HomeTips & TrickRidingTips Aman Berkendara Motor di Jalan Raya: Antisipasi Bahaya dan Cegah Kecelakaan

Tips Aman Berkendara Motor di Jalan Raya: Antisipasi Bahaya dan Cegah Kecelakaan

Kecelakaan lalu lintas yang melibatkan sepeda motor, merupakan suatu isu serius di Indonesia. Bagaimana tidak, berdasarkan data dari Kepolisian Indonesia dan Kementerian Perhubungan, diketahui bahwa sepeda motor sering kali menjadi kendaraan yang paling banyak terlibat dalam kecelakaan lalu lintas. Itulah mengapa, memahami tips aman berkendara motor di jalan raya sangat penting demi keselamatan diri sendiri, orang lain, serta ketertiban di jalan.

Sepeda motor memang memiliki tingkat kerentanan yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan kendaraan lainnya. Karena tidak ada pelindung seperti pada mobil, pengendara motor jadi lebih rentan cedera serius atau fatal dalam kecelakaan. Dengan memahami dan mempraktikkan tips aman berkendara, maka pengendara bisa mengantisipasi situasi berbahaya di jalan, meningkatkan kewaspadaan terhadap kendaraan lain, hingga meminimalkan risiko terlibat dalam kecelakaan.

Persiapan Sebelum Berkendara Motor di Jalan Raya

tips aman berkendara motor
Sumber: Eiger Adventure

Persiapan sebelum berkendara motor di jalan raya sangatlah penting, terutama untuk memastikan keamanan serta kenyamanan selama dalam perjalanan. Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu Eigerian siapkan sebelum berkendara:

1. Pemeriksaan Kondisi Motor

Sebelum berangkat, periksa tekanan angin dan kondisi tapak ban, lalu astikan tidak ada keausan yang bisa memengaruhi cengkeraman di jalan. Selain itu, cek rem depan dan belakang untuk memastikan responnya baik. Kemudian, pastikan semua lampu (lampu utama, sein, lampu rem) berfungsi, serta klakson bekerja dengan baik.

Eigerian juga perlu memeriksa kondisi rantai motor, lalu pastikan tidak terlalu kendor atau kencang. Pastikan juga level oli motor mencukupi dan tidak ada kebocoran, ya. Terakhir, cek juga apakah bahan bakar cukup untuk perjalanan.

2. Perlengkapan Berkendara

Ingat, mengenakan perlengkapan berkendara yang sesuai adalah bagian penting dari keselamatan. Beberapa perlengkapan yang harus dikenakan adalah helm yang sesuai standar SNI dengan pengait yang kencang untuk melindungi kepala dari cedera. Lalu, jaket tebal atau pelindung tubuh untuk mengurangi cedera jika terjadi kecelakaan, sarung tangan untuk menjaga grip dan melindungi tangan dari gesekan atau benturan.

Selain itu, gunakan sepatu tertutup yang melindungi kaki dan mencegah cedera. Sedangkan kacamata atau visor diperlukan untuk melindungi mata dari debu, angin, atau serpihan di jalan.

3. Persiapan Fisik dan Mental

Berkendara motor juga membutuhkan konsentrasi penuh dan stamina yang baik, lho. Beberapa hal yang perlu dipersiapkan adalah memastikan tubuh dalam kondisi sehat dan tidak sedang mengantuk, sakit, atau lelah.

Kemudian, berkendara dalam kondisi emosi yang stabil juga sangat penting untuk menjaga pengambilan keputusan yang baik selama di jalan. Selain itu, jangan pernah berkendara di bawah pengaruh alkohol atau obat-obatan yang dapat mengganggu konsentrasi.

4. Pahami Rute dan Kondisi Jalan

Sebelum berangkat, pastikan untuk mempelajari rute perjalanan agar tidak bingung di jalan. Untuk urusan ini, Eigerian bisa menggunakan aplikasi navigasi jika perlu. Kemudian, informasi tentang kondisi jalan (misalnya jalan rusak, macet) atau cuaca (misalnya hujan) juga diperlukan. Informasi ini bisa membantu menyiapkan diri dengan lebih baik.

5. Bawa Surat-Surat Kendaraan

Berkendara di jalan raya memerlukan kelengkapan administrasi, jadi pastikan untuk membawa SIM (Surat Izin Mengemudi) yang masih berlaku, STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan) yang sah, dan Kartu Asuransi (jika ada) sebagai antisipasi jika terjadi kecelakaan.

Dengan melakukan persiapan yang matang sebelum berkendara motor di jalan raya, tentunya Eigerian dapat meningkatkan keselamatan dan mengurangi risiko kecelakaan, sehingga perjalanan lebih nyaman dan lancar

Tips Berkendara Aman di Jalan Raya

tips aman berkendara motor
Sumber: Eiger Adventure

Selain menyiapkan beberapa hal penting sebelumnya, berkendara motor di jalan raya juga membutuhkan kehati-hatian dan penerapan sejumlah tips dan aturan keselamatan agar terhindar dari risiko kecelakaan. Berikut ini adalah tips berkendara motor yang aman di jalan raya:

1. Berkendara dengan Fokus dan Waspada

Penting untuk menghindari distraksi seperti menggunakan ponsel atau merokok saat berkendara di jalan raya. Ingat, pastikan untuk selalu memerhatikan rambu-rambu lalu lintas dan marka jalan! Selain itu, penting juga untuk selalu menjaga jarak aman dengan kendaraan di depan dan antisipasi perilaku pengendara lain.

2. Mengendalikan Kecepatan

Sesuaikan kecepatan dengan kondisi jalan dan lalu lintas dan hindari mengebut atau ugal-ugalan. Eigerian harus mengurangi kecepatan saat mendekati persimpangan, tikungan, atau area padat penduduk.

3. Berkendara di Malam Hari

Pastikan lampu kendaraanmu berfungsi dengan baik, ya! Sebaiknya gunakan lampu jauh hanya saat diperlukan dan tidak mengganggu pengendara lain. Berkendaralah lebih pelan dan hati-hati saat malam hari.

4. Berkendara Saat Hujan

Kurangi kecepatan dan jaga jarak lebih jauh ketika berkendara saat hujan. Selain itu, penting untuk menyalakan lampu kendaraan, menghindari genangan air dan jalan yang licin, serta gunakan jas hujan yang sesuai.

5. Menyalip dengan Aman

Pastikan jalur di depan cukup panjang dan aman untuk menyalip, lalu beri tanda sebelum menyalip. Setelah itu, kembali ke jalur semula setelah menyalip dengan aman.

6. Berkendara di Tikungan dan Tanjakan

Kurangi kecepatan sebelum memasuki tikungan dan hindari menyalip di tikungan. Selain itu, penting juga untuk menggunakan gigi rendah saat menanjak.

Baca juga: 10 Tips Berkendara Motor di Jalan Berpasir dan Berkerikil

Antisipasi Bahaya Khusus Saat Berkendara Motor

Ada berbagai bahaya khusus yang harus diantisipasi saat berkendara motor di jalan raya, di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Saat menghadapi jalan berlubang, jalan bergelombang, atau tidak rata, kurangi kecepatan dan pegang stang motor dengan kuat. Lalu, hindari pengereman mendadak di atas permukaan yang buruk. 
  • Saat cuaca hujan, segera kurangi kecepatan dan jaga jarak dengan kendaraan lain karena jalanan menjadi licin. Lalu, hindari rem mendadak karena ban dapat tergelincir. Eigerian juga perlu menggunakan jas hujan yang tidak mengganggu gerakan, dan nyalakan lampu untuk meningkatkan visibilitas. 
  • Pengendara motor seringkali harus berbagi jalan dengan pengemudi yang tidak disiplin atau agresif, seperti mobil yang memotong jalur ataupun motor yang menyalip tanpa peringatan. Tipsnya adalah menjaga jarak aman, menghindari balapan di jalan, dan selalu waspada terhadap kendaraan di sekitar.
  • Truk dan bus memiliki area blind spot yang lebih besar, di mana pengemudi kendaraan besar tidak bisa melihat pengendara motor di sekitarnya. Jadi, sebaiknya hindari berada terlalu dekat dengan bagian samping atau belakang kendaraan besar. Lalu, usahakan supaya Eigerian selalu terlihat oleh pengemudi kendaraan lain, dan jika akan menyalip, lakukan dengan cepat dan aman.
  • Di beberapa daerah, hewan-hewan seperti kucing, anjing, atau bahkan hewan ternak biasanya melintas tiba-tiba di jalan. Untuk menghadapi situasi ini, kurangi kecepatan di area yang rawan hewan melintas dan pastikan Eigerian memiliki ruang untuk menghindar jika diperlukan.

Dengan mengantisipasi bahaya-bahaya khusus dan tetap waspada, sebagai pengendara motor Eigerian dapat mengurangi risiko kecelakaan dan meningkatkan keselamatan di jalan raya.

Baca juga: 11 Tips Melakukan Motor Trail Touring Agar Aman dan Nyaman

Supaya Eigerian lebih aman dan nyaman selama berkendara motor di jalan raya, jangan lupa gunakan riding gear dari EIGER. Yuk, segera miliki koleksi terbarunya dengan berkunjung EIGER Adventure Store (EAS) terdekat atau belanja lewat mobile apps EIGER Adventure. Unduh aplikasinya secara gratis di Play Store untuk pengguna Android dan App Store untuk pengguna iOS secara gratis, lalu pilih produk-produk original EIGER yang tersedia lengkap. Ada banyak promo menarik, serta gratis ongkir ke seluruh wilayah Indonesia yang tak boleh dilewatkan. Cek sekarang!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru