HomeTips & TrickMountaineeringTips Memilih Tenda Dome Terbaik, Kuat di Segala Kondisi!

Tips Memilih Tenda Dome Terbaik, Kuat di Segala Kondisi!

Mungkin Eigerian banyak bertanya-tanya bagaimana Tips Memilih Tenda Dome yang wajib disiapkan saat hendak naik gunung. Tenda merupakan tempat tinggal sementara selama berkegiatan di alam bebas.

Saat ini, tenda dome paling banyak diminati karena kapasitas-nya yang bisa menampung hingga 4-5 orang. Tenda jenis ini memiliki banyak variasi yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Eiger adalah merek yang menjual tenda dome berbagai kapasitas dengan perbedaan daya tahan dan tingkat waterproofing-nya. Simak selengkapnya di pembahasan berikut ini.

Tips Memilih Tenda Dome

Memilih Tenda Dome

tenda dome

Ada pepatah yang mengatakan ada harga maka ada kualitas yang sering dijadikan sebagai patokan saat hendak membeli sebuah barang, termasuk di antaranya tenda. Memilih tenda yang baik adalah sebuah keseimbangan antara harga dan juga spesifikasi yang ditawarkan. Kamu bisa mengikuti beberapa tips dalam memilih dan membelinya.

1. Ukuran dan berat tenda

Ukuran yang mencakup panjang, lebar, dan tinggi tenda harus disesuaikan dengan kebiasaan jumlah barang yang dibawa dan bagaimana gerakan kamu saat berada di dalam tenda. Semakin kamu memerlukan ruang yang luas, maka ukuran tenda yang kamu perlukan akan semakin besar. Jumlah kapasitas penghuni tenda juga akan sangat mempengaruhi ukuran tenda. Biasanya, ukuran akan berbanding lurus dengan berat tenda. Namun sekarang sudah banyak pilihan tenda yang menggunakan frame dan pasak berbahan aluminium, sehingga akan lebih kuat dan ringan.

2. Lapisan tenda

Ada 2 jenis tenda berdasarkan lapisan tenda, yaitu single layer atau single wall dan double wall (inner + flysheet). Jenis tenda single layer atau single wall cocok untuk digunakan di daerah pantai atau daerah dengan suhu yang tidak terlalu dingin. Namun tidak direkomendasikan ketika musim hujan. Walaupun lapisannya anti air, namun tetap bisa terjadi pengembunan di dalam tenda yang mengakibatkan hujan lokal di dalam tenda. Sedangkan tenda double wall cocok untuk menghadapi hujan dan cuaca buruk. Lapisan luar akan menghalangi hujan dan menjadi tempat pengembunan, sehingga lapisan dalam aman dari pengembunan. Namun tetap masih berpeluang terkena tetesan air. Jadi, diperlukan pemasangan flysheet yang kencang untuk menghindari tetesan air tersebut.

3. Frame dan pasak

Frame diibaratkan sebagai tulang belulang tenda. Semakin kuat tulang tersebut, maka akan semakin kokoh tenda dapat berdiri. Bahan yang paling sering ditemukan adalah fiber hitam dan berat dalam berbagai pilihan ketebalan. Pada tenda lainnya, ada yang sudah menggunakan frame aluminium yang lebih ringan dan kuat, namun harganya juga relatif lebih mahal. Kemudian, pasak tenda digunakan untuk menjaga tenda agar tidak terbang tertiup angin saat tenda menghadapi angin kencang. Pasak tenda ini biasanya terbuat dari besi berat yang mudah berkarat serta mudah untuk bengkok saat penggunaan. Kamu bisa memilih pasak dari bahan alumunium yang memiliki bobot ringan, serta bentuk yang mudah untuk diikatkan pada tali pancang.

Pilihlah tenda dengan frame yang paling sesuai dengan budget, karena tenda dengan harga murah masih belum mengedepankan fitur bobot sebagai nilai jual. Bagaimanapun, faktor berat masih sering dijadikan sebagai kambing hitam ketika para pendaki baru 10 menit berjalan sudah merasa kelelahan.

4. Interior dan warna tenda

Interior tenda juga perlu dimasukkan dalam kriteria saat memilih tenda dome. Tenda dengan bagian dalam yang memiliki banyak saku dan gantungan patut dijadikan pilihan, karena saku pada bagian samping tenda akan sangat berguna untuk menempatkan beragam benda kecil yang sering dibutuhkan seperti senter atau pisau lipat. Sementara gantungan pada bagian atas tenda bisa digunakan untuk menempatkan lampu yang akan menerangi tenda.

Setelah interior, warna tenda juga perlu diperhatikan. Selain memilih karena warna favorit, faktor keselamatan juga sangat dianjurkan dalam kriteria yang satu ini. Pilihlah tenda dome dengan warna cerah atau warna yang tidak selaras dengan alam seperti kuning, orange, atau warna cerah lainnya. Tujuannya adalah agar tenda lebih mudah terlihat dari jarak jauh.

Kelebihan dan Kekurangan Tenda Dome

tenda dome

Struktur desain utama tenda dome adalah berbentuk persegi dengan rangka yang bersilang. Tenda double layer jenis ini sangat praktis dan mudah untuk didirikan. Keunggulan dari tenda jenis ini adalah praktis, sederhana, mudah dibongkar-pasang, dan ringan dibawa. Namun, ada kelebihan tentu saja ada kekurangan. Kekurangan tenda model kubah ini adalah kurang tangguh jika didirikan di medan dengan gempuran cuaca berat semacam angin kencang, guguran salju, dan lainnya.

Sebenarnya ada banyak merek yang cukup populer untuk tenda jenis dome ini. Untuk brand lokal, yang sangat difavoritkan di Indonesia adalah tenda camping Eiger. Kamu bisa pilih tenda yang paling sesuai dengan kebutuhan dan budget. Selain tenda, Eiger Adventure juga akan memenuhi segala macam kebutuhanmu untuk mendaki gunung. Yuk, kunjungi website-nya sekarang dan temukan barang-barang impianmu di sana!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru