HomeTips & TrickLifestyleSelain Sehat, 5 Menu Takjil Buka Puasa Ini Mudah Dibuat Lho!

Selain Sehat, 5 Menu Takjil Buka Puasa Ini Mudah Dibuat Lho!

Ramadan telah tiba, selain fokus beribadah tentunya kita juga bersemangat untuk menyiapkan takjil buka puasa. Setiap orang pasti punya menu takjil buka puasa andalan. Namun, apakah kita sudah yakin bahwa menu tersebut sehat?

Biasanya, menu buka puasa didominasi oleh beragam makanan manis. Memang ada makanan manis yang sehat, namun sayangnya, sebagian besar dari makanan manis tersebut mengandung terlalu banyak gula tambahan. Makanan manis dipilih sebagai takjil buka puasa karena bisa mengembalikan energi dengan cepat. Namun, kita tetap perlu memperhatikan kandungan gizinya ya

Beberapa jenis makanan memang tinggi akan gula dan karbohidrat, tapi mengandung sedikit protein, vitamin, atau mineral. Makanan yang terlalu banyak mengandung gula tidak baik karena meningkatkan akan risiko sejumlah gangguan kesehatan, seperti kenaikan berat badan berlebih hingga diabetes. Serem, kan

Tips Memilih Menu untuk Buka Puasa

takjil buka puasa

Berikut ini ada beberapa tips memilih menu takjil berbuka puasa yang perlu diperhatikan.

1. Hidrasi terlebih dahulu

Awali berbuka puasa dengan minum air terlebih dahulu. Ada banyak sekali jenis minuman yang bisa dipilih misalnya air mineral, susu, jus buah, atau lainnya. Namun, hindari minuman yang mengandung terlalu banyak gula dan kalori, ya

2. Kurma sebagai makanan pembuka

Kurma mengandung banyak nutrisi dan juga gula alami. Kandungan gula alami itulah yang akan membantu mengembalikan kondisi tubuh yang lemas setelah seharian berpuasa.

3. Makanan berkuah lebih baik

Memilih makanan berkuah seperti sup juga baik untuk berbuka puasa, lho. Sebab, tubuh yang kekurangan air akan lebih mudah menyerap nutrisi dari makanan berkuah. Pilihlah sup yang mengandung banyak sayuran dan juga kacang-kacangan. Selain mengenyangkan, nutrisi dari keduanya juga sangat baik untuk tubuh. 

4. Karbohidrat kompleks

Tentunya, tubuh kita memerlukan energi yang dapat cepat diserap saat berbuka puasa. Oleh karena itu, pilihlah makanan dengan karbohidrat kompleks seperti nasi merah, kentang, dan pasta karena dapat memulihkan tenaga dengan optimal. 

5. Jangan lupa tambahkan protein

Tubuh juga memerlukan asam amino esensial untuk mempertahankan massa otot. Asam amino esensial ini terdapat pada protein yang rendah lemak. Sangat direkomendasikan untuk mengonsumsi protein dengan kualitas tinggi seperti daging sapi, yogurt, ikan, dan daging ayam.

Baca juga: Bikin Rindu! Inilah 5 Tradisi Unik Bulan Ramadhan di Indonesia

Ide Menu Takjil Buka Puasa yang Mudah Dibuat

takjil buka puasa

Supaya tubuh kita kembali berenergi dan tetap sehat, berikut ini ada beberapa pilihan menu takjil buka puasa yang sangat mudah dibuat. Coba praktik, yuk

1. Smoothies buah

Manisnya segelas smoothies tentunya mampu bisa menghilangkan dahaga seketika. Minuman ini biasanya dibuat dari campuran yogurt atau susu dengan ditambah potongan buah segar. Bahkan, penggemar smoothies juga kerap bereksperimen dengan menambahkan sayuran, lho. Kalau ingin smoothies yang sehat, pastikan kita memilih susu atau yoghurt yang rendah lemak dan gula. Tidak perlu tambahan gula karena buah yang kita gunakan sudah memiliki rasa manis.

Menu takjil yang satu ini punya keunggulan tersendiri jika dibandingkan dengan jus biasa. Kandungan serat smoothies cukup tinggi sehingga satu gelas saja sudah bisa menghilangkan rasa haus dan juga lapar. Kalorinya juga tidak banyak, yaitu sekitar 200–300 kkal untuk setiap sajian.

2. Puding buah

Biasanya, puding lekat dengan rasa yang manis dan kandungan gula yang tinggi. Namun ternyata, kita bisa membuat puding yang menyehatkan dengan bahan utama berupa buah-buahan segar. Caranya adalah, buatlah puding dari bubuk agar-agar tawar. Setelah matang, siapkan beberapa potong buah-buahan favorit di dalam sebuah wadah. Lalu tuangkan larutan agar-agar ke atas potongan buah dan diamkan beberapa jam. Menu takjil sehat yang satu ini biasanya tidak lengkap tanpa saus puding alias vla. Nah, kita bisa membuat vla sendiri yang lebih menyehatkan dengan mencampur kuning telur, vanili, dan juga susu rendah lemak.

3. Es buah

Menu takjil buka puasa sehat yang satu ini banyak sekali peminatnya. Kalau biasanya es buah mengandung gula pasir, berbagai jenis sirup, dan juga krim kental manis, maka kita bisa membuat menu buka puasa ini menjadi lebih sehat. Cara mengurangi gula pada menu ini adalah dengan membuat kuah menggunakan campuran air, perasan lemon, dan madu. Kita juga bisa membuat kuahnya dari jus buah kaya air, seperti semangka. Jangan lupa lengkapi takjil yang sehat ini dengan aneka ragam buah-buahan. Hal ini lebih menyehatkan karena kita mendapatkan zat gizi yang berbeda-beda dari setiap jenis buah.

4. Salad sayur dan buah

Sayur dan buah adalah ragam menu buka puasa sehat yang bisa dicoba. Kedua menu ini juga cocok untuk memenuhi kebutuhan serat harian tubuh kita. Sayur dan buah diproses secara perlahan di dalam lambung dan juga usus. Hal ini akan membuat pengosongan perut lebih lama. Jadi, efek kenyang akan berlangsung jauh lebih lama. Saat mengolah salad sayur dan buah, sebaiknya hindari menambahkan saus tinggi garam, gula, dan lemak jenuh seperti krim kental manis, mayonnaise, dan saus keju. Tapi, ganti dengan dressing salad yang sehat, seperti minyak zaitun, madu dan lemon, serta yoghurt tanpa gula.

5. Bubur kacang hijau

Bubur kacang hijau juga termasuk pilihan takjil buka puasa yang menyehatkan, lho. Sebab, kacang hijau mengandung berbagai jenis mineral yang penting untuk tubuh, seperti folat, zinc, potasium, mangan, dan magnesium. Kacang hijau juga berperan aktif dalam menghambat proses oksidasi kolesterol jahat pada tubuh. Bukan hanya itu saja, kacang hijau juga menjadi salah satu sumber protein yang juga berfungsi sebagai antioksidan, anti-inflamasi, anti-tumor, serta mampu mengakomodasi proses metabolisme lemak tubuh dengan baik.

Baca juga: 9 Makanan Khas Lebaran dari Berbagai Penjuru Indonesia

Menu takjil buka puasa yang disebutkan di atas sangat mudah dibuat. Bahan-bahan yang diperlukan juga tidak sulit ditemukan. Buatlah takjil yang banyak, lalu ajak keluarga atau sahabat menyantapnya saat bedug berkumandang. Dijamin, takjil buka puasa tersebut bisa mengobati dahaga setelah berpuasa seharian. Bicara soal buka puasa bersama alias buber, apa sih yang perlu disiapkan selain makanan? Biasanya sih soal outfit, ya? Eigerian tidak perlu bingung, karena koleksi pakaian perlengkapan Ramadan dari Eiger Adventure bisa diandalkan dalam hal ini. Mulai dari kaki hingga ujung kepala, semua ada! Cek langsung di website Eiger Adventure!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru