HomeTips & TrickRidingPerhatikan 3 Hal Ini, Saat Memilih Sepatu Touring

Perhatikan 3 Hal Ini, Saat Memilih Sepatu Touring

Kalau Eigerian gemar melakukan riding, pastinya sudah tahu perlengkapan apa saja yang harus digunakan bukan? Tidak hanya helm, sarung tangan dan jaket, tapi juga sepatu touring. Ternyata, memilih sepatu touring tidak boleh sembarangan, supaya kita bisa nyaman dan aman selama melintasi jalanan dengan sepeda motor kesayangan. 

Kenapa memilih sepatu touring menjadi sangat penting? Pada saat kita berkendara, ada beberapa bagian tubuh yang aktif bergerak meskipun postur tubuh tetap diam. Anggota tubuh itu adalah kaki dan tangan. Sarung tangan digunakan untuk melindungi tangan dan jarang ada sarung tangan yang membatasi gerak tangan. Sedangkan untuk sepatu, banyak sepatu yang tidak cocok dengan postur tubuh saat riding. Banyak pertimbangan yang harus kita perhatikan ketika ingin memilih sepatu yang tepat. 

Nah, di bawah ini ada beberapa hal penting yang wajib diperhatikan untuk memilih sepatu yang tepat untuk riding. Mau tahu apa saja?

1. Sirkulasi Udara

Bagi sebagian orang, sirkulasi udara mungkin terdengar sangat sepele. Namun nyatanya, sirkulasi udara dalam sebuah sepatu akan sangat mempengaruhi kenyamanan dan keamanan berkendara. Katakanlah, sebuah sepatu memiliki sirkulasi udara yang minim, maka kaki kita akan cepat terasa panas. Dan kondisi ini akan menyebabkan kita merasa cepat lelah saat berkendara jarak jauh. Sebaliknya, saat sirkulasi udara terlalu terbuka lebar, maka saat hujan atau banjir, sepatu akan kebocoran air. Dan kita semua tahu kan, kalau sepatu yang basah saat digunakan pasti terasa tidak nyaman.

2. Fleksibilitas

sepatu touring

Selain masalah sirkulasi udara, kita juga harus memperhatikan masalah fleksibilitas sebuah sepatu. Sepatu yang kaku akan membuat pergelangan kaki kita mudah lecet dan pegal. Banyak sepatu touring yang menawarkan fitur untuk melindungi kaki dan pergelangan kaki dengan menggunakan bahan-bahan kaku yang tentunya tidak nyaman digunakan. Perlindungan di bagian-bagian tertentu itu memang penting, seperti di punggung kaki untuk memindahkan transmisi motor. Namun selebihnya, cari sepatu touring yang fleksibel untuk memudahkan pergerakan kaki saat berada di atas motor.

3. Material Sepatu

Ada beberapa bahan yang digunakan untuk sepatu touring. Secara garis besar, ada bahan karet dan bahan kulit, di mana bahan karet ini lebih lazim dan berfungsi maksimal saat digunakan untuk lahan basah, atau ketika hujan dan banjir. Pasalnya, bahan karet cenderung tidak memiliki pori-pori yang bisa ditembus oleh air ketika berada di situasi tersebut. Sementara itu, bahan kulit rentan terekspos oleh air dan kelembaban karena akan merusak bahan. Sepatu dengan bahan kulit sebaiknya digunakan saat kering. Dijamin, Eigerian akan terlihat 100% lebih gagah saat menggunakan sepatu touring berbahan kulit di jalan yang panas. 

Rekomendasi Sepatu Touring Terbaik

sepatu touring

Eiger punya beberapa pilihan sepatu touring dengan harga yang variatif. Perkara kualitas, tentu tidak perlu diragukan lagi. Yuk, intip apa saja fitur yang dimiliki sepatu touring Eiger! 

1. Vulcan

Vulcan adalah mid cut boots yang dirancang khusus untuk penggunaan harian bagi pengendara moto. Bagian vamp pada sepatu ini dibuat lebih tebal sebagai shifter point, yang berfungsi untuk melindungi permukaan sepatu saat berkendara, khususnya akibat terkena gesekan tuas persneling motor. Insole Ortholite berguna untuk mempercepat pengeringan dan sebagai bantalan untuk menjaga kaki tetap nyaman saat berjalan. Sepatu ini juga memiliki sol berbahan karet untuk cengkraman yang lebih baik di medan berbatu, tanah, dan berlumpur.

2. Eiger Gaea 1.0 Shoes

Gaea 1.0 adalah sepatu high cut sneaker boots yang dirancang khusus untuk penggunaan harian bagi pengendara roda dua. Sepatu ini juga dilengkapi dengan shifter pad berbahan karet yang berfungsi untuk melindungi permukaan sepatu saat berkendara. Fitur lainnya adalah Insole Ortholite berguna untuk memberikan bantalan, breathable, dan ringan untuk menjaga kaki tetap nyaman saat digunakan.

3. Hades mid-cut boots

Dirancang untuk penggunaan short-mid adventure touring, sepatu ini memiliki bagian upper yang terbuat dari material microfiber. Sepatu ini juga dilengkapi dengan shifter pad berbahan karet yang memungkinkan kita untuk mengoper perseneling dengan responsif, serta melindungi permukaan sepatu saat berkendara. Dilengkapi juga dengan Atop MOZ sebagai sistem penyesuaian tali sepatu menggunakan reel knob dengan pengoperasian satu tangan.  Insole Ortholite pada sepatu ini memberikan bantalan, breathable, dan ringan untuk menjaga kaki tetap nyaman. Outsole sepatu ini berbahan  rubber  dengan kepadatan komponen yang sesuai dengan kenyamanan berkendara dan kondisi lingkungan ketika touring.

Setelah membaca tips dan rekomendasi di atas, Eigerian tidak perlu ambil pusing akan kebutuhan sepatu touring seperti apa yang sebenarnya harus dimiliki untuk riding. Eigerian bisa memilih berdasarkan kebutuhan dan situasi seperti apa yang akan dihadapi ketika touring berlangsung. Setelah fiturnya sesuai, tinggal menyesuaikan dengan kocek dan preferensi tampilan sepatu touring yang Eigerian idamkan, deh!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru