EIGER Environment, Social and Governance PLAN

Gerakan Untuk
Bumi, Untuk Nanti

Semangat baru bagi kami untuk menjalankan misi besar perusahaan. Demi melindungi masa depan dan generasi selanjutnya, kami ingin menjadi bagian dari maraton panjang menyelamatkan bumi.

Download Laporan Selengkapnya

Alasan kami memulai perjalanan ini

EIGER memiliki kekhawatiran, kekayaan dan keindahan alam yang saat ini kita nikmati, gunung-gunung yang saat ini kita daki, di masa depan tidak dapat lagi dirasakan oleh generasi yang akan datang. Sehingga, kontribusi yang akan dilakukan berfokus Untuk Bumi, Untuk Nanti

Fokus Kami

Terdapat 5 Pilar yang dalam Strategi Keberlanjutan EIGER, masing-masing pilar memiliki program-program dan kegiatan yang akan mulai dilaksanakan pada tahun 2022

1
Eco & Friendly Store
Toko yang ramah lingkungan
Target Tahun 2024
  • Sebanyak 70% dari seluruh toko telah menerapkan Panduan Eco Friendly Store
  • Menurunnya biaya listrik & air toko sebesar 10%
2
Innovative & Sustainable Production and Consumption
Siklus Produksi dan Konsumsi yang Inovatif & Berkelanjutan
Target Tahun 2024
  • Terdapat setidaknya 20% artikel Sustainable Product yang sudah diluncurkan, termasuk yang sudah menggunakan Sustainable raw materials sebesar 7%
  • Terdapat 40% supplier yang sudah menjalankan praktik Sustainability
3
Good Corporate Governance
Tata Kelola Perusahaan yang Baik
Di tahun 2024 kami akan mulai menjalankan program inclusiveness
4
Educate & Empower People
Mendidik & Memberdayakan Masyarakat
Di tahun 2024 kami menargetkan pelaksanaan community development di 5 area yang terukur (SROI)
5
Responsible Shipping & Warehousing
Pengiriman & Pergudangan yang Bertanggung Jawab
Target Tahun 2025
  • Melakukan peningkatan carbon offset
  • Mengurangi limbah packaging
  • Meningkatkan porsi pengiriman dengan Eco Shipping

Upaya Kami

Kami melakukan berbagai upaya untuk menjalankan program Untuk Bumi, Untuk Nanti.

Mengurangi produk cacat dan tidak layak jual

Secara total jumlah defect pada tahun 2021 dapat berkurang sebesar -49% dibanding tahun sebelumnya. Jika dibandingkan dengan total produksi, jumlah material defect pada tahun 2020 adalah sebesar 0,41% dan turun menjadi 0,20% pada tahun 2021.

Penghematan energi di head office

Penghematan energi tidak hanya dilakukan di 11 toko yang menjadi fokus pembenahan kami, tapi juga di head office kami yang terletak di Kopo, Bandung. Pengurangan terjadi sebesar -5% dengan mengurangi penggunaan media digital dan karena adanya pembatasan karyawan saat PPKM berlangsung. Secara total, konsumsi listrik dari 11 flagship store dan kantor pusat mengalami penurunan sebesar -8,3 %

Meningkatkan kesejahteraan karyawan

Pada tahun 2021, jumlah karyawan yang keluar menurun secara signifikan dari tahun sebelumnya, yaitu sebesar -50%. Pergantian karyawan di tahun 2021 berada pada angka 7,46% dari yang sebelumnya sebesar 10,29% dan diharapkan turun menjadi 5% pada tahun 2022.

Gerakan Corporate Social Responsibility

Pada tahun 2021 setidaknya terdapat 27 kegiatan edukasi seperti Diklat SAR, pelatihan kegiatan kegunungan (mountaineering), dimana EIGER menjadi narasumber. Gerakan keindonesiaan pun secara rutin kami lakukan, seperti Ekspedisi Ucap Ulang Sumpah Pemuda dalam rangka memperingati hari Sumpah Pemuda tahun 2021. Selain itu, melalui Yayasan Anugerah Sempurna, kami membangun PAUD dan SD Eagle, sekolah bertaraf internasional di Rote, Nusa Tenggara Timur.

Penghematan energi di toko

Di tahun 2020, penggunaan energi listrik di 11 toko yang menjadi fokus pembenahan kami mengalami penurunan dibanding tahun sebelumnya sebesar -6.6%. Sedangkan di tahun 2021, kami dapat mengurangi penggunaan energi di 11 toko tersebut sebesar -10.3%.

Penghematan energi di supplier

Dimulai dari 8 pemasok utama, di tahun 2021 masih terlihat peningkatan penggunaan energi dari para pemasok tersebut. Lantas apa yang akan kami lakukan dengan para pemasok tersebut? Bersama dengan para pemasok, kami akan terus belajar dan saling mengingatkan untuk mencapai tujuan bersama. Kami juga berencana untuk menambah jumlah pemasok yang ingin bersama kami menjadi perusahaan yang lebih sustainable.

Pemberdayaan masyarakat

EIGER memiliki lebih dari 190 toko di 110 kota dan kabupaten. Sebagai bentuk memberdayakan masyarakat khususnya di kawasan toko, kami memiliki komitmen untuk merekrut tenaga kerja lokal, sehingga wiraniaga pada seluruh toko kami direkrut dari kawasan tersebut. Tidak hanya itu saja, produk yang kami tawarkan diproduksi oleh 103 pemasok dimana 52 diantaranya berasal dari Indonesia.

Kontribusi di masa pandemi

Di masa pandemi pun EIGER melakukan berbagai kontribusi seperti secara aktif membagikan alat pelindung diri berupa hazmat, masker, dan face shield yang EIGER produksi sendiri, pemberian vaksin kepada lebih dari 2.800 masyarakat Kota Bandung, melindungi karyawan dari COVID-19 dengan berbagai cara seperti swab tes yang rutin dilakukan hingga membantu biaya penyembuhan.

Copyright © 2022 Eigerindo Multi Produk Industri, Inc. All rights reserved.