HomeTips & TrickGreen & HealthyTips Membaca Buku Efektif dan Cepat untuk Dicoba

Tips Membaca Buku Efektif dan Cepat untuk Dicoba

Membaca buku menjadi satu aktivitas produktif yang bisa dilakukan dimana saja. Selain membantu kamu dalam menghabiskan waktu, membaca juga memberikan banyak sekali manfaat untuk otak dan pengetahuan. Maka dari itu, sudah sewajarnya kamu tahu tips membaca buku agar cepat dan efektif, sehingga semakin banyak buku yang bisa kamu baca.

Sebenarnya membaca cepat dan efektif adalah sebuah kebiasaan yang harus dibangun. Ketika kamu sudah memiliki kebiasaan ini, satu buku bisa diselesaikan dalam hitungan hari saja. Hal ini akan meningkatkan jumlah buku yang bisa dibaca, sehingga pengetahuan dan manfaat yang kamu dapatkan makin banyak.

Nah, agar lebih efektif berikut beberapa tips membaca buku yang bisa kamu terapkan.

1. Memiliki Target yang Jelas

Kegiatan membaca buku di waktu luang memang menyenangkan. Namun akan lebih baik jika kamu memiliki target penyelesaian buku tersebut. Target ini akan membantu kamu membaca lebih sering, sehingga buku dapat diselesaikan sesuai dengan target awal.

Tidak perlu menyusun target yang terlalu tinggi. Misalnya, targetkan dalam satu minggu menyelesaikan satu buku. Jika bisa selesai sebelum tenggat waktu tersebut, maka kamu bisa mengetahui kemampuan membaca yang kamu miliki sudah meningkat.

2. Lihat Preview-nya dan Dapatkan Poin Utama

tips membaca buku
Sumber : freepik.como (gambar hanya ilustrasi)

Membaca preview buku sama dengan melihat trailer film atau serial. Di sana kamu bisa mendapatkan inti atau garis besar dari isi buku tersebut, sehingga memudahkan kamu dalam membaca dan menyerap informasi yang ada di dalamnya.

Jangan ragu untuk mencari review secara online, atau membaca bagian belakang buku yang biasanya berisi kisi-kisi isi buku yang akan kamu baca. Dengan begini, kamu akan memiliki takaran mana informasi yang kira-kira masih terkait erat dengan benang merah isi buku, dan mana informasi yang bersifat tambahan.

Baca Juga : Daftar Buku Best Seller yang Cocok Dibaca Saat Grounding di Alam

3. Menandai Kalimat, Kata, atau Bab, dengan Highlighter

Saat membaca buku, biasanya seorang tidak akan menyelesaikannya dalam satu sesi saja. Agar tidak terlewat pada bagian terakhir yang dibaca, kamu bisa memberikan highlighter pada kata, bab, atau kalimat terakhir yang kamu sudah baca.

Selain digunakan sebagai penanda kalimat terakhir yang kamu baca, alat ini juga bisa membantu kami mengingat bagian-bagian penting atau menarik dari buku tersebut. Hanya saja, pastikan produk yang kamu gunakan ramah kertas, sehingga tidak merusak buku yang sedang kamu baca ini.

4, Postur Membaca yang Benar

tips membaca buku
Sumber : freepik.como (gambar hanya ilustrasi)

Tidak terasa pada jangka pendek memang, tapi postur membaca yang benar dan ideal bisa membantu kamu membaca dalam waktu yang lama, tanpa harus merasa terlalu pegal di area leher dan punggung. Jadi, buku yang kamu baca bisa selesai tepat waktu.

Postur membaca yang baik juga memperhatikan jarak baca antara mata dengan buku. Hal ini sangat membantu agar mata bisa bergerak lebih leluasa, sehingga tidak mudah lelah atau mengalami kejenuhan.

5. Perbendaharaan Kosakata yang Dimiliki

Semakin banyak perbendaharaan kosakata yang kamu miliki maka semakin cepat pula buku tersebut kamu baca. Ketika kosakata yang dimiliki sedikit, kamu secara otomatis akan membaca huruf yang ada pada kata untuk menjadi kalimat. Ini akan memakan waktu baca yang relatif lebih lama.

Namun lain halnya jika kamu memiliki perbendaharaan kata yang luas. Mata akan secara otomatis melakukan pemindaian pada kata yang ada di hadapannya, lalu mengenali kata apa dari susunan huruf yang ada. Jadi, waktu baca akan semakin efektif karena kata bisa dikenali tanpa harus melakukan pencernaan huruf per huruf.

6. Bacaan Sesuai Selera Kamu

tips membaca buku
Sumber : freepik.como (gambar hanya ilustrasi)

Bacaan apa yang kira-kira akan paling cepat diselesaikan? Jawabannya adalah  bacaan yang memiliki topik sesuai dengan selera kamu. Membaca buku dengan topik yang disukai cenderung akan mempercepat waktu penyelesaian, karena kamu antusias dalam membacanya.

Tanpa disadari, topik atau jenis buku yang disukai akan memberikan stimulus pada otak untuk meningkatkan kerja dan aktivitasnya. Hasilnya, pencernaan kata yang dilakukan bisa semakin efektif dan informasi yang didapatkan bisa lekas diserap dalam waktu singkat.

7. Tips Membaca Cepat : Niat

Terdengar sangat klasik memang, tapi tanpa niat yang kuat, kamu tidak akan bisa membaca dengan cepat atau efektif. Awali dengan niat membaca dan menyelesaikan buku yang kamu hadapi, kamu akan terkejut betapa lama waktu membaca yang kami habiskan dalam satu sesi saja.

Hal ini sebenarnya terbilang sangat subjektif, mengingat niat dan daya tahan membaca seseorang akan berbeda dengan orang lain. Namun setidaknya dengan niat yang kuat, kamu bisa lebih fokus pada bacaan dan tidak tergoda dengan aktivitas lainnya.

8. Memasang Marker

Cara efektif membaca buku berikutnya adalah memasang marker atau penanda. Marker memang menjadi hal penting bagi setiap pembaca, karena bisa dibantu mengetahui sudah membaca sampai halaman mana. Tanpa perlu mengingatnya dan mudah terlupa, dan kemudian harus mengulang dari awal lagi.

Marker atau penanda buku kini bahkan menjadi salah satu perangkat atau alat bantu membaca yang mudah didapatkan di pasaran. Beberapa bahkan membuat desain yang menarik dan tidak lagi menggunakan material kertas biasa. Sehingga bisa meningkatkan pengalaman membaca menjadi lebih seru dan menyenangkan.

Memberi marker pada buku idealnya memang tidak dengan cara dilipat atau menindih dengan pulpen dan benda tebal lainnya. Sebab cara-cara ini akan merusak buku tersebut. Oleh sebab itu perlu menggunakan marker khusus, dan jika ingin hemat bisa menggunakan potongan kertas.

Baca Juga : Apa itu Self Healing dan Bagaimana Cara Tepat Melakukannya 

Tips membaca buku di atas semoga bisa jadi informasi yang berguna untuk kamu. Tentu, tips ini bisa diterapkan secara rutin, agar kamu juga memiliki kemampuan membaca yang terus meningkat. Semangat hidup produktif menjadi salah satu yang terkandung dalam setiap produk di website Eiger Adventure Official. Dengan nilai utama yang sama, mari terus budayakan membaca dan gunakan produk terbaik dari Eiger Adventure!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru