HomeTips & TrickIngin Aman dan Enjoy Jadi Solo Traveler? Perhatikan Tips Ini!

Ingin Aman dan Enjoy Jadi Solo Traveler? Perhatikan Tips Ini!

Ingin menjajal jadi solo traveler karena anggapan bahwa solo traveling lebih hemat? Ternyata lebih dari itu, solo traveling merupakan salah satu cara yang dapat memberikan pengalaman traveling yang memuaskan dan menyenangkan, lho. Pasalnya, kita bebas menentukan tempat tujuan saat menjadi solo traveler. Selain itu, kita juga bisa belajar lebih mandiri, hingga melatih kemampuan beradaptasi. Dan tentunya besar kemungkinan kita akan mendapatkan kenalan baru, karena menjadi solo traveler akan membuat kita lebih banyak berinteraksi dengan orang asing

Siap berangkat solo traveling? Eits, tunggu dulu! Ada beberapa hal yang mesti diperhatikan dan dipersiapkan, sebelum kita menjadi solo traveler. Apa saja? Mari simak tipsnya di bawah ini. 

Tips Menjadi Solo Traveler

solo traveler
Sumber: Freepik

Selain membulatkan tekad, kita pun tidak boleh lupa untuk mempersiapkan segala sesuatunya terlebih dahulu, sebelum berangkat solo traveling

1. Siapkan Itinerary secara Detail

Tips solo traveling pertama yang wajib kita lakukan adalah menyiapkan itinerary selengkap dan sedetail mungkin. Pergi sendirian memang lebih praktis, namun tentu saja tidak mengurangi persiapannya. Kita perlu menulis daftar destinasi dan tempat mana saja yang akan kita kunjungi selama traveling. Persiapan yang matang akan membuat perjalanan kita menjadi lebih aman dan nyaman, terlebih saat kita pergi seorang diri.

2. Lakukan Riset tentang Destinasi

Setelah menyusun itinerary, kita pun perlu melakukan riset mendalam untuk setiap destinasi. Bukan hanya sekadar informasi alamat, jam buka, dan harga tiketnya. Namun lebih dari itu, cari juga beberapa ulasan dari beberapa pengunjung sebelumnya atas tempat tersebut, terlebih ulasan yang kurang baik. Melihat sisi buruk sebuah destinasi merupakan tips solo traveling untuk membantu kita memahami risiko dan mengatur ekspektasi tentang destinasi tersebut.

3. Lakukan Pemesanan Online

Jika ada beberapa destinasi yang mengharuskan pemesanan tiket, maka sebisa mungkin kita memesannya secara online. Dengan begitu, saat kita datang ke sana tiket sudah di tangan, dan kita tidak perlu lagi mengantri. Tips menjadi solo traveler ini berlaku juga untuk reservasi hotel, tempat wisata, hingga pemesanan alat pendukung seperti mobile WiFi atau sewa kendaraan di tempat tujuan, ya

4. Packing dengan Efisien

Tips menjadi solo traveler selanjutnya yang ternyata sering dilupakan adalah membawa barang secukupnya. Ingat, membawa terlalu banyak barang justru akan membuat perjalanan kita lebih melelahkan. Perhitungkan dengan baik kebutuhan pakaian selama pergi solo traveling, dan hanya membawa barang yang benar-benar kita butuhkan saja. Jangan lupa untuk mempertimbangkan juga faktor cuaca agar perjalanan kita tetap aman.

5. Wajib Membuat Catatan Nomor Darurat! 

Menjadi solo traveler, jangan pernah berangkat tanpa tips yang satu ini. Kita harus menyiapkan beberapa nomor telepon yang bisa dihubungi ketika keadaan kurang baik atau darurat. Beberapa nomor yang perlu disiapkan adalah nomor kerabat terdekat, nomor telepon kantor polisi, rumah sakit terdekat, serta nomor telepon kedutaan besar Indonesia jika kita solo traveling ke luar negeri.

6. Membawa Uang Tunai Secukupnya

Sebagian orang mungkin memang malas membawa uang tunai karena alasan keamanan. Memang tidak salah, namun perlu diingat bahwa tidak semua tempat menerima pembayaran non tunai. Jadi, membawa uang tunai adalah tips menjadi solo traveler yang wajib dilakukan. Jumlahnya tidak harus berlebihan, kok! Cukup kalkulasikan kira-kira berapa uang yang kita butuhkan dalam satu hari, lalu tinggal dikalikan dengan durasi perjalanan saja. Sejumlah uang tunai ini bisa kita gunakan untuk membeli makan, ongkos, atau membeli tiket wisata yang tidak bisa dibeli secara online.

Ingat, Malu Bertanya Sesat Dijalan!

Menjadi solo traveler, kita harus membuka hati dan pikiran untuk mengenal destinasi melalui orang lain. Maka dari itu, sebaiknya kita tidak perlu malu untuk bertanya kepada warga lokal atau sesama pelancong. Siapa tahu, mereka mempunyai informasi, tips, dan trik yang bisa membuat perjalanan kita lebih mudah dan semakin menyenangkan. 

Baca juga: Hindari 7 Hal Ini Saat Solo Travelling

Rekomendasi Travel Pouch Terbaik dari EIGER

Berikut ini ada beberapa rekomendasi pouch travel series dari EIGER yang bisa Eigerian pilih untuk dibawa saat menjadi solo traveler

1. WAYFARER POUCH 3L – Rp239.000,-

solo traveler

Wayfarer Pouch 3 L adalah tas travel dengan kapasitas 3 liter yang dibuat dari bahan yang tidak mudah ditembus air. Tas ini sangat praktis digunakan, dilengkapi dengan fitur satu kompartemen utama dengan saku resleting dan organizer untuk menyimpan barang bawaan penting. Tas ini juga dilengkapi dengan saku depan dan belakang sebagai tempat penyimpanan tambahan, lho

2. EIGER WANDERER POUCH – Rp289.000,-

solo traveler

Wanderer Pouch adalah travel pouch yang praktis dan cocok digunakan beraktivitas sehari-hari, termasuk saat traveling. Tas yang satu ini memiliki kompartemen utama untuk menyimpan perlengkapan ringan, dilengkapi juga dengan saku belakang dan depan untuk menyimpan barang-barang kecil yang sering digunakan. Saku dalam pada tas ini dilengkapi dengan resleting untuk menyimpan barang-barang penting. 

3. EIGER KURUVINDA 2 2.0 POUCH – Rp249.000,-

solo traveler

Kuruvinda 2 2,0 adalah travel pouch yang dapat digunakan untuk menyimpan perlengkapan ringan ketika kita sedang traveling atau beraktivitas sehari-hari. Dilengkapi dengan kompartemen utama, dan juha saku khusus untuk menyimpan dompet. Terdapat pula saku depan dan saku belakang untuk menyimpan barang-barang kecil yang sering digunakan.

4. EIGER SENDER ARC 3.0 POUCH 4L – Rp239.000,-

solo traveler

Sender Arc 3,0 Pouch 4L adalah travel pouch yang ramping dan sangat cocok digunakan untuk beraktivitas sehari-hari. Tas ini memiliki kompartemen utama dengan saku dalam, ditambah beberapa saku di bagian depan untuk menyimpan barang bawaan kita. Tas ini terbuat dari bahan water repellent, dengan dimensi: 18x7x23.5 cm. 

5. EIGER X-CARD HOLDER MULTI – Rp89.000,-

solo traveler

Kita bisa menyimpan semua yang kita butuhkan seperti kartu dan barang penting ke dalam X-Multi Card Holder. Dilengkapi kompartemen khusus untuk menyimpan kartu, travel pouch ini juga memiliki kompartemen utama yang dapat memuat barang kecil seperti karcis, koin, dan hand sanitizer tersimpan dengan rapi. Dengan tali yang dapat dilepas-pasang, travel pouch ini dapat dikalungkan di leher, lho. Atau kita juga bisa mengaitkan pouch ini ke lubang ikat pinggang atau loop/D ring pada tali bahu backpack

Baca juga: 5 Rekomendasi Travel Pouch untuk Berbagai Kegiatan, Simak di Sini!

Berangkat solo traveling bisa menjadi perjalanan yang mengubah hidup kita. Dengan persiapan yang matang dan beberapa tips di atas, kita bisa mempersiapkan solo traveling perdana dengan lebih baik! Untuk urusan outfit traveling dan perlengkapan lainnya, langsung saja kunjungi website Eiger Adventure Official! Eigerian bisa memilih koleksi terbaik Travel Series EIGER dan melakukan transaksi secara online dengan sangat mudah!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru