HomeTips & TrickRidingTips Memilih Jaket Motor, Aman Praktis Bye Bye Keanginan!

Tips Memilih Jaket Motor, Aman Praktis Bye Bye Keanginan!

Kegiatan luar ruang seperti riding, pada dasarnya memerlukan dukungan perlengkapan yang mumpuni. Tips Memilih Jaket Motor Perlengkapan ini tak hanya mendukung penampilan, tapi utamanya meningkatkan keselamatan. Jaket Motor, jadi salah satu item yang paling diperlukan saat berkendara.

Meski demikian dalam memilih jaket motor yang akan digunakan tak boleh sembarangan. Beberapa pertimbangan seperti misalnya jarak tempuh, musim yang sedang dialami satu daerah, serta fitur yang ditawarkan jaket, wajib jadi variabel utama ketika memilih jaket motor.

Nah untuk membantu kamu dalam memilih jaket yang tepat untuk berbagai keperluan dan berbagai kondisi di jalan, kamu bisa lihat sedikit ulasan berikut ini.

Tips Memilih Jaket Motor

Pertimbangan Jarak Tempuh

jaket motor

Jaket untuk touring, jaket untuk perjalanan jarak dekat, dan jaket untuk penggunaan harian, tentu akan berbeda. Berdasarkan jarak tempuhnya ini, kamu bisa menyesuaikan jaket motor yang akan kamu pilih sehingga sesuai dan nyaman saat digunakan.

Pada jaket touring misalnya, utamakan yang memiliki bahan tebal sehingga dapat membantu menghalau angin yang menerjang. Selain itu, bahan tebal ini juga akan jadi perlindungan utama pada tubuh jika nasib kurang baik menghampiri.

Pada jaket yang digunakan untuk jarak pendek atau menengah, maka kamu bisa mempertimbangkan jaket yang lebih tipis dan nyaman digunakan. Pastikan jaket ini tetap memiliki fitur perlindungan yang baik, sebab tidak ada yang tahu apa yang akan terjadi di jalanan.

Sedangkan pada jaket pemakaian harian, yang lebih diutamakan adalah kenyamanan serta sirkulasi udara. Jangan sampai ketika digunakan setiap hari, dan secara rutin, kamu merasa kurang nyaman dan membuat mood menjadi rusak.

Bahan yang Digunakan untuk Membuat Jaket Motor

Sebenarnya bahan yang digunakan dalam pembuatan jaket motor ini akan sangat beragam. Jaket touring akan cenderung menggunakan bahan yang lebih tebal, dengan fokus pada bagian-bagian persendian sehingga lebih meningkatkan faktor keselamatan.

Bahan yang digunakan pada jaket motor biasa cenderung lebih lemas dan nyaman dilepas-pasang saat digunakan, sehingga memudahkan kamu dalam beraktivitas. Namun demikian jaket motor untuk kelas ‘menengah’ ini harus tetap dipastikan memiliki faktor keselamatan tinggi meski tak terlalu tebal.

Untuk jaket yang digunakan secara rutin atau casual, bahan yang digunakan bisa lebih condong ke arah parasut, atau bahan yang tipis namun tetap bisa menghalau angin.

Pastikan setiap jaket yang kamu pilih memiliki fitur wind breaker di dalamnya, sehingga bisa membantu mengurangi tekanan angin. Akan lebih baik jika jaket juga memiliki fitur anti air hingga derajat tertentu.

Sirkulasi Udara Jaket Motor Saat Digunakan

jaket motor

Mengingat Indonesia secara umum berada di iklim tropis, maka perbedaan suhu udara antara siang dan malam hari bisa sangat tinggi. Kamu bisa saja berkendara di siang hari dengan mengutamakan jaket yang bersirkulasi udara lebih longgar. Namun jika digunakan di malam hari, maka tak akan tepat bukan?

Penggunaan jaket motor sendiri juga wajib disesuaikan dengan kondisi iklim, cuaca, dan suhu ketika di jalan. Untuk suhu lebih hangat dan lembab, gunakan jaket dengan bahan lebih tipis. Untuk penggunaan jarak jauh dan keperluan touring, maka jaket tebal yang lebih padat bisa jadi opsi.

Catatan utamanya adalah bahwa jaket jenis seperti apapun yang digunakan, pastikan untuk tetap bisa memberikan tubuh keleluasaan dalam ‘bernafas’. Ketika hal ini sudah dipastikan, maka kenyamanan yang akan kamu rasakan selama di perjalanan.

Fitur-Fitur yang Ditawarkan Jaket

Setiap jaket motor selalu memiliki satu atau beberapa fitur unggulan yang ditonjolkan, sehingga penggunanya paham benar apa yang akan dipilih. Nah, tips terakhir untuk memilih jaket motor yang sesuai dengan apa yang kamu perlukan adalah melihat fitur-fitur yang ditawarkan ini.

Beberapa fitur yang paling umum misalnya, adanya knee pad pada bagian siku dan tambahan busa di bagian bahu serta dada. Hal ini ditujukan agar meningkatkan keamanan dalam berkendara.

Kemudian ada juga jaket dengan fitur utama bahan yang breathable, yang memastikan tubuh bisa ‘bernafas’ ketika jaket ini digunakan.

Fitur wind breaker juga jadi salah satu unggulan jaket-jaket kegiatan luar ruang seperti yang digunakan dalam riding, karena dapat membantu menghalau angin yang menerpa saat berkendara.

Jangan lupakan fitur water resistant atau water repellent yang dapat membantu kamu menghalau air atau hujan hingga pada derajat tertentu.

Tinggal pilih saja, mana yang kira-kira tepat dan kamu perlukan saat berkendara.

Memilih jaket motor sebenarnya tak terlalu sulit jika kamu paham benar apa yang kamu butuhkan. Selalu jadikan jarak tempuh, musim atau suhu udara, serta fitur dan kenyamanan sebagai acuan ketika memilih jaket, sehingga kamu tidak salah pilih jaket.

Untuk produk jaket motor sendiri, kamu bisa menemukan banyak sekali pilihan dalam Eiger Adventure. Di sana, perlengkapan riding yang tersedia sangat lengkap dan ditunjang dengan kualitas terbaik di kelasnya. Jadi kamu tak perlu khawatir untuk mendapatkan jaket terbaik untuk setiap keperluan, mulai dari berkendara jarak dekat hingga jaket touring dengan fitur yang lengkap. Selalu ikuti tips dan trik merawat jaket di blog.eigeradventure.com ya

Newsletter

Mau jadi yang pertama tau update tentang Eiger Adventure? Yuk, sign up ke newsletter kami!

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments