HomeTips & TrickGreen & Healthy15 Tanaman Hias Gantung yang Bagus Untuk Indoor dan Outdoor

15 Tanaman Hias Gantung yang Bagus Untuk Indoor dan Outdoor

Semua orang tentu ingin memiliki rumah yang indah, nyaman, dan sejuk. Menciptakan suasana rumah yang natural memberikan kesan hunian yang bisa memanjakan penghuninya.

Kita usahakan rumah itu dengan kebun dan tanaman yang mewah! Namun, mewah di sini bukan berarti mahal kok, Eigerian. 

Pasalnya, kita bisa mempercantik rumah kita dengan tanaman hias gantung baik indoor maupun outdoor.

Tanaman hias sendiri sudah sejak dulu menjadi bagian tak terpisahkan dari aspek keindahan rumah. Sayangnya, banyak yang mengira bahwa memelihara tanaman hias butuh ruang yang besar dan cukup merepotkan.

Padahal, ada beberapa jenis tanaman hias yang bisa digantung di dalam dan di luar rumah. Menariknya lagi, sebagian jenis tanaman hias ini tidak membutuhkan perawatan yang sulit.

Penasaran apa saja jenis tanaman hias gantung untuk indoor dan outdoor? Simak artikelnya sampai akhir, ya!

Baca Juga: 5 Cara Mudah Menghemat Air untuk Kehidupan Sehari-hari

Jenis Tanaman Hias Gantung Untuk Indoor dan Outdoor

tanaman hias gantung
(Foto berkebun di luar rumah. Sumber: Freepik.com)

Apakah Eigerian sudah mengetahui bahwa tanaman hias memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan mental dan pikiran? Selain mempercantik rumah, rupanya tanaman hias juga kaya manfaat, lho.

Menurut Journal of Physiological Anthropology, merawat tanaman hias dapat membuat kita merasa lebih nyaman, tenang, dan damai. Berkebun di rumah bahkan bisa membantu mengurangi stres.

Tak hanya itu, menurut American Society of Holticultural Science, menempatkan banyak tanaman hijau di ruangan kerja atau di rumah dapat membuat seseorang menjadi lebih produktif dan mengurangi kemungkinan mengalami sakit.

Memelihara tanaman hias gantung di rumah bisa jadi cara untuk meningkatkan konsentrasi, ketenangan diri, dan mengurangi stres. 

Berikut beberapa jenis tanaman hias gantung yang bisa Eigerian pelihara di rumah.

1. Kembang Anting-Anting

kembang anting-anting
(Foto kembang anting-anting. Sumber: Pertanianku.com)

Kembang anting-anting dikenal juga dengan bunga fuschia. Tanaman hias gantung ini memiliki bunga berwarna-warni yang menggantung menyerupai anting-anting yang cantik.

Bunga fuschia termasuk jenis tanaman tropis, artinya, tanaman ini bisa subur dan mekar sepanjang tahun. Untuk merawatnya, kita perlu rutin menyiramnya setiap hari dan ditempatkan di posisi yang sejuk atau di dalam rumah.

2. Lantana

bunga lantana
(Foto bunga lantana. Sumber: Voi.id)

Tanaman hias gantung lantana berasal dari benua Amerika. Tanaman hias ini bisa menjalar di dinding, pagar, dan pepohonan. Maka dari itu, tanaman hias ini juga bisa ditempatkan di pagar rumah.

Bunga lantana berwarna kuning, oranye, dan merah bambu. Bunganya mampu menarik perhatian kupu-kupu dan lebah untuk mampir ke taman kecil rumah kita. Untuk merawatnya, kita hanya perlu menyiram sedikit air setiap hari secara teratur.

Baca Juga: 5 Ide Perayaan Hari Ibu dengan Konsep Cinta Lingkungan

3. Bunga Lobelia

tanaman hias gantung
(Foto bunga lobelia. Sumber: Gardensworld.com)

Bunga lobelia cocok bagi Eigerian yang tidak punya banyak waktu untuk merawat tanaman setiap hari. Bunga lobelia bisa tumbuh subur di berbagai musim. Selain itu juga tidak memerlukan banyak perawatan.


Eigerian bisa menabur bibit bunga lobelia di tanah, kemudian memindahkannya ke pot tanaman ketika pucuk tanaman hias ini sudah mulai tumbuh.

4. Lili Paris

tanaman hias gantung
(Foto lili paris. Sumber: Dekoruma.com)

Lili paris berasal dari Afrika Selatan, namun cukup populer di Indonesia. Tanaman hias ini punya bentuk daun memanjang seperti rumput dengan paduan warna hijau tua dan hijau muda.

Tanaman ini cukup tahan panas dan mudah beradaptasi dengan lingkungan sekitar, sehingga tidak membutuhkan perawatan yang rumit.

5. Petunia

bunga petunia
(Foto bunga petunia. Sumber: Almanac.com)

Bunga petunia merupakan salah satu tanaman hias gantung terfavorit. Pasalnya, bunga petunia memiliki aroma harum yang khas di pagi hari, bahkan lebih harum dibandingkan jenis bunga lain.

Dengan rajin memberi pupuk, bunga ini bisa mekar sepanjang tahun.

Baca Juga: 5 Jenis Olahraga untuk Diet yang Efektif dan Wajib Dicoba!

6. Bunga Geranium

tanaman hias gantung
(Foto bunga geranium. Sumber: Marthastewart.com)

Selain cocok dijadikan sebagai tanaman hias, bunga geranium juga mampu menangkal nyamuk, lho. Bunga ini lebih cocok tumbuh di tempat yang sejuk agar dapat mekar sepanjang tahun.

Oleh sebab itu, bunga geranium membutuhkan sedikit perawatan khusus seperti pemberian pupuk dan nutrisi tanaman lainnya.

7. Heart Leaf Philodendron

heart leaf philodendron
(Foto heart leaf philodendron. Sumber: Thespruce.com)

Bosan dengan tanaman hias yang bentuknya itu-itu saja? Eigerian bisa memelihara tanaman hias yang satu ini. Sesuai dengan namanya, tanaman ini memiliki daun berbentuk hati yang nampak menggemaskan.

Menariknya, tanaman hias gantung ini tidak membutuhkan media tanah. Kita bisa memelihara tanaman hias ini dengan menempatkannya di pot kaca yang sudah diisi air dan nutrisi khusus tanaman.

8. Begonia

tanaman begonia
(Foto tanaman begonia. Sumber: Agrozine.id)

Begonia termasuk jenis tanaman hias yang tumbuh subur di Indonesia. Artinya, tanaman hias ini tak membutuhkan perawatan yang rumit. Si cantik begonia memiliki beberapa variasi bentuk daun dan warna bunga yang menarik.

Salah satu yang paling terkenal adalah begonia cane yang dijuluki “sayap malaikat”. Semakin tidak sabar untuk memeliharanya di rumah, ya!

Baca Juga: 5 Jenis Tanaman Hidroponik Ini Mudah Ditanam di Rumah

9. Kaktus Anggur

tanaman hias gantung
(Foto kaktus anggur. Sumber: Trees.com)

Kaktus anggur atau Sedum morganianum termasuk tanaman hias rumah yang tak butuh banyak perawatan. Tanaman ini hanya membutuhkan banyak sinar matahari, namun sedikit air saja.

Maka dari itu, tanaman hias ini lebih cocok ditempatkan di halaman rumah agar mendapat suplai sinar matahari yang cukup.

10. Ekor Kucing

tanaman ekor kucing
(Foto tanaman ekor kucing. Sumber: Amazon.in)

Tanaman gantung ekor kucing atau Acalypha memiliki bentuk bunga yang unik, menyerupai sekumpulan ekor kucing yang menggantung. Tanaman hias ini akan tumbuh maksimal pada temperatur yang panas dan lembap.

Karena tanaman hias ini bisa menjuntai panjang, disarankan untuk menggantungkannya di tempat yang cukup tinggi, ya!

11. Anggrek

anggrek tebu
(Foto anggrek tebu. Sumber: Greeners.com)

Berbagai jenis anggrek sudah sejak lama dijadikan sebagai tanaman hias. Anggrek dianggap sebagai jenis tanaman hias premium lantaran memiliki estetika yang sangat tinggi dan dijual dengan harga tinggi.

Meski begitu, Indonesia termasuk rumah bagi ribuan spesies anggrek. Maka dari itu, tak mengherankan jika kita bisa menemukan penjual bibit tanaman anggrek di banyak tempat.

12. Sirih Marble

sirih marble
(Foto sirih marble. Sumber: Langit7.id)

Tanamah hias yang satu ini tentu sudah sering kita jumpai. Sirih marble bisa ditempatkan di dalam maupun di luar ruangan. Tanaman hias ini juga mudah beradaptasi dengan lingkungan sekitar.

13. Bunga Pukul Sembilan

bunga pukul sembilan
(Foto bunga pukul sembilan. Sumber: Kompas.com)

Bunga pukul sembilan mungkin sudah tak asing lagi di telinga kita. Jenis tanaman hias cantik ini sering ditempatkan di depan halaman rumah. 

Sebab, bunga pukul sembilan membutuhkan setidaknya 6 jam suplai sinar matahari agar pertumbuhannya maksimal.

14. Paku Sarang Burung

tanaman hias gantung
(Foto paku sarang burung. Sumber: Greeners.com)

Paku sarang burung atau pakis kadaka cukup sering dijadikan sebagai tanaman hias. Uniknya, jika terkena banyak sinar matahari, kelopak daunnya akan mengerut ke atas. 

Namun, akan terlihat lebih datar ketika tidak mendapat banyak cahaya matahari. Agar tampak lebih cantik, kita bisa menggunakan pot gantung dari kayu atau tempurung kelapa sebagai dekorasi ruangan.

Baca Juga: 6 Cara Agar Badan Wangi Sepanjang Hari Meski Berkegiatan Outdoor

15. Keladi

tanaman keladi
(Foto tanaman keladi. Sumber: Greeners.com)

Tanaman hias keladi atau Syngonium podophyllum memiliki bentuk daun muda seperti mata panah. Lama kelamaan, bentuk daunnya akan berubah menyerupai jari tangan.

Perawatan tanaman hias keladi juga sangat mudah. Kita hanya perlu menempatkannya di posisi yang cukup tinggi. sebab, tanaman keladi memiliki pertumbuhan yang cukup pesat dan akan menjuntai panjang ke bawah.

Jenis tanaman hias gantung di atas bisa kita budidayakan di rumah untuk menambah nilai estetika dan memberikan manfaat kesehatan bagi tubuh.

Selain itu, lengkapi juga segala perlengkapan penunjang aktivitas harian kita dengan produk terbaik dari EIGER. 

Kita bisa menemukan dan membeli berbagai produk perlengkapan outdoor, traveling, fashion, perlengkapan berkendara, tas, sepatu, jam tangan, dan aksesoris fashion lainnya melalui Website EIGER Adventure Official. Jangan Lewatkan promo menariknya, ya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru