HomeNews & InfoEIGER CareerTips Paling Ampuh Hilangkan Nervous Saat Interview Kerja

Tips Paling Ampuh Hilangkan Nervous Saat Interview Kerja

Melakukan interview saat mencari pekerjaan memang terkesan menakutkan, terlebih bagi kamu yang baru pertama kali melakukan interview. Ada banyak trik yang bisa dilakukan ketika melakukan interview, seperti beberapa tips interview kerja dari Eiger berikut ini:

Cari informasi tentang perusahaan yang kamu lamar

Mencari informasi tentang perusahaan yang dituju emang wajib loh, pasalnya setiap perusahaan hampir selalu menanyakan alasan kamu melamar di perusahaan tersebut saat interview.

Untuk menjawab pertanyaan ini, kamu pasti memerlukan informasi tentang perusahaan tersebut selain dari alasan utama mencari pekerjaan.

Ada banyak platform yang bisa digunakan untuk mencari informasi tersebut, baik melalui berbagai artikel, sosial media, bertanya ke teman, maupun website perusahaan itu sendiri.

Cobalah untuk menenangkan hati dan pikiran

Perasaan gugup karena bertemu orang baru memang wajar, terlebih ketika ingin mendapatkan pekerjaan tertentu di sebuah perusahaan. Namun saat melakukan interview, cobalah untuk bersikap tenang agar perasaan gugup tidak menguasai dan mengacaukan kalimat saat  kegiatan interview berlangsung.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan, seperti menarik nafas dalam-dalam kemudian keluarkan lewat mulut, lakukan kegiatan ini berulang sampai perasaan kamu sedikit tenang.

Jangan lupa untuk tetap tersenyum dan berkonsentrasi pada pertanyaan yang diajukan, jika masih gemetar, bisa mencoba meletakkan tangan di atas paha.

Anggaplah interview seperti mengobrol dengan teman yang baru kamu kenal

Tips interview kerja dari Eiger selanjutnya adalah santai dan sopan. Interview sebenarnya mirip ketika kamu mau berbicara dengan teman yang baru ditemui, tetap jaga sopan santun dan jawab pertanyaan sesuai dengan yang ditanyakan.

Baca juga: Lowongan kerja Product Designer PT Eigerindo MPI

Jawablah pertanyaan interview to the point

Jawablah pertanyaan sesuai dengan apa yang ditanyakan, jangan bertele-tele dan langsung saja menjawab dengan jelas dan ringkas. Tunjukkanlah bahwa kamu layak dan mampu mengambil tanggung jawab pada pekerjaan tersebut.

Baca juga: Tips membuat resume menarik

Jadilah diri sendiri

Dibanding menebak-nebak apa yang diinginkan atau disukai interviewer, sebaiknya kamu menjawab apa yang ditanyakan sesuai dengan apa yang kamu pikirkan. Tetap fokus dan jujur pada apa yang ingin disampaikan, tapi ingat hal ini juga membutuhkan informasi kemampuan dasar pada pekerjaan juga tentang perusahaan yang kamu incar.

Baca juga: Manfaat memutar musik saat bekerja

Itulah beberapa tips interview kerja yang bisa Eigerian terapkan, untuk menghilangkan nervous saat melakukan interview kerja. Jangan lupa untuk berdoa dan berlatih berbicara agar kegiatan interview berjalan dengan lancar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments