HomeTips & TrickLifestylePahami Tips Memilih Jas Hujan, Agar Tak Salah Beli!

Pahami Tips Memilih Jas Hujan, Agar Tak Salah Beli!

Selain jaket, salah satu perlengkapan yang tidak boleh lupa dibawa ketika akan mendaki gunung adalah jas hujan. Jas hujan terbaik akan melindungi kamu jika hujan tiba-tiba turun saat sedang mendaki. Jas hujan atau yang kadang disebut pula dengan nama raincoat adalah sebuah pakaian pelindung yang secara khusus diperuntukkan dalam kondisi hujan. Ada banyak produk jas hujan yang bisa kamu temukan dengan mudah di pasaran, dan jenisnya pun beragam. Tapi sebelum kamu membeli jas hujan untuk mendaki, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan terlebih dahulu. Simak artikel ini sampai habis, ya!

Jas Hujan Terbaik

Manfaat Penggunaan Jas Hujan saat Naik Gunung

jas hujan terbaik

Jika dilihat dari fungsinya, jas hujan memiliki kegunaan sebagai perlindungan bagi tubuh saat hujan. Namun jika dikaitkan lagi dengan bentuk dan kebiasaannya saat digunakan, jas hujan juga memiliki fungsi yang lebih kaya. Jas hujan berbentuk poncho misalnya, selain digunakan para pendaki untuk melindungi tubuh mereka selama perjalanan ketika hujan turun, juga dapat digunakan sebagai shelter darurat. Lebar jas hujan poncho yang cukup luas membuatnya cukup nyaman untuk digunakan sebagai pengganti tenda untuk sementara waktu.

Secara sederhana, jas hujan dapat digambarkan sebagai sebuah pakaian perlindungan dari hujan ketika aktivitas tetap harus berjalan. Jadi, dalam kondisi mengendarai sepeda motor ataupun sedang mendaki gunung, lantas kemudian hujan turun, itu adalah gambaran fungsi sempurna dari jas hujan. Dengan jas hujan terbaik, kamu akan tetap bisa berkendara dan mendaki gunung tanpa harus khawatir akan basah kuyup karena kehujanan.

Mengenal Material Jas Hujan

jas hujan terbaik
sumber: freepik

Material yang digunakan oleh jas hujan tersebut menjadi hal wajib yang harus diperhatikan. Jika kamu dalam kondisi darurat, maka material plastik tentu tidak menjadi masalah. Namun jika kamu mencari jas hujan yang awet dan untuk pemakaian jangka panjang, maka kamu harus lebih selektif lagi. Untuk kepentingan bermotor, kamu mungkin bisa memilih bahan yang lebih independen seperti PVC, rubber, parasut, nilon, atau lainnya. Akan tetapi, jika kamu menggunakan jas hujan juga untuk perlindungan saat mendaki, maka kamu tentu membutuhkan jas hujan yang lebih dari sekedar fleksibel. Namun juga jas hujan yang sangat kuat dan tangguh.

Ada beberapa bahan yang dikenal sangat tahan air dan memiliki permeabilitas yang baik, seperti Gore-Tex. Gore-Tex adalah bahan yang anti air dan memiliki permeabilitas yang tinggi. Terdapat beberapa tipe bahan ini, yaitu terdiri dari 2 lapis, 2.5 lapis, dan 3 lapis. Tipe 3 lapis mempunyai kemampuan anti air terbaik, serta permukaan kain yang bagus. Saat ini, nilai daya tahan airnya bahkan telah mencapai 45.000 mm. Sedangkan laju transmisi uap airnya hingga 13.000 g/m2/24 jam.

Selain itu, ada juga material kain terbaru dari Gore-Tex yaitu C-KNIT yang memiliki daya kerenggangan kain yang lebih baik. Bahan ini juga lebih breathable dan nyaman ketika digunakan. Pada dasarnya, bahan Gore-Tex ini memang dikenal memiliki kualitas yang sangat baik. Namun, harganya relatif lebih mahal. Jika kamu termasuk baru dalam kegiatan mendaki gunung, sebenarnya kamu tidak perlu langsung memilih produk ini. Kamu bisa mempertimbangkan untuk membeli produk ini setelah nanti terbiasa dan menginginkan produk dengan kualitas yang lebih baik.

Tips Memilih Jas Hujan untuk Naik Gunung

jas hujan terbaik

Ketika memilih jas hujan terbaik untuk mendaki gunung, ada beberapa poin yang perlu diperhatikan. 

  1. Tips pertama, pilihlah jas hujan berjenis setelan yang terdiri dari dua bagian yaitu jaket dan celana panjang jika kamu ingin lebih leluasa bergerak ketika sedang mendaki.
  2. Jas hujan yang kamu pakai saat mendaki gunung berfungsi untuk menjaga tubuh agar tidak basah. Oleh karena itu, pastikan bahwa jas hujan yang kamu beli terbuat dari bahan yang anti air dan mudah kering.
  3. Pilihlah jas hujan dengan bahan yang nilai daya ketahanan terhadap airnya sebesar 20.000 mm. Tujuannya adalah untuk mengantisipasi terjadinya hujan lebat dan badai berangin kencang yang mungkin terjadi ketika sedang mendaki gunung. 
  4. Tips selanjutnya, sebaiknya kamu memilih jas hujan yang permeabilitasnya tinggi. Sehingga jas hujan tersebut akan mudah kering kembali setelah terkena air.
  5. Pilihlah jas hujan dengan ventilasi di sisi kiri dan kanannya, tepatnya di bawah ketiak memanjang sampai ujung bawah. Fitur ventilasi ini biasanya menggunakan resleting sebagai alat penguncinya.
  6. Pilihlah jas hujan dengan ukuran sedikit lebih besar dari ukuran tubuh, yang bahannya dapat diregangkan atau stretch. Bahan ini akan membuat kamu lebih leluasa bergerak, khususnya di bagian lutut dan siku.
  7. Agar lebih praktis, sebaiknya kamu memilih jas hujan yang bisa dilipat atau digulung kecil sehingga tidak menghabiskan banyak ruang di dalam tas.

Ada banyak produk jas hujan terbaik yang recommended, seperti Eiger. Todomodo Poncho Bivouac Eiger, adalah jas hujan jenis poncho yang cocok digunakan untuk kegiatan hiking dan trekking. Kalau kamu cari jas hujan terbaik dengan harga miring, kamu bisa pilih Coghlans Emergency Poncho Clear Rainwear yang ringan, dapat digunakan kembali, serta tahan angin dan tahan air. Informasi seputar produk Eiger selengkapnya, kamu bisa cek di website Eiger Adventure sekarang. Ada banyak promo menarik, lho!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru