HomeTips & TrickGreen & HealthyHindari Tas Plastik, Pakai Tas Belanja Ramah Lingkungan Saja!

Hindari Tas Plastik, Pakai Tas Belanja Ramah Lingkungan Saja!

Pernah belanja di supermarket dan tidak disediakan kantong plastik? Di beberapa wilayah di Indonesia, tas plastik memang sudah tidak diperbolehkan untuk digunakan. Sebagai gantinya, baik pengusaha retail maupun masyarakat harus menggunakan tas belanja ramah lingkungan. Tas belanja ramah lingkungan ini merupakan sebuah kantong atau tas belanja yang terbuat dari bahan-bahan yang bisa didaur ulang.

Penggunaan plastik yang dibatasi ini adalah karena bahan plastik sulit untuk terurai, yang hanya akan berujung pada pencemaran lingkungan. Sedangkan jika menggunakan tas belanja yang berbahan dasar kertas atau bahan yang bisa didaur ulang lainnya, maka proses penguraiannya lebih cepat. Dengan begitu, lingkungan akan tetap lestari.

Kenapa Perlu Memakai Tas Belanja Ramah Lingkungan? 

Melansir laman National Geographic Indonesia edisi Mei 2019, sebuah kajian pada tahun 2015 oleh Jenna Jambeck dari University of Georgia menemukan bahwa sampah plastik dari sungai atau pembuangan sembarangan di daratan terbawa sampai laut dengan tingkat rata-rata sekitar sembilan juta ton setahun. 

Sinar matahari, angin, dan ombak pada akhirnya akan memecah plastik di lautan menjadi kepingan yang nyaris tidak terlihat. Dan sayangnya, mikroplastik itu kemungkinan besar akan disalahpahami ikan sebagai makanan. Sejumlah penelitian sejak tahun 1970-an membuktikannya melalui sebuah temuan mikroplastik di dalam perut ikan dewasa bahkan larva ikan.

Memang belum diketahui secara pasti apa bahaya yang ditimbulkan dari plastik seperti itu. Namun, sejumlah penelitian mengarah pada dugaan berkurangnya nafsu makan dan tingkat pertumbuhan ikan yang kemudian dapat mengurangi populasi mereka. Bahkan, persediaan ikan di seluruh dunia diketahui telah anjlok hingga setengahnya, baik oleh penangkapan berlebihan atau polusi serta perubahan iklim.

Nah, Eigerian mungkin memang tidak bisa melakukan hal-hal besar untuk menangani masalah sampah plastik. Namun bukan berarti Eigerian tidak bisa melakukan apa-apa. Perubahan kecil bisa berdampak besar jika konsisten dilakukan, dan langkah kecil seperti menggunakan tas ramah lingkungan atau reusable bag akan banyak berguna untuk kelestarian bumi. 

Memakai eco bag seperti tas kain, tas jaring-jaring, tas anyaman, hingga tote bag kekinian dari EIGER yang bisa digunakan berkali-kali merupakan pilihan bagus untuk memulai aksi peduli lingkungan. Yuk, ambil aksi mulai dari sekarang!

Baca juga: 5 Tips Decluttering, Lifestyle Zaman Now yang Sangat Bermanfaat

Rekomendasi Tote Bag Terbaik dari EIGER

Menggunakan kantong plastik sudah nggak zaman lagi! Lebih baik menggantinya dengan tas belanja atau tote bag yang ramah lingkungan. Penggunaan tas belanja ramah lingkungan ini akan sangat mendukung untuk pemahaman kepedulian lingkungan. Sebab, jika menggunakan kantong plastik maka pencemaran lingkungan jadi semakin parah. Seperti yang diketahui bahwa kantong plastik tidak mudah diuraikan, sehingga lama kelamaan akan menumpuk di lingkungan sekitar. Di mana hasil penumpukan plastik dapat menyebabkan hancurnya ekosistem suatu lingkungan.

Nah, EIGER punya rekomendasi tote bag dengan berbagai ukuran yang bisa dipilih nih! Cek satu per satu, yuk!

1. EIGER ROADTRIP FOLD TOTE BAG 15L – Rp259.000,-

tas belanja ramah lingkungan

Roadtrip Fold Tote 15 merupakan tas serbaguna yang dapat digunakan sebagai tote bag dan pouch. Tas belanja ramah lingkungan yang satu ini sangat cocok untuk menemani Eigerian bepergian atau berkegiatan harian. Saat digunakan sebagai pouch, tas ini membantu Eigerian menyimpan perlengkapan esensial, tapi jika perlu membawa lebih banyak barang seperti barang belanjaan atau perlengkapan traveling, maka tas ini dapat diperluas dan digunakan sebagai tote bag.

2. EIGER VERSAPACK SACOCHE TOTE – Rp269.000,-

tas belanja ramah lingkungan

Versapack Sacoche Tote juga menjadi salah satu tas belanja ramah lingkungan yang direkomendasikan. Tas ini sangat multifungsi dan adaptif yang dapat menemani Eigerian dalam berkegiatan sehari-hari maupun bepergian. Saat jalan-jalan dan hanya membawa barang esensial, Eigerian bisa menggunakan tas ini sebagai tas selempang. Sebaliknya, saat perlu kapasitas yang lebih besar untuk membawa lebih banyak barang, maka silakan gunakan tas ini sebagai tote bag

Di bagian dalam tas ini, terdapat kompartemen utama, dan di bagian luar terdapat satu saku depan dan dua saku samping. Material luar tas ini juga dilengkapi finishing water repellent yang menawarkan perlindungan sementara dari percikan air atau hujan ringan. Untuk lapisan dalamnya menggunakan bahan polyester daur ulang.

3. EIGER Z WANDERWAY TOTE BAG WOMAN – Rp299.000,-

tas belanja ramah lingkungan

Eigerian juga bisa mengangkut semua barang belanjaan ke dalam tas Z-Wanderway Tote Bag. Tote bag yang satu ini memiliki kompartemen utama yang dilengkapi saku dalam untuk menyimpan dompet atau ponsel. Terdapat pula saku bagian depan untuk menaruh barang-barang kecil dan sering digunakan, dan juga saku bagian samping untuk menaruh botol. Material luar tas ini dilengkapi finishing water repellent sehingga dapat memberikan perlindungan sementara dari percikan air atau hujan ringan. Untuk lapisan dalam tas ini menggunakan bahan polyester daur ulang.

4. EIGER COASTER TOTE PACK R SHOULDER BAG – Rp329.000,-

tas belanja ramah lingkungan

Coaster Tote Pack R merupakan tote bag multifungsi yang cocok digunakan untuk menemani Eigerian saat beraktivitas sehari-hari, termasuk saat belanja. Sebagian besar tas ini terbuat dari material polyester daur ulang Reboyarn sehingga lebih ramah lingkungan. Dilengkapi juga dengan fitur water repellent finish untuk menahan cipratan air ringan. Coaster Tote Pack R ini juga dilengkapi kompartemen utama, saku depan, dan dua saku samping. Tali pegangan yang dapat disesuaikan memudahkan Eigerian untuk membawanya sebagai tote bag maupun backpack.

Baca juga: 6 Cara Paling Praktis Menerapkan Gaya Hidup Zero Waste

Keempat rekomendasi tas belanja ramah lingkungan yang telah diulas di atas, bisa Eigerian dapatkan dengan mudah. Tinggal belanja online di website Eiger Adventure Official saja! Tidak hanya tas, ada berbagai produk original lainnya yang bisa Eigerian temui di eigeradventure.com. Dijamin #PastiMakinAsyik deh kalau pakai produk EIGER!

Newsletter

Mau jadi yang pertama tau update tentang Eiger Adventure? Yuk, sign up ke newsletter kami!

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments