HomeTips & TrickGreen & HealthySudah Tahu? Ini 7 Simbol Jenis-Jenis Plastik Beserta Contoh dan Penggolongannya

Sudah Tahu? Ini 7 Simbol Jenis-Jenis Plastik Beserta Contoh dan Penggolongannya

Plastik merupakan hal yang selalu berkaitan dengan segala aspek kehidupan kita. Eigerian pasti menggunakan berbagai jenis-jenis plastik untuk menunjang kegiatan sehari-hari, kan?

Berbagai plastik sering kita gunakan setiap hari seperti pembungkus makanan, minuman, kantong belanja, hingga peralatan rumah tangga lainnya.

Kampanye pengurangan kantong plastik sudah sejak lama digunakan untuk menekan sampah plastik yang dihasilkan. Supermarket yang mulai tidak menyediakan kantong plastik dan menggantinya dengan kantong belanja berbahan dasar kain sehingga dapat digunakan berulang.

Seperti yang sudah EIGER lakukan, dalam rangka peningkatan kesadaran pengurangan penggunaan kantong plastik, kantong belanja plastik diganti dengan paper bag yang ramah lingkungan.

Penggunaan plastik yang berlebihan merupakan hal yang tidak baik loh, Eigerian. Penggunaan plastik dalam jumlah besar setiap hari dapat mengancam masa depan manusia dan alam. 

Beberapa bahaya dari limbah plastik diantaranya pencemaran, seperti pencemaran tanah dan air tanah. Sampah plastik juga dapat mengakibatkan menurunnya kesuburan tanah akibat terhalangnya sirkulasi udara di dalam tanah. Perlu ratusan tahun untuk sampah plastik dapat terurai dengan alami.

Uniknya, dalam pemakaian sehari-hari pernahkah Eigerian memperhatikan sebuah simbol daur ulang pada produk yang berasal atau dikemas dengan kemasan plastik? Simbol tersebut berbentuk segitiga dengan kode tertentu.

Sudah tahukah apa arti dari simbol tersebut? Nah, berikut adalah penjelasan mengenai tujuh simbol jenis yang ada pada plastik:

Tujuh Simbol Jenis-Jenis Plastik

1. PETE atau PET (Polyethylene Terephthalate)

Simbol daur ulang dengan kode angka 1 serta kode PETE atau PET pada bagian bawah menunjukkan bahwa sebuah plastik terbuat dari Polyethylene Terephthalate.

Jenis plastik ini hanya bisa digunakan untuk sekali pakai dan tidak disarankan untuk digunakan berulang kali. 

Simbol ini banyak ditemukan pada plastik kemasan makanan dan minuman seperti botol minum, botol soda, botol minyak, botol saus, wadah selai, kotak obat, hingga sisir.

2. HDPE atau PEDH (High Density Polyethylene)

Simbol kedua adalah simbol dengan kode angka 2 dan kode HDPE atau PEHD. Simbol ini digunakan untuk sebuah plastik yang terbuat dari high density polyethylene.

Dengan memperhatikan kebersihannya, jenis plastik ini termasuk golongan plastik yang cukup aman digunakan berulang kali.

Jenis plastik ini biasanya digunakan untuk galon air minum, botol susu, botol sabun, botol deterjen, botol shampo, dan plastik kemasan tebal lainnya.

3. PVC atau V (Polyvinyl Chloride)

Simbol dengan kode angka 3 dan PVC atau V adalah simbol yang digunakan untuk plastik yang berasal dari polyvinyl chloride. 

Jenis plastik ini sangat sulit untuk didaur ulang dan sering disebut dengan plastik beracun karena mengandung bahan kimia beracun. 

Jenis plastik ini biasanya untuk pipa air, ubin, kabel listrik, wrapping, dan mainan anak/hewan peliharaan. 

4. LDPE atau PE-LD (Low Density Polyethylene)

Simbol berikutnya ada simbol dengan kode angka 4 dan LDPE atau PE-LD. Biasanya terdapat pada kantong plastik (kresek), kantong plastik sampah, tas belanja, hingga bungkus makanan.

Jenis plastik ini terbuat dari bahan low density polyethylene yang bersifat elastis, memiliki daya tahan yang lama dan dapat digunakan untuk berulang kali.

5. PP (Polypropylene)

Simbol plastik kelima yaitu simbol dengan kode angka 5 dan kode PP. Simbol ini digunakan untuk plastik yang terbuat dari polypropylene. 

Jenis plastik ini termasuk bahan yang sangat kuat dan cukup aman digunakan pada suhu yang panas.

Biasa digunakan untuk tempat makanan/minuman, botol sirup,  kotak yogurt, sedotan plastik, selotip, dan tali berbahan plastik.

6. PS (Polystyrene)

Jenis plastik yang memiliki simbol dengan kode angka 5 dan kode PP adalah plastik yang terbuat dari polystyrene, biasanya dijual dengan harga yang cukup murah dan ringan.

Plastik jenis ini banyak digunakan sebagai tempat atau minuman dan tempat makan styrofoam, tempat telur, sendok/garpu plastik, foam packaging hingga bahan bangunan (bahan flooring) dan bisa mengeluarkan styrene yang merupakan zat karsinogen yang dapat menyebabkan kanker untuk makanan dan minuman yang panas.

7. Other atau O 

Simbol plastik dengan kode angka 7 dan kode Other atau O. Other disini adalah jenis plastik yang tidak termasuk kedalam klasifikasi enam kode sebelumnya (  PETE atau PET, HDPE atau PE-HD, PVC atau V, LDPE atau PE-LD, PP, dan PS).

Biasanya penggunaan jenis plastik ini untuk makanan atau minuman sangat berbahaya, karena bisa menghasilkan racun Bisphenol-A (BPA) yang bisa membuat kerusakan pada beberapa organ dan mengganggu hormon tubuh. 

Baca Juga: 15 Produk Pengganti Plastik Ramah Lingkungan, Sayangi Bumi!

Selain jenis jenis plastik, apakah Eigerian juga bahwa plastik memiliki penggolongannya? Berikut adalah beberapa kategori penggolongan plastik:

Penggolongan Jenis-jenis Plastik

Dalam penggunaannya, ternyata plastik memiliki penggolongan dari beberapa aspek. Mengetahui penggolongan plastik merupakan salah satu pengetahuan sebelum memilih produk plastik dengan jenis tertentu, loh!

Penggolongan plastik dapat dibedakan dengan lima kategori. Yakni penggolongan berdasarkan sifat fisiknya, kinerja dan penggunaannya, rantai karbonnya, sumbernya dan proses manufaktur plastiknya.

Setelah mengetahui jenis-jenis plastik beserta contoh dan penggolongannya, semoga Eigerian dapat lebih bijaksana dalam memilih penggunaan jenis produk berbahan plastik.

Eigerian, saat ini EIGER sudah menghadirkan mesin pengumpul plastik yang tersedia di berbagai gerai EIGER. 

EIGER melakukan kerjasama dengan Plasticpay yakni gerakan sosial sampah plastik berbasis platform digital dengan menghadirkan Reverse Vending Machine. Mesin pengumpul plastik ini dapat Eigerian manfaatkan untuk mengurangi sampah plastik yang nantinya dapat ditukarkan menjadi poin Eiger Adventure Club. Poin tersebut dapat ditukarkan menjadi voucher belanja produk-produk yang ada di EIGER.

Bagi Eigerian yang yang sedang mencari peralatan outdoor dengan bahan jenis plastik yang aman seperti tempat minum dan barang-barang lainnya ataupun produk sustainable, Eigerian bisa melihat berbagai koleksi menarik dan berbelanja melalui situs belanja resmi EIGER Adventure.

Dengan berbelanja di situs belanja resmi EIGER, nikmati kesempatan mendapatkan promo menarik seperti gratis ongkir, cashback, voucher dan penawaran lainnya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru