HomeTips & TrickGreen & Healthy10 Jenis Tanaman Pembersih Udara yang Pas Diletakkan dalam Rumah

10 Jenis Tanaman Pembersih Udara yang Pas Diletakkan dalam Rumah

Jika dilihat dengan mata telanjang, ruangan di rumah kita mungkin tampak bersih. Namun bisa saja kemungkinan zat polutan berkumpul, lho. Jika didiamkan terlalu lama, maka akan menumpuk dalam jumlah besar dan bisa berdampak bagi kesehatan orang-orang yang tinggal di dalamnya. Kontaminasi udara dan ventilasi yang tidak bagus juga akan menyebabkan sick building syndrom. Gejalanya adalah kepala pusing, mual-mual, terjadi iritasi pada telinga, hidung, dan mata. Nah, salah satu cara untuk mengurangi polusi udara di dalam rumah adalah dengan urban farming atau meletakkan tanaman pembersih udara di dalam rumah. Selain membuat ruangan terlihat lebih cantik, ternyata manfaat tanaman di dalam rumah juga baik untuk kesehatan kita. 

Manfaat Tanaman Pembersih Udara

tanaman pembersih udara

Ternyata ruangan di rumah kita memiliki jumlah polusi yang lebih berbahaya dibanding dengan udara luar seperti di jalanan, lho. Setidaknya ada tiga senyawa berbahaya yang ada di sekitar kita, di antaranya adalah formaldehida yang berasal dari bau cat, lem, atau pelapis. Lalu ada benzena yang berasal dari plastik, karet, pelumas. Dan thrycholoetyren yang berasal dari cat, lem, serta pembersih permadani. Selain ketiga senyawa tersebut, masih ada asap rokok dan penggunaan AC yang dapat membuat udara menjadi kotor. Itulah mengapa, meletakkan beberapa jenis tanaman pembersih udara sangat penting.

Lantas, kenapa harus memilih tanaman pembersih udara? Pada dasarnya, sebagian besar tanaman dapat menghasilkan oksigen. Hanya saja, jenis tanaman pembersih udara yang disebutkan di atas bukan hanya menghasilkan oksigen, melainkan juga menyerap udara kotor yang ada di sekitar kita. Selain itu, tanaman pembersih udara juga berfungsi seperti air purifier yang alami dan bisa didapatkan dengan harga yang jauh lebih terjangkau.

Jenis Tanaman Pembersih Udara

tanaman pembersih udara

Yuk, cek apa saja tanaman pembersih udara  yang cocok untuk diletakkan di dalam rumah. 

1. Krisan (Chrysanthemum)

Selain cantik, tanaman yang satu ini memiliki kemampuan untuk menyerap amonia, benzena, formalin, dan xylene yang terdapat pada udara yang berada di sekitarnya. Karena Krisan memiliki banyak pilihan warna, kita bisa meletakkan tanaman ini di ruangan manapun, sesuai keinginan. Dijamin, ruangan akan menjadi lebih fresh

2. English Ivy

Lebih dikenal dengan daun ivy, tanaman yang satu ini bisa membuat udara di sekitar kita menjadi lebih segar. Tanaman pembersih udara ini memiliki kemampuan untuk menyerap debu dan bulu halus, cocok untuk orang yang alergi debu. Karena tanaman ini adalah jenis tanaman merambat, sebaiknya kita meletakkannya di tempat yang cukup tinggi agar tidak terlihat berantakan.

3. Palem Kuning

Palem kuning merupakan salah satu tanaman hias yang populer diletakkan di halaman rumah. Namun, kita juga bisa menyimpannya di dalam ruangan sebagai tanaman pembersih udara. Palem kuning mampu menghilangkan formaldehida, benzena, dan karbondioksida yang terkandung di dalam udara. Itulah sebabnya palem kuning sering ditanam di dalam pot dan diletakkan di dalam ruangan.

4. Lili Paris (Spider Plant)

Sama seperti palem kuning, lili paris juga menjadi salah satu jenis tanaman pembersih udara yang tahan banting dan bisa diletakkan di dalam ruangan. Perawatannya juga sangat mudah, dan tanaman jenis ini tidak selalu membutuhkan sinar matahari. Selain menghasilkan oksigen, lili paris mampu menyerap benzena, formalin, karbon, monoksida, dan xylene.

5. Lidah Buaya (Aloe Vera)

Biasanya, kebanyakan orang mengenal tanaman ini karena manfaatnya untuk kesehatan dan kecantikan. Padahal sebenarnya, lidah buaya juga berfungsi sebagai tanaman pembersih udara. Lidah buaya bisa menyerap benzena, formalin, serta bahan kimia lain yang mencemari udara di sekitar kita. Pastikan lidah buaya mendapatkan air 3-4 kali sehari dan berada di area yang ada sinar matahari selama 1-2 minggu, ya

6. Pakis (Boston Fern)

Tanaman yang satu ini sebenarnya berasal dari Amerika, namun ketika dibawa ke Indonesia iklimnya cocok sehingga pakis berhasil tumbuh subur. Pakis tidak begitu tahan dengan suhu panas, jadi kalau ingin menanam tanaman ini, pilihlah tempat yang tidak terpapar cahaya matahari langsung, seperti di dalam ruangan. Pakis mampu menyerap polusi udara dan membuat ruangan menjadi lebih segar.

7. Suplir

Ini adalah tanaman pembersih udara favorit orang-orang, karena kemampuannya untuk menyerap udara kotor dan bentuknya yang cantik sebagai penghias ruangan. Walaupun favorit, suplir ternyata cukup merepotkan. Tanaman ini harus menerima cahaya matahari setiap tiga hari sekali, dan kita harus rutin memotong tangkai-tangkainya yang kering.

Baca juga: 5 Jenis Tanaman Hidroponik Ini Mudah Ditanam di Rumah

8. Aglaonema atau Sri Rejeki

Aglaonema atau Sri Rejeki adalah tanaman yang bagus di tanam untuk membersihkan udara karena memiliki buah kecil yang dapat menghilangkan racun dari pembersih berbahan kimia. Sebuah penelitian menyatakan bahwa kombinasi antara tanaman sri rejeki dan lidah mertua dapat menggantikan peran AC sebagai penyegar ruangan, lho. Selain itu juga dapat menetralkan polusi yang disebabkan oleh asap rokok dan mikroorganisme. Dengan menanam sri rejeki di ruangan, kita juga dapat terhindar dari bakteri dan spora jamur yang merugikan. Tidak hanya di dalam rumah, namun tanaman ini juga bagus di tanam di luar rumah agar lingkungan kita bersih dari polutan. Namun kita patut berhati-hati karena tanaman ini mengandung racun pada getahnya jika terkena kulit akan menyebabkan gatal gatal.

9. Heart Leaf Philodendron

Heart Leaf Philodendron adalah tanaman hias yang bagus untuk pembersihan udara karena dapat menghilangkan formaldehida. Namun, kita harus berhati-hati karena tanaman pembersih udara yang satu ini beracun sehingga harus dijauhkan dari anak-anak atau binatang.

10. Bunga Anthurium

Bunga Anthurium memiliki bentuk yang sangat indah dan cantik untuk dijadikan tanaman hias di dalam rumah. Tanaman ini juga mampu membersihkan udara karena daun gelapnya yang efektif menghilangkan zat amonia, formaldehida, toluena, serta xilena. Tanaman ini juga sangat cocok diletakkan di ruang kerja atau tempat yang dekat dengan printer, mesin fotokopi, atau lem.

Baca juga: 5 Tips Hadapi Pancaroba Supaya Tak Gampang Sakit

Itulah 10 tanaman yang sangat berguna sebagai tanaman pembersih udara. Kita bisa memilih beberapa tanaman yang kita anggap indah untuk membantu membersihkan udara. Ingat, udara kotor yang penuh dengan racun serta polusi adalah salah satu penyebab timbulnya berbagai penyakit. Sebaliknya, udara yang bersih akan membuat kita sehat secara jasmani dan segar secara pikiran. Udara kotor tidak hanya berada di jalanan saja, namun juga berada di ruangan yang bahkan kita pikir itu bersih. Salah satu cara agar udara di sekitar kita bersih ya dengan menanam tanaman pembersih udara. Tanaman ini adalah jenis tanaman yang dapat membersihkan gas dan senyawa berbahaya yang ada di udara sehingga menjadi lebih bersih dan sehat. 

Tanaman pembersih udara banyak dijual di toko bunga jika berminat untuk membelinya. Sedangkan perlengkapan penunjang penampilan fromhead to toe, serta peralatan lain seperti tumbler, totebag, dan lainnya bisa dibeli secara online melalui website Eiger Adventure Official. Cek koleksi terbarunya sekarang juga!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru