HomeTips & TrickRidingTanda atau Isyarat Motor Bikers saat Touring

Tanda atau Isyarat Motor Bikers saat Touring

Pegiat touring motor tentu paham benar apa saja yang wajib diperhatikan untuk mempersiapkan kegiatan touring bersama dengan komunitas. Tak hanya itu, motor bikers ini juga memiliki isyarat yang, well secara umum, diketahui dan dipahami ketika berada di jalan raya.

Isyarat yang dimaksud adalah isyarat tangan atau bagian tubuh untuk berkomunikasi dengan peserta touring yang lain. Memang sekarang terdapat teknologi yang memungkinkan kamu berkomunikasi dengan orang lain melalui intercom. Tapi secara mendasar, tanda yang dibuat dengan gestur tetap wajib dipahami.

Maka untuk mengenalkan beberapa isyarat yang biasa digunakan motor bikers ini, mari kita lihat sedikit penjelasannya di bawah ini.

1. Tanda Belok Kiri atau Kanan

Selain menyalakan lampu sein, tanda yang diberikan adalah menjulurkan tangan lurus ke arah samping kiri, telapak tangan dalam posisi terbuka mengarah ke bawah, dan semua jari mengatup. Tanda ini diberikan oleh pimpinan rombongan.

Untuk belok ke arah kanan, tandanya sedikit berbeda. Pertama, tekuk siku tangan sebelah kiri hingga 90 derajat, lalu kepalkan permukaan tangan dengan mengarah ke langit sebagai tanda. Hal ini disebabkan satu tangan tetap harus memegang bagian gas, agar tidak ada penurunan kecepatan mendadak.

2. Tanda yang Diberikan Motor Bikers untuk Berhenti

motor bikers
Sumber : freepik.com (gambar hanya ilustrasi)

Untuk mengisyaratkan berhenti pada seluruh rombongan, kamu bisa membuat gerakan menekuk lengan sampai 90 derajat, dengan telapak tangan terbuka, dan jari-jari menghadap bawah. Ada juga alternatif lain yang bisa digunakan sebagai tanda berhenti, yakni mengangkat tangan kiri ke atas dan mengepalkan jari-jari.

3. Mempercepat Laju Kendaraan

Selain berhenti dan berbelok, kamu juga wajib paham tanda yang diberikan pemimpin rombongan, atau yang harus kamu berikan, ketika akan memberikan isyarat mempercepat laju kendaraan. Tandanya adalah dengan merentangkan lengan tangan kiri dengan posisi sedikit ke bawah, telapak tangan terbuka ke atas, lalu perlahan ayunkan lengan dengan posisi mengarah ke atas sejajar bahu.

Baca Juga : Daftar Safety Gear yang Wajib Dimiliki Lady Biker

4. Menurunkan Kecepatan Kendaraan

motor bikers
Sumber : freepik.com (gambar hanya ilustrasi)

Untuk menurunkan kecepatan, tanda yang kamu lakukan adalah dengan merentangkan tangan kiri dengan posisi telapak tangan menghadap bawah, ayunkan dari posisi sejajar bahu menuju arah jalan. Dengan kata lain, kebalikan dari isyarat mempercepat laju kendaraan.

5. Penggantian Penanda Jalan

Dalam touring, kamu juga akan mengetahui ada satu peran motor bikers sebagai penanda jalan. Biasanya orang ini berada di bagian paling depan. Tapi tak berarti selamanya demikian, karena bisa saja orang ini merasa lelah dan perlu diganti.

Tanda yang diberikan adalah dengan memposisikan motor dengan bikers yang dianggap bisa mengambil peran tersebut, kemudian membuat tanda atau memberitahukan  motor tersebut agar ke arah depan rombongan. Tandanya bisa sesederhana menunjuk motor dan mengarahkannya ke depan.

6. Memberitahukan Bahaya Di Jalan

motor bikers
Sumber : freepik.com (gambar hanya ilustrasi)

Istilah ini biasa disebut dengan Tanda 2 in 1, yang bertujuan untuk memberitahukan pada rombongan motor bikers bahwa kondisi jalanan cukup berbahaya karena terdapat halangan. Saat bahaya ada di sebelah kiri, maka julurkan lengan dengan jari telunjuk mengarah ke kanan dan kaki merentang ke depan, demikian pula sebaliknya.

7. Tanda Menepi Perlahan untuk Touring

Karena biasanya melibatkan rombongan besar, maka kamu tak bisa menepi seenaknya saja ketika diperlukan. Tanda yang diberikan bisa sangat mudah, yakni dengan menjulurkan lengan kiri sejajar dengan paha, telapak tangan menggenggam, gerakkan naik turun secara perlahan sampai menemukan tempat berhenti. Rombongan akan perlahan menurunkan kecepatan dan bersiap menepi mengikuti motor di depannya.

8. Isyarat Keberadaan Aparat Kepolisian

Dalam aktivitas touring juga tetap harus memperhatikan keberadaan aparat kepolisian. Tak jarang, aparat juga melakukan operasi rutin sebagai agendanya. Maka untuk memberikan tanda pada para motor bikers yang turut dalam rombongan, kamu bisa menepuk bagian atas helm dengan tangan kiri. Ini bisa jadi tanda untuk rombongan bahwa ada aparat di jalan.

9. Berhenti untuk Mengisi Bahan Bakar

Selanjutnya yang tak kalah penting adalah tanda atau isyarat setiap motor bikers untuk melakukan pengisian bahan bakar. Hal ini biasanya dilakukan ketika kondisi tangki bahan bakar mulai kosong, dan menyisakan sedikit BBM saja. Tandanya adalah menunjuk tangki bahan bakar dengan jari tangan kiri.

Baca Juga : Kopdar 101 : Mulai dari Asal Usul, Tujuan, hingga Manfaatnya 

Sebenarnya, isyarat dan kode yang digunakan motor bikers dalam setiap kegiatan touring mungkin bisa saja berbeda. Apa yang disampaikan di atas hanya sebatas memberikan pengetahuan saja, dan merupakan isyarat umum yang banyak digunakan.

Setiap komunitas bikers tentu memiliki nilai dan prinsip, serta kesepakatan berbeda. Tanda ini bisa dimodifikasi dan disesuaikan dengan tujuan penggunaan, sehingga dapat lebih nyaman dipraktekkan.

Tentu saja, dalam berkendara dan touring, motor bikers perlu menggunakan perangkat terbaik yang bisa didapatkan. Eiger Adventure, akan jadi salah satu partner terbaik kamu dalam memilih perangkat berkendara yang berkualitas. Tak hanya itu, kami juga memiliki opsi yang cukup variatif, sehingga membuat kamu bisa melakukan mix and match dengan leluasa. Dapatkan produk terbaiknya di laman produk kami!

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru