing (sejenis tape yang direkatkan di bagian jahitan baju untuk menahan air agar tidak masuk) di seluruh bagian dan resleting yang memiliki lapisan flap untuk mencegah air merembes masuk melalui lubang resleting. Kita bisa menggunakan jaket ini untuk kegiatan trekking dan summit attack di wilayah hutan hujan atas maupun di puncak gunung. 

Baca juga: Daftar Peralatan Camping: Kualitas adalah Kunci!

2. EIGER AQUAPURA WTP JACKET

rekomendasi jaket waterproof

Aquapura merupakan jaket waterproof breathable yang terbuat dari bahan Eiger shell polyester 3 layer. Jaket ini mungkin lebih tipis jika dibandingkan dengan jaket sejenis, namun mampu memberikan performa yang sama dengan jaket waterproof-breathable lainnya sehingga memberi kita keleluasan untuk bergerak. Aquapura memiliki rating tinggi untuk ketahanan terhadap air (10.000 mm) dan kemampuannya dalam mencegah hawa panas terjebak di dalam (15000g/sqm/24hr), sehingga mampu menjaga kita lebih kering dari hujan maupun keringat di saat yang bersamaan. Daya tahannya terhadap air juga diperkuat oleh seam-sealing.

3. EIGER GRAVITAS CONVERTIBLE JACKET

rekomendasi jaket waterproof

Kita bisa memakai Gravitas Convertible Jacket sebagai jaket atau bisa juga dipakai sebagai vest. Fitur fungsional pada jaket ini akan membuat kita bisa mengubah jaket ini menjadi vest. Atau sebaliknya, hanya dengan melepas pasang resleting pada bagian ujung atas lengan. Jaket yang ringan ini juga dapat diandalkan untuk menemani kita saat berkegiatan hiking maupun lari dalam berbagai kondisi cuaca. Tentu saja berkat adanya teknologi Tropic Repellent dan Tropic Windblock. Serta sistem ventilasi di bagian punggung. 

4. EIGER REVERSIBLE PARKA HOODY JACKET

rekomendasi jaket waterproof

Jaket berbahan polyester yang fungsional, jaket ini akan melindungi kita dari angin. Dan hujan dengan intensitas ringan saat menjelajah alam tropis dengan hiking maupun trekking. Reversible Parka Hoody juga dilengkapi dengan penutup kepala yang dapat disesuaikan sesuai kebutuhan. 

5. EIGER ATOMIUM 20 PARKA WINDPROOF JACKET

rekomendasi jaket waterproof

Atomium 20 Parka Windproof akan menjaga kita dari terpaan angin dan percikan air dengan teknologi Tropic Windblock dan Tropic Repellent. Saat temperatur naik dan cuaca menjadi panas, ventilasi di bagian punggungnya membuat kita tetap sejuk. Sekaligus juga mencegah kelembapan terjebak di dalam jaket. Dilengkapi dengan saku layar sentuh di bagian dalam membuat jaket ini juga mendukung penggunaan gadget. Fitur penutup kepala yang dapat dimasukkan memungkinkan kita untuk mengemasnya ke dalam kerah jaket saat tidak digunakan.

6. EIGER STRAIGHTLINE XT 2.0 WINDPROOF

rekomendasi jaket waterproof

Jaket ini dilengkapi dengan penutup kepala dengan adjuster ganda yang dapat melekat pas dengan kita saat hiking. Menariknya lagi, jaket ini juga dilengkapi dengan teknologi Tropic Repellent dan Tropic Windblock. Serta ventilasi resleting di bagian dada untuk memastikan kita tetap nyaman berkegiatan dalam berbagai cuaca.

7. EIGER KANAWA COMMUTE WINDPROOF JACKET

rekomendasi jaket waterproof

Jaket dengan penutup kepala ini dilengkapi teknologi Tropic Repellent dan Tropic Windblock. Sehingga bisa diandalkan untuk menemani kita berkegiatan di alam terbuka. Ventilasi pada bagian punggung membantu memastikan kita tetap merasa sejuk saat cuaca panas. Serta mengurangi kelembapan untuk menjaga kita tetap kering dan nyaman. Hadir dengan fitur penutup kepala yang dapat dikemas membuat jaket yang satu ini lebih praktis. Kita bisa memasukkan penutup kepala jaket ke dalam kerah yang dilengkapi resleting saat tidak digunakan.

Baca juga: Hiking Adalah Pendakian Singkat, Apa Bedanya dengan Trekking?

8. EIGER FEARLESS-XT JACKET

rekomendasi jaket waterproof

Jaket Fearless XT dilengkapi dengan teknologi Tropic Repellent dan Tropic Windblock, bahan fleece di bagian dalam untuk kehangatan ekstra, dan ventilasi resleting di bagian ketiak yang menjadikan jaket ini menjadi perlengkapan yang tepat untuk berpetualang sepanjang hari dalam berbagai cuaca.

9. EIGER EXPEDITOR X28 JACKET

rekomendasi jaket waterproof

Expeditor X28 merupakan salah satu dari rangkaian produk Ekspedisi 28 Gunung yang dirancang untuk kegiatan hiking dan trekking. Jaket ini akan menjaga kita dari paparan angin saat beraktivitas. Bagian luar jaket ini dibuat menggunakan bahan polyester dengan finishing water repellent untuk memberikan kita perlindungan sementara dari hujan ringan.

Itulah beberapa rekomendasi jaket waterproof terbaik yang bisa dijadikan pilihan. Rekomendasi jaket waterproof di atas bisa didapatkan dengan mudah di website Eiger Adventure Official.  Setelah menentukan jaket mana yang hendak dibeli, selanjutnya perlu diperhatikan bahwa masing-masing jaket gunung memiliki cara perawatan sendiri-sendiri. Namun akan memiliki kesamaan perawatannya secara garis besar. Jadi, pastikan Eigerian mengetahui cara mencuci dan merawat jaket gunung yang tepat, ya!

Newsletter

Mau jadi yang pertama tau update tentang Eiger Adventure? Yuk, sign up ke newsletter kami!

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments