HomeTips & TrickGreen & HealthySampah Rumah Tangga: Pengertian dan Pengelolaannya

Sampah Rumah Tangga: Pengertian dan Pengelolaannya

Kelola sampah rumah tangga yuk Eigerian! Dizaman yang serba modern ini sampah rumah tangga tidak lagi hanya menjadi limbah. Kamu bisa memanfaatkannya jadi berbagai barang berguna. Sampah rumah tangga seperti daun kering, botol plastik, kemasan shampoo bisa kamu manfaatkan loh.

Pengertian Sampah Rumah Tangga

Sebelum Eigerian mengelola sampah jenis ini, perlu diketahui dulu apa itu pengertian dari sampah rumah tangga. Sampah jenis ini dihasilkan dari kegiatan sehari-hari manusia. Sampah ini terdiri dari berbagai jenis sampah. 

Tahukah kamu limbah rumah tangga jadi penyumbang limbah terbesar. Dalam satu hari manusia bisa menghasilkan sampah hingga 0,76kg. Menurut Dirjen Pengelolaan Sampah, Limbah, dan Bahan Beracun Berbahaya (PLSB 3) KLHK, Rosa Vivien Ratnawati dikutip dari Viva, mengatakan bahwa pada tahun 2017 jumlah sampah di Indonesia tercatat sebesar 65 juta ton per tahun. 

Contoh Sampah Rumah Tangga

  • air sisa mencuci pakaian
  • air sisa mencuci piring,
  • asap
  • sampah sisa makanan
  • sampah sayuran
  • sampah plastik

Macam-macam Pengelolaan Sampah Rumah Tangga

  1. Yuk Mulai Pisahkan Sampah Di Rumah

Sediakan dua tempat sampah dalam rumah, untuk sampah organik dan anorganik. Dalam bak sampah organik, kamu dapat isi dengan sisa makanan, daun kering, maupun sisa sayuran atau buah-buahan. Sementara di bak anorganik, isi dengan kertas, plastik, dan kaleng bekas atau sampah lain yang sulit terurai. Selain itu kamu juga harus memilah mana sampah padat dan sampah basah. Baiknya dua sampah ini tak dijadikan satu supaya nggak menimbulkan bau tak sedap.

  1. Jadikan Kompos

Metode pengelolaan sampah organik yang satu ini sebetulnya sudah lama populer. Tapi sayangnya nggak sering dipraktekkan karena nggak banyak orang yang suka berkebun. Padahal menurut beberapa jurnal pengelolaan sampah, ini merupakan salah satu upaya mutakhir untuk membuat limbah jadi lebih berguna. Jika merasa composting terlalu rumit, sumbangkan saja sampah organik ini kepada organisasi bidang perkebunan agar bisa dikelola dengan baik.

  1. Kurangi Sampah Dengan Maksimal

Cara paling mudah dan bisa kamu lakukan dimana saja adalah dengan mengurangi sampah secara langsung. Mulailah dari sendiri untuk mengurangi sampah sesuai kemampuan. Salah satunya dengan menghabiskan makan sepenuhnya. 

Eigerian juga bisa kurangi konsumsi air mineral dalam kemasan botol. Sebagai gantinya kamu bisa bawa tumbler atau botol minum sendiri dari rumah. Kamu bisa gunakan botol minum dari EIGER dengan banyak pilihan model dan warna. 

Beli Botol Minum EIGER Disini

Baca juga: Jangan Langsung Dibuang! Pahami Dulu Cara Memilah Sampah

Kurangi penggunaan botol minum sekali pakai yuk. Bawa dan gunakan botol minumu sendiri. EIGER punya berbagai koleksi botol minum yang bisa kamu jadikan pilihan. Ukuran yang berbeda juga harga yang berbeda bisa kamu sesuaikan sesuai kebutuhan. Cek koleksinya disini.

Beli botol minum EIGER hanya di website resmi, dapatkan harga dan promo terbaik. Pengiriman juga kini gratis loh Eigerian. Kamu bisa bayar dengan metode apapun bikin belanja makin seru. Belanja hemat kini bisa kamu lakukan dirumah aja! 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru