HomeTips & TrickRidingMemahami Apa Itu Road Captain dan 12 Tanggungjawabnya

Memahami Apa Itu Road Captain dan 12 Tanggungjawabnya

Pembagian peran menjadi penting dalam sebuah rombongan touring. Hal ini dapat membantu mengorganisir peserta dalam perjalanan, sehingga semua orang bisa berkendara dengan nyaman dan aman, serta tidak mengganggu lalu lintas. Road captain, dalam hal ini, memegang peranan penting dalam sebuah rombongan touring motor.

Untuk kamu yang menjadi bagian dari komunitas motor, posisi ini mungkin tak lagi asing. Namun untuk kamu yang baru akan melaksanakan touring motor pertama kali, penjelasan terkait apa itu road captain dan tanggung jawabnya akan jadi pengetahuan dasar yang berguna.

Simak ulasan singkatnya dalam poin-poin berikut ini.

Memahami Apa Itu Road Captain

Sumber : freepik.com (gambar hanya ilustrasi)

Rombongan touring akan terdiri dari cukup banyak motor, dan perlu seorang pemimpin yang bertanggung jawab atas rombongan tersebut. Tak hanya jadi pemimpin secara simbolis, namun sosok ini wajib bisa menjalankan tanggung jawab lain atas perjalanan.

Road captain adalah sosok yang dimaksud. Orang ini memiliki peran memimpin perjalanan touring yang dilakukan, dan menjadi pimpinan tertinggi dalam satu grup rombongan. Tanggung jawab yang diembannya juga tak sedikit yang bersifat teknis, sehingga wajib diberikan pada orang yang paham benar pada kegiatan yang akan dilakukan.

Sebagai pimpinan tertinggi, tanggung jawab yang dimilikinya juga tak ringan. Kamu bisa lihat bagian berikutnya untuk memahami apa saja tanggung jawab dari road captain ini.

Baca Juga : Tanda atau Isyarat Motor Bikers saat Touring

12 Peran dan Tanggung Jawab yang Dimiliki dan Wajib Dijalankan

Sedikit membahas peran-peran lain, selain road captain dalam rombongan touring juga akan memerlukan peran voorijder, sweaper, dan technical officer. Lebih lanjut, peran-peran ini akan dibahas di artikel lain.

Nah, masuk pada peran dan tanggung jawab seorang road captain, kamu bisa menyimaknya pada penjelasan singkat berikut.

1. Membawahi peran lain seperti voorijder, sweaper, technical officer, dan peserta rombongan.

2. Bertanggung jawab dalam membawa seluruh peserta pada saat perjalanan, sampai tujuan, dan kembali pulang dengan selamat, dan dibantu oleh petugas atau peran yang lain.

3. Mengambil keputusan pembatalan perjalanan dengan pertimbangan keselamatan dan keamanan kegiatan.

4. Memiliki hak untuk menolak seorang atau lebih peserta menjadi bagian dari rombongan dengan pertimbangan keselamatan dan keamanan.

5. Melakukan penyusunan rute perjalanan, durasi perjalanan, tempat-tempat yang akan jadi perhentian, jumlah peserta touring, menunjuk petugas touring dalam rombongan, dan mengidentifikasi resiko dari touring.

6. Menyampaikan semua pertimbangan pada poin kelima di atas pada peserta touring.

7. Bertugas memeriksa keadaan setiap kendaraan yang turut dalam kegiatan touring.

8. Memberikan isyarat dimulainya kegiatan.

9. Mengendalikan perjalanan dan rombongan dengan isyarat fisik atau kontak melalui komunikasi radio.

10. Menolak hubungan radio yang dianggap tidak relevan atau tidak diperlukan.

11. Bertanggungjawab memberikan laporan perjalanan pada ketua komunitas.

12. Bisa diwakilkan oleh peserta lain yang ditunjuk langsung oleh road captain mempertimbangkan kondisi kesehatan dan keselamatan.

Selalu Mengutamakan Keselamatan dan Keamanan

road captain

Jika kamu lihat dalam beberapa poin peran dan tanggung jawab di atas, kamu bisa mencermati cukup banyak kata ‘keselamatan dan keamanan’. Pada dasarnya, kedua hal ini memang jadi yang utama dalam perjalanan atau kegiatan touring, karena melibatkan banyak peserta dan menggunakan ruang publik sebagai media perjalanannya.

Seorang road captain harus mampu membaca situasi yang ada pada rombongan, sehingga dapat mengambil keputusan terbaik untuk rombongan. Selain itu, keputusan ini juga wajib mempertimbangkan kenyamanan publik yang menggunakan jalan raya.

Ini mengapa tugas dari road captain sangat besar. Alasan ini juga yang menyebabkan pemilihan sosok yang diberikan peran ini wajib memahami teknis perjalanan, aturan dan ketentuan, serta bisa membaca kondisi dengan baik.

Dukungan dari Perlengkapan dan Peralatan Berkendara

Kegiatan touring memang akan terasa seru ketika semua peserta bisa menjalankannya dengan tertib dan sesuai arahan dari road captain. Namun yang tak boleh dilewatkan, adalah bahwa kegiatan ini wajib didukung oleh perlengkapan dan peralatan berkendara yang berkualitas.

Mulai dari helm, jaket, sarung tangan, sepatu, perlengkapan komunikasi, pakaian, dan semua aksesoris yang bisa mendukung keamanan dan kelancaran, wajib digunakan. Bukan sekedar untuk tampil keren, tapi lebih kepada meningkatkan proteksi dan koordinasi setiap peserta.

Mengingat touring biasanya akan dilakukan dalam rombongan cukup rapat dan kecepatan yang cukup tinggi, maka proteksi maksimal wajib dimiliki setiap orang. Meminimalisir resiko yang mungkin terjadi adalah hal penting, karena sedikit kesalahan saja bisa memicu hal buruk berantai yang berefek pada semua rombongan yang turut dalam kegiatan.

Baca Juga : Tilang Elektronik 101 : Jenis Pelanggaran, Denda, dan Cara Bayar 

Sedikit penjelasan mengenai peran dan tanggung jawab road captain di atas semoga bisa jadi bacaan yang berguna. Tentu, nantinya semua ini akan diaplikasikan pada kegiatan nyata, sehingga kamu bisa memiliki pengalaman langsung dalam kegiatan serta memahami setiap peran dengan lebih baik.

Setelah memahami apa itu road captain, saatnya kamu mempersiapkan diri untuk perjalanan. Eiger Adventure, dalam hal ini, akan jadi partner terbaik untuk mendukung touring yang kamu lakukan. Aksesoris riding yang berkualitas jadi andalan Eiger untuk urusan ini. Jadi kunjungi laman produknya, dan dapatkan produk terbaik untuk mendukung kegiatan kamu!

Newsletter

Mau jadi yang pertama tau update tentang Eiger Adventure? Yuk, sign up ke newsletter kami!

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments