HomeTips & TrickTraveling7 Tempat Wisata Lembang Ini Punya Pemandangan Alam yang Indah

7 Tempat Wisata Lembang Ini Punya Pemandangan Alam yang Indah

Lembang merupakan daerah pusat keramaian di Bandung Utara, yang juga menjadi pusat wisata. Memangnya, apa sih menariknya wisata Lembang? Banyak hal yang menjadi magnet wisatawan berkunjung ke Lembang. Mulai dari wisata alamnya, wisata kuliner, hingga sentra oleh-oleh. Banyak destinasi wisata khas dengan suasana unik Lembang, seperti Dusun Bambu, Floating Market, Maribaya Resort, Farm House, Kampung Gajah, dan masih banyak lagi.

Wisata alam di Lembang juga tidak kalah unik. Dari Lembang, kita bisa dengan mudah menuju Kawah Gunung Tangkuban Perahu, mengunjungi Air Terjun Cimahi yang unik dan indah, trekking ke Curug Tilu Leuwi Opat, berkeliling ke Taman Hutan Raya Juanda, dan masih banyak lagi. Sajian kulinernya juga beragam, mulai dari kuliner khas Lembang seperti tahu tauhid, sate kelinci, ketan dan jagung bakar, dan lain sebagainya.

Tidak hanya itu saja, di Lembang juga terdapat banyak cafe dan tempat makan instagramable seperti Cafe Api Unggun, area Tahu Susu Lembang, Kampung Daun, serta jajaran cafe di sepanjang jalan Sersan Bajuri sampai ke Parompong.

Baca Juga : Daya Tarik Wisata Pulau Mandeh

Kapan Waktu Terbaik Berkunjung Ke Lembang? 

wisata lembang

Eigerian sedang mencari waktu terbaik untuk mengunjungi destinasi wisata Lembang? Hal ini sebenarnya tergantung pada ‘kesenangan’ masing-masing. Jika suka suasana ramai, maka weekend tentu bisa menjadi pilihan yang tepat. Tapi jika Eigerian lebih suka suasana yang lebih tenang, maka berlibur ke Lembang di hari biasa/weekday akan lebih menyenangkan. Tempat wisata seperti Farm House Lembang, Floating Market, dan Maribaya Resort biasanya akan penuh sekali saat long weekend. Sedangkan Farm House biasanya menjadi salah satu titik macet saat long weekend di Jalan Raya Bandung-Lembang.

Tempat wisata Tangkuban Perahu, Dusun Bambu, Air Terjun Pelangi ataupun Curug Tilu Leuwi Opat biasanya cukup lenggang meskipun saat long weekend. Bukan karena tidak banyak pengunjung, tapi karena kawasan tempat wisata tersebut luas sehingga tidak terasa penuh.

Jika berlibur ke Lembang saat long weekend, sebaiknya kita menghindari rute utama ke Lembang karena kemungkinan besar akan macet. Namun jika tetap ingin berkunjung saat long weekend, ada baiknya kita membuat susunan tempat-tempat mana yang akan dikunjungi terlebih dahulu. Lalu pelajari rute alternatif untuk menuju ke lokasi-lokasi tersebut.

Rekomendasi Tempat Wisata Alam di Lembang

wisata lembang
Gambar hanya ilustrasi

Berikut ini adalah beberapa rekomendasi tempat wisata alam yang bisa dikunjungi di wilayah Lembang dan sekitarnya.

1. Orchid Forest Cikole

Orchid Forest Cikole ini terhitung masih baru. Meski demikian, tempat wisata ini langsung menyedot banyak pengunjung. Orchid Forest yang ada di area Cikole Lembang ini merupakan tempat wisata sekaligus pelestarian anggrek. Selain terdapat banyak sekali koleksi anggrek, daya tarik lainnya adalah adanya berbagai spot yang epic sekali untuk berfoto. Lokasi Orchid Forest ini berada di Cikole, sebelum Tangkuban Perahu.

2. Curug Cimahi / Air Terjun Pelangi

Curug Cimahi merupakan salah satu air terjun tertinggi yang ada di Bandung. Lokasinya mudah sekali diakses karena letaknya berada di pinggir jalan. Tapi jangan salah, meskipun di pinggir jalan tapi suasananya indah sekali! Sekarang Curug Cimahi di rebranding dengan nama lain Air Terjun Pelangi, karena adanya polesan lampu warna warni yang indah, dan bisa dikunjungi saat malam hari juga.

3. Curug Tilu Leuwi Opat

Berada tidak jauh dari Air Terjun Pelangi, di Curug Tilu Leuwi Opat kita bisa trekking ringan menuju lokasi. Suasana alam yang asri tentu akan menemani kita selama berada di sana. Selain itu, rutenya juga tidak terlalu sulit.

4. Taman Hutan Raya Juanda

Taman Hutan Raya Juanda adalah hutan konservasi alam yang berada tidak jauh dari kota Bandung. THR Juanda bisa di akses dari gerbang Lembang di dekat Maribaya, meskipun memang lebih nyaman jika diakses dari Dago.

5. Gunung Tangkuban Perahu

Rasanya ada yang kurang jika liburan ke Lembang tanpa mengunjungi gunung dan kawah Tangkuban Perahu. Letaknya tidak begitu jauh dari pusat Lembang, dan cukup mudah buat dicapai. Tinggal arahkan saja kendaraan kita ke arah Subang dari Lembang, kurang lebih 15 kilometer. Maka nanti akan langsung bertemu gerbang masuk Tangkuban Perahu di sebelah kiri.

Baca Juga : Cara Menjaga Kebersihan di Tempat Wisata

6. Taman Bunga Begonia Lembang

Taman Bunga Begonia Lembang tidak hanya taman bunga biasa, karena di sana kita juga bisa membeli berbagai macam bunga yang indah. Penataan area kebun bunga yang indah membuat banyak pengunjung yang sengaja datang ke sana untuk menikmatinya, tidak hanya untuk belanja bunga. Alamatnya ada di Jalan Maribaya Nomor 120 A Lembang. 

7. Kebun Teh Sukawana

Tempat yang satu ini memang masih jarang dikunjungi, padahal letaknya tidak terlalu jauh dari pusat kota. Hanya saja, jalan menuju ke Kebun Teh Sukawana memang masih kurang bagus. Bagi Eigerian yang suka sedikit off road, tentu bisa mampir ke Kebun Teh Sukawana.

Bagaimana Akses Jalan Ke Lembang?

Akses jalan ke Lembang cukup mudah, yaitu kita bisa menggunakan angkutan umum ataupun kendaraan pribadi. Rute yang paling mudah jika menggunakan kendaraan pribadi dari luar kota, adalah keluar dari pintu tol Pasteur. Lalu lurus terus sampai ke perempatan lampu merah kedua, dan belok kiri ke arah jalan Setiabudi. Terus saja ikuti rute ini, hingga melewati Terminal Ledeng, dan akan langsung menuju ke Lembang.

Kalau sudah tahu tempat wisata Lembang mana saja yang akan dikunjungi, dan rute mana saja yang harus dilewati, dijamin liburanmu di Lembang akan berjalan lancar. Jangan lupa cek perlengkapan sebelum pergi traveling, ya! Minimal bawa bekal minuman dan makanan ringan. Kalau butuh botol minum, backpack, sepatu, atau perlengkapan traveling lainnya, langsung saja pilih koleksi terbaru Eiger

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru