HomeTips & TrickMountaineeringIni 7 Tips Memilih Trekking Pole Paling Pas untuk Kamu

Ini 7 Tips Memilih Trekking Pole Paling Pas untuk Kamu

Kegiatan pendakian dan trekking memerlukan persiapan yang tidak sedikit. Disamping fisik, kamu juga wajib menyiapkan semua produk dan peralatan pendakian yang diperlukan, dan dapat menunjang kegiatan. Trekking pole jadi salah satu alat yang bisa sangat membantu. Tentu saja, akan disajikan sederet tips memilih trekking pole untuk kamu yang mungkin baru pertama kali menggunakan alat ini.

Tapi apa itu trekking pole dan bagaimana perannya dalam pendakian?

Trekking pole merupakan satu tongkat pendakian yang digunakan untuk membantu distribusi beban. Artinya, ketika menggunakan tongkat ini, beban yang dibawa oleh tubuh akan terbagi ke empat titik berbeda. Dua di kaki, dan dua titik lain di bagian trekking pole yang digunakan.

Ini akan membantu tubuh memiliki daya tahan yang lebih baik dan tidak mudah lelah. Ini mengapa penggunaan tongkat pendakian disarankan di setiap kegiatan pendakian. Nah, untuk tips memilih trekking pole yang tepat, kamu bisa lihat di bawah ini.

1. Pegangan Trekking Pole, I-Shape atau T-Shape

Terdapat dua jenis pegangan yang ada untuk trekking pole. Cara pertama mendapatkan tongkat pendakian yang cocok adalah dengan memilih satu diantaranya.

  • I-Shape memiliki bentuk mirip dengan tongkat ski, dan cocok untuk jalur dengan permukaan keras atau jalanan datar. Namun jenis ini akan sedikit menantang, karena akan membuat tangan lebih cepat lelah dibandingkan dengan jenis T-Shape.
  • T-Shape, di sisi lain, cocok untuk digunakan pada jalur turunan. Jenis ini mudah dipegang dan tidak cepat membuat lelah.

Untuk mendapatkan dukungan maksimal dari trekking pole, kamu bisa menggunakan sepasang alat ini sehingga beban yang dibawa benar-benar bisa didistribusikan dengan baik.

Baca Juga : Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan saat Caving, Kamu Sudah Tahu?

2. Panjang Batang yang Pas

tips memilih trekking pole

Panjang bagian shaft atau batang dari tongkat pendakian bisa beragam, dan disesuaikan dengan tinggi badan kamu. Secara umum, panjang batang shaft yang ideal adalah saat digunakan di jalur datar, tanjakan, dan menurun, bagian siku bisa menekuk 90 derajat

Panjang tongkat ini bisa disesuaikan (pada model yang bisa diatur panjang-pendeknya). Saat lintasan mendaki pastikan bisa disetel hingga setinggi pinggang, dan saat jalur turunan bisa disetel setinggi dada.

Dengan panjang trekking pole ideal ini, kamu bisa memastikan posisi siku tetap 90 derajat di berbagai jenis lintasan yang dilalui.

3. Materi Utama Bagian Shaft

Tips ketiga memilih trekking pole adalah berdasarkan materi utama dari bagian shaft tongkat tersebut. Mengapa ini penting? Karena akan berpengaruh pada kekuatan trekking pole dan bobot alat ini saat dibawa.

Ada dua materi yang digunakan pada trekking pole berkualitas. Pertama adalah alumunium, yang menawarkan harga terjangkau, tidak mudah patah, dan bisa diperbaiki ketika bengkok. Namun jenis ini memiliki bobot lebih besar, sehingga akan sedikit menantang saat digunakan.

Kedua adalah trekking pole dengan shaft yang terbuat dari karbon. Produk ini memiliki kekuatan yang lebih baik dan bobot yang lebih ringan. Namun tantangan terletak pada bagian harganya, yang juga lebih tinggi.

4. Tips Memilih Trekking Pole Selanjutnya, Tipe Lipat atau Telescoping

tips memilih trekking pole

Terkait dengan kompatibilitasnya, trekking pole tersedia dalam dua pilihan berbeda, yakni tipe lipat dan tipe telescoping.

Tipe lipat, seperti namanya, bisa dilipat dan disimpan dengan lebih mudah. Shaft akan bisa dipisahkan namun tetap terhubung dengan tali, sehingga bisa dimasukkan ke tas atau dibawa dengan praktis. Tapi, jenis ini kekuatannya sedikit lebih rendah daripada jenis telescoping, dengan harga yang lebih tinggi.

Selanjutnya tipe telescoping, yang menawarkan kompatibilitas berbeda. Jika tipe lipat bisa dilipat menjadi lebih kecil, tipe ini memiliki sistem seperti kaki tripod. Jadi bisa digunakan lebih fleksibel menyesuaikan medan, namun kurang begitu ringkas jika dibandingkan dengan tipe lipat.

5. Tip Bisa Diganti

Tip adalah bagian ujung dari trekking pole yang bersentuhan langsung dengan tanah. Karena gesekan terus terjadi serta menjadi tumpuan beban, bagian ini paling cepat aus dan rusak. Maka dari itu, pastikan kamu memiliki tongkat pendakian yang bisa diganti tip-nya.

6. Pastikan Ada Anti-Shock dan Basket 

tips memilih trekking pole

Tips keenam dalam memilih trekking pole yang tepat untuk digunakan adalah memastikan adanya fitur anti-shock dan basket. Fitur ini umum ditemukan pada trekking pole yang berkualitas, sehingga benar-benar dapat menunjang pendakian atau trekking.

Anti-shock adalah fitur yang menyediakan pegas di bagian shaft, untuk mengurangi tekanan yang dirasakan tangan. Fitur ini berguna sekali saat digunakan di jalur yang berat.

Sedangkan basket adalah bagian di atas tip yang bisa membantu trekking pole kamu tidak menancap terlalu dalam dan sulit dicabut.

7. Jenis Kuncian Trekking Pole

Nah terakhir adalah memilih jenis kuncian trekking pole yang pas untuk digunakan. Pertimbangan ini diambil dengan melibatkan beberapa faktor, yakni kepraktisan, kekuatan, harga, dan durabilitas.

  • Tipe Screw Lock : mengunci dengan memutarnya. Cenderung kuat, tidak mudah rusak, dan mudah. Tapi harus benar-benar kuat saat memutar trekking pole yang digunakan.
  • Tipe Lever Lock : kuncian yang lebih mudah daripada screw lock karena tinggal menekan bagian kunciannya saja. Jenis yang ideal untuk trekking pole yang harus terus disesuaikan panjangnya.
  • Tipe Pin-Lock : juga dikenal dengan istilah push button lock, bisa diatur panjang shaft-nya dengan menekan tombol yang ada. Ringan, ringkas, dan mudah dibawa, tantangan yang harus dihadapi adalah harus selalu dipastikan kunciannya kencang agar tidak melorot.
  • Tipe Hybrid : kombinasi beberapa jenis kuncian dengan tujuan memudahkan dan memaksimalkan kekuatan trekking pole.

Baca Juga : Kabar Gembira! Pendakian Gunung Merbabu Resmi Dibuka

Itu tadi, 7 tips memilih trekking pole yang bisa kamu gunakan untuk mendapatkan tongkat pendakian pertamamu. Tentu saja, trekking pole terbaik bisa kamu beli di Eiger Adventure official.. Beragam jenis dan model tersedia, dan pasti bisa memenuhi kebutuhan yang kamu miliki. Kunjungi laman produknya, dan temukan produk berkualitas dengan harga yang menarik!

Newsletter

Mau jadi yang pertama tau update tentang Eiger Adventure? Yuk, sign up ke newsletter kami!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments