HomeTips & TrickGreen & HealthyYuk Memilih Tanaman Depan Rumah agar Makin Estetik!

Yuk Memilih Tanaman Depan Rumah agar Makin Estetik!

Memiliki pekarangan rumah yang asri dan indah mungkin jadi dambaan banyak orang. Selain sedap dipandang, pekarangan yang dipadati dengan tanaman juga memberikan nilai estetika yang tinggi dan bisa jadi spot rehat sejenak dari sibuknya rutinitas WFH. Lalu, adakah opsi untuk tanaman depan rumah yang sedap dipandang?

Beberapa opsi yang disampaikan dalam artikel ini tentu tidak kemudian jadi hal mutlak, karena padu-padannya akan kembali pada selera kamu dan keinginan untuk membuat konsep pekarangan atau halaman seperti apa.

Berikut beberapa opsi tanaman depan rumah yang bisa kamu gunakan untuk membuat pekarangan indah, atau setidaknya memiliki hawa sejuk dan hijau.

Kelompok Tanaman Besar

tanaman depan rumah
Sumber : freepik.com (gambar hanya ilustrasi)

Well besar di sini bukan berarti seperti pohon durian atau pohon beringin, namun lebih kepada tanaman berukuran relatif besar yang biasanya ditanam langsung ke tanah. Tentu, estetika juga jadi pertimbangan dalam rekomendasi ini, sehingga bagian depan rumah kamu tetap tampak indah.

Baca Juga : 7 Cara Simpel Naikkan Produktivitas Kerja Di Tahun Baru

1. Berbagai Jenis Palem

Mulai dari palem ekor tupai, palem kipas, palem botol, pale, merah, dan berbagai jenis palem lain bisa jadi opsi menarik untuk ‘penghuni utama’ bagian depan rumah kamu. Ukurannya yang cenderung besar dan bentuknya yang estetik membuat pohon palem jadi opsi menarik untuk dipilih.

2. Pohon Pinus

Masih dengan karakter daun yang tajam dan badan pohon yang besar, pohon pinus jadi opsi kedua yang bisa kamu pilih. Mengapa? Karena pohon pinus dapat memberikan kesan sejuk pada pekarangan atau bagian depan rumah. Kamu bebas saja memilih pohon pinus berukuran kecil atau yang sudah besar, bisa disesuaikan dengan keinginan.

3. Pandan

Mengapa dimasukkan ke dalam jenis tanaman besar? Karena tanaman pandan yang ditanam langsung di tanah bisa tumbuh menjadi pohon yang besar dan memiliki bentuk yang menarik. Jika kamu cukup telaten dalam mengurusnya, tanaman ini selain indah juga akan memberikan banyak sekali benefit.

4. Pohon Uang

Seperti namanya, pohon atau tanaman ini dipercaya dapat membawa keberuntungan untuk pemilik rumah saat ditanam di depan rumah. Bentuknya yang menjulang tinggi serta daun yang rindang menjadi daya tarik tersendiri pada pohon ini. Jika kamu inginm engkreasikannya, kamu juga bisa mengepang batang beberapa pohon sehingga terlihat lebih indah.

5. Bambu Hoki

Mitosnya, tanaman bambu hoki merupakan tanaman yang bisa membawa kedamaian, kesehatan, serta keberuntungan bagi siapa saja yang menanamnya. Selain itu, kamu juga bisa menikmati keindahan tanaman ini dengan gradasi warna hijau yang sungguh lembut. Beberapa orang menyarankan untuk menempatkan tanaman ini di arah Timur atau Tenggara, untuk berkah yang berlimpah.

Kelompok Tanaman Kecil yang Tak Kalah Estetik

tanaman depan rumah
Sumber : freepik.com (gambar hanya ilustrasi)

Kelompok tanaman kecil bisa menjadi aksen yang indah dari pekarangan atau bagian depan rumah kamu. Beberapa tanaman ini juga terlihat lebih indah jika ditempatkan di dalam pot yang disusun rapi. Opsi yang bisa kamu pilih adalah sebagai berikut.

1. Lidah Mertua

Tak seseram namanya, justru lidah mertua memiliki wujud yang sangat indah dan menarik dipandang. Hijau muda di bagian tepian daun, dan loreng di bagian badan daun, membuatnya jadi aksen yang indah di depan rumah. Belum lagi jika kamu memiliki beberapa tanaman ini, kamu bisa menyusunnya jadi satu pola menarik berkat tekstur dan kesan cantik yang dipancarkan.

2. Bunga Sepatu

Opsi tanaman depan rumah yang kedua adalah bunga sepatu. Warna ikonik merah yang dimiliki bunganya. Selain itu, ada pula warna putih dan kuning yang bisa memberikan corak menarik pada pemandangan depan rumah kamu. Perawatannya yang mudah serta bunganya yang berwarna-warni menjadi pertimbangan utama kenapa tanaman ini masuk dalam daftar.

3. Aglaonema

Siapa tak kenal aglaonema? Tanaman populer yang belakangan banyak diminati masyarakat karena corak daun serta perpaduan warnanya yang indah ini juga bisa jadi penghuni halaman depan rumah kamu. Bentuk daun yang beragam pada setiap spesiesnya juga bisa menjadi variasi agar halaman rumah tak terasa monoton.

4. Bunga Kertas

Jadi salah satu jenis bunga dan tanaman yang paling sering digunakan di ruang terbuka hijau, warna warni bunga yang mencolok membuat pemandangan terasa makin segar dan ramai. Jika dirawat dengan baik, tanaman ini bisa benar-benar memenuhi pekaranganmu lho!

5. Bunga Mawar dan Melati

Menjadi kombinasi paling klasik diantara tanaman depan rumah yang bisa dipilih, keduanya bisa dinikmati dari segi visual, berkat warnanya yang kuat, serta aromanya yang harum. Kedua tanaman ini juga cukup mudah dirawat, sehingga tak akan merepotkan.

Opsi Tanaman Depan Rumah, Kombinasikan Sesuai Selera!

tanaman depan rumah
Sumber : freepik.com (gambar hanya ilustrasi)

Dengan banyak opsi di atas, dan tentu saja opsi tak terbatas lain yang tidak masuk dalam daftar ini, kamu bisa melakukan kombinasi sesuai selera. Perpaduan warna, corak, serta penyusunan yang cermat, bisa membantu area depan rumah terasa indah dan nyaman, cocok untuk beristirahat sejenak dan mengistirahatkan mata dari paparan sinar biru yang berasal dari gadget.

Baca Juga : Jenis Tanaman Dalam Rumah yang Aman dan Bermanfaat 

Tentu kamu bisa dengan mudah mencari artikel seperti yang membahas tanaman depan rumah ini di blog Eiger Adventure. Bersamaan dengan itu, tersedia pula beragam produk yang bisa digunakan untuk berkebun atau kegiatan di luar rumah, dengan kualitas yang tak main-main. Kunjungi laman produknya, dan dapatkan produk terbaik dari Eiger Adventure!

Newsletter

Mau jadi yang pertama tau update tentang Eiger Adventure? Yuk, sign up ke newsletter kami!

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments