HomeTips & TrickMountaineeringTips Melakukan Gerakan Pemanasan Sebelum Mendaki Gunung

Tips Melakukan Gerakan Pemanasan Sebelum Mendaki Gunung

Para pendaki pemula seringkali tidak melakukan persiapan yang maksimal sebelum mendaki gunung. Melakukan gerakan pemanasan sebelum mendaki gunung seringkali diabaikan. Padahal menyiapkan perbekalan dan kondisi fisik merupakan persiapan yang semestinya paling penting. Persiapan yang tergesa-gesa akan membuat pendaki merasa mudah lelah dan bahkan sampai mengalami cedera.

Menyiapkan kondisi fisik sebelum mendaki gunung, tentu saja sangat diperlukan bagi siapapun yang ingin mendaki. Pasalnya, pendakian gunung berarti jarak yang kita tempuh bisa ribuan meter, dengan jalanan yang terjal dan menanjak. Ada beberapa olahraga ringan atau gerakan pemanasan untuk melatih fisik yang bisa kita lakukan secara rutin sebagai persiapan sebelum mendaki gunung. Sehingga perjalanan kita menuju ke puncak bisa terasa lebih ringan. Apa saja gerakan pemanasan tersebut? 

5 Gerakan Pemanasan Sebelum Mendaki Gunung

gerakan pemanasan

Dilansir dari laman hellosehat, berikut ini ada lima latihan dan gerakan pemanasan yang perlu dilakukan sebelum mendaki gunung. Yuk, simak! 

1. Squat satu kaki

Taruh lengan kiri di dinding dengan bertumpu pada kaki kiri untuk keseimbangan. Kemudian, tekuk kaki kanan ke belakang dan pertahankan postur tegak sambil menurunkan tubuh ke lantai secara perlahan dengan menekuk lutut kiri. Awasi kaki kiri, jangan sampai lutut maju melebihi jari-jari kaki. Tahan, lalu perlahan-lahan berdiri kembali dan ulangi dengan kaki yang berlawanan. 

2. Step-up/step down

Letakkan kaki kiri pada tangga atau undakan dengan tinggi 20-30 cm. Selanjutnya, langkahkan kaki kanan hingga sejajar dengan kaki kiri, lalu turunkan kaki kiri dan kemudian diikuti dengan kaki kanan. Jika hal ini terlalu mudah, lakukanlah dengan memegang dumbell di samping tubuh.

3. Mengangkat bahu

Peganglah dumbell di samping tubuh dan berdiri tegak selebar bahu. Tanpa menggerakkan lengan, angkat bahu ke arah telinga dan tahan, lalu turunkan perlahan-lahan.

4. Ekstensi punggung

Posisikan diri berbaring telungkup dengan lengan dilipat dan tangan di bawah dagu. Jaga kaki dan pinggul di lantai, angkat dagu serta dada sekitar 8 cm hingga 12 cm dan tahan, lalu secara perlahan kembali lagi ke bawah.

5. Peregangan figure-4

Duduklah di lantai sambil memanjangkan kaki kanan ke depan. Tekuk lutut kiri, dan istirahatkan telapak kaki kiri pada paha kanan. Bersandarlah ke depan hingga tangan mencapai pergelangan kaki kanan, dan jaga punggung tetap lurus untuk meregangkan kaki serta punggung. Tahan selama 30 detik, kemudian berganti sisi. Lakukan sebanyak 1-3 kali peregangan pada setiap sisi.

7 Hal yang Perlu Disiapkan Sebelum Mendaki Gunung

gerakan pemanasan

Berikut ini adalah tujuh perlengkapan mendaki gunung yang perlu diperhatikan dan dibawa untuk melakukan pendakian yang aman dan nyaman.

1. Tas carrier sesuai kebutuhan

Tas carrier merupakan perlengkapan utama untuk mendaki gunung. Fungsinya adalah untuk menyimpan perbekalan selama pendakian. Oleh karena itu, pilihlah tas carrier yang sesuai dengan kebutuhan yang dilengkapi dengan rain cover dan fitur penting lainnya. Kemudian, pilihlah tas carrier yang sesuai dengan postur tubuh. Hal ini penting untuk menghindari rasa sakit saat digunakan yang dapat membuat kita tidak nyaman atau bahkan cedera.

2. Baju hangat dan pelindung tubuh

Perlengkapan mendaki gunung berikutnya adalah pelindung tubuh berupa jaket atau baju hangat untuk melindungi tubuh dari udara dingin, hipotermia, atau terik matahari saat pendakian. Ketika kita mendaki saat cuaca hujan, jangan lupa membawa jas hujan yang nyaman. Pelindung tubuh lainnya yang tidak kalah penting adalah topi, kacamata, serta sarung tangan yang nyaman.

3. Alas kaki yang nyaman

Untuk melindungi kaki saat mendaki, kita harus menggunakan alas kaki yang nyaman dan kuat. Pilihlah sepatu dan sandal gunung yang sesuai ukuran agar tidak mengalami masalah saat mendaki. Sepatu gunung bisa kita gunakan ketika sedang mendaki, sedangkan sandal gunung bisa digunakan saat berada di pos pendakian atau di tempat tujuan untuk beristirahat. Jika perlu, bersihkan dan keringkan sepatu di tempat yang teduh agar nyaman digunakan kembali. Hindari menjemur sepatu di bawah sinar matahari langsung karena akan merusak lapisan yang ada. 

4. Matras dan tenda

Saat melakukan pendakian, tentunya kita memerlukan waktu dan tempat untuk beristirahat sejenak untuk melepas lelah dan penat. Agar lebih nyaman, kita perlu membawa perlengkapan naik gunung seperti matras untuk tidur atau makan. Fungsinya adalah untuk menghalangi hawa dingin yang ada di tanah maupun benda lainnya. Untuk perlengkapan tidur, kita juga perlu membawa sleeping bag. Kemudian, kita perlu membawa tenda yang disesuaikan dengan kebutuhan. Pastikan ukurannya tidak terlalu besar agar tidak terlalu berat saat dibawa.

5. Obat-obatan umum dan pribadi

Obat-obatan umum dan pribadi sangat penting dibawa sebagai antisipasi seperti obat merah, vitamin, dan lainnya.

6. Smartwatch

Jam tangan juga termasuk dalam daftar perlengkapan outdoor yang wajib dibawa saat mendaki gunung. Tidak hanya sekadar untuk melihat waktu saja, kini jam tangan dengan fitur pintar atau smartwatch juga memiliki banyak kelebihan. Mulai dari memantau detak jantung, untuk musik, GPS, dan lain sebagainya. Bahkan, kita tidak perlu khawatir kehabisan baterai saat mendaki. Sebab, smartwatch memiliki daya baterai yang umumnya tahan lama.

7. Perlengkapan pendukung

Selain perlengkapan mendaki gunung yang telah disebutkan di atas, kita juga perlu membawa perlengkapan pendukung lainnya. Ini dilakukan jika sewaktu-waktu dibutuhkan untuk keperluan yang mendesak. Misalnya pisau lipat yang multifungsi untuk memotong dahan dan ranting atau memasak, hingga sebagai perlindungan diri dari ancaman hewan liar. Begitu pula dengan korek api yang berfungsi untuk membuat api unggun. Perlengkapan lainnya yang tidak kalah penting adalah powerbank, senter, peralatan GPS terbaik untuk memantau lokasi, botol air minum, serta kompor khusus.

Nah, itulah tips gerakan pemanasan dan peralatan yang perlu disiapkan sebelum mendaki gunung. Kalau perlengkapan mountaineering yang Eigerian miliki belum lengkap, sebaiknya pilih hanya produk berkualitas di toko terpercaya seperti Eiger Adventure. Eiger Adventure menyediakan segala macam perlengkapan outdoor yang lengkap dengan harga bervariasi. Yuk, cek koleksi lengkap Eiger dan tentukan pilihan!

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru