HomeTips & TrickLifestyleTips Mempersiapkan Anak Sekolah untuk Pertama Kali

Tips Mempersiapkan Anak Sekolah untuk Pertama Kali

Ketika anak mulai beranjak besar, orang tua tentu perlu melakukan persiapan untuk anak masuk sekolah. Tidak hanya mempertimbangkan pilihan sekolah yang bagus, tetapi orang tua juga harus melihat kesiapan si Kecil. Yuk, cek tips mempersiapkan anak sekolah untuk pertama kali di bawah ini!

Kapan Sebaiknya Mempersiapkan Anak Sekolah?

Di Indonesia, sekolah terbagi menjadi empat tingkatan, yaitu bermain, wajib dasar, menengah, dan tinggi. Waktu dan usia untuk memasukkan anak ke sekolah bisa berdasarkan keinginan anak untuk bersekolah.

Biasanya, anak usia 3-4 tahun akan mengungkapkan sendiri keinginannya untuk sekolah karena melihat teman atau saudaranya yang sudah mulai bersekolah. Eigerian bisa mempersiapkan anak masuk sekolah tingkat PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) ketika si Kecil sudah berada di usia 3-4 tahun.

Tips untuk Mengetahui Anak Sudah Siap Sekolah

mempersiapkan anak sekolah

Menentukan dan mempersiapkan anak sekolah tidak bisa sembarangan, sehingga harus orang tua pertimbangkan secara matang. Mengutip dari situs resmi Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), kondisi dan pola interaksi sosial di sekolah dan rumah cukup berbeda.

Berbagai faktor perkembangan sosial dan emosional, motorik, dan kemampuan kognitif anak perlu orang tua pertimbangkan sebelum mempersiapkan anak masuk sekolah. Berikut ini tips mempersiapkan dan tanda-tanda anak sudah siap masuk sekolah.

1. Berani komunikasi dan berinteraksi dengan orang lain

Coba perhatikan, apakah anak sudah mengerti perintah sederhana, bisa menjawab jika ibu bertanya, meminta bantuan pada orang lain, atau bisa berkomunikasi secara jelas?

Jika sudah bisa, artinya anak sudah siap untuk masuk dunia prasekolah. Untuk membantu anak siap masuk prasekolah, sebaiknya latih anak untuk berani menjalin komunikasi dan berinteraksi dengan orang lain.

Caranya bisa dengan mengajak anak bermain di taman atau tempat bermain yang banyak teman sebayanya. Bermain dengan teman sebaya dapat melatih anak untuk berani dan percaya diri depan orang lain.

2. Bisa menggunakan toilet sendiri

Anak yang sudah lulus toilet training atau bisa menggunakan toilet sendiri sudah lebih siap lepas ke lingkungan luar karena bisa bertanggung jawab atas dirinya sendiri.

Orang tua bisa melatih anak menggunakan toilet sendiri sejak masih kecil. Jika anak belum bisa tapi sudah ingin masuk sekolah, sebaiknya ajarkan anak untuk memberi tahu gurunya saat ia ingin menggunakan toilet.

3. Sudah bisa makan sendiri

Mempersiapkan anak untuk masuk sekolah memang cukup menantang dengan berbagai tips agar si Kecil tidak rewel saat hari pertama sekolah.

Namun, bila ia menunjukkan sudah mampu melayani kebutuhan dasarnya sendiri tanpa bantuan orang lain, artinya anak sudah cukup besar, pintar, dan mandiri. Hal ini juga bisa menjadi pertimbangan apakah anak sudah bisa masuk sekolah atau belum.

Jika anak sudah bisa makan sendiri, orang tua jadi tidak perlu khawatir saat anak makan bersama temannya di sekolah.

4. Anak bisa jauh dari orang tua dalam waktu sementara

Salah satu tanda anak siap sekolah adalah ia sudah bisa ditinggal oleh ayah dan ibunya. Sekarang perhatikan, apakah anak merasa nyaman jika ditinggal sebentar, sementara ia bermain dengan teman-temannya? Jika ya, tandanya ini bisa menjadi salah satu tanda ia sudah siap masuk sekolah.

Mengutip dari situs resmi IDAI, anak harus bisa mengurangi ketergantungannya terhadap pengasuh atau orang tua dalam aktivitas harian. Katakan bahwa meski tidak ada orang tuanya, ia masih memiliki teman-teman dan guru-guru yang akan menemaninya di sekolah.

Baca Juga: Rekomendasi Produk EIGER untuk Perlengkapan Sekolah!

Tips Mempersiapkan Anak Sekolah untuk Pertama Kali

mempersiapkan anak sekolah

Saat pertama kali masuk sekolah, anak mungkin rewel bahkan bisa jadi tantrum. Nah, bagaimana cara membuat si Kecil nyaman saat menjalani hari pertama sekolah? Berikut beberapa tips yang bisa orang tua lakukan:

1. Tunjukkan sekolah itu seperti apa

Supaya anak tidak merasa asing dengan lingkungan yang akan ia jalani, perkenalkan mengenai sekolah kepada si buah hati.

Beberapa cara yang dapat orang tua gunakan seperti menunjukkan berbagai gambar lingkungan sekolah atau mengajak menonton video tentang asyiknya kegiatan sekolah. Setelah memperkenalkan hal-hal mengenai sekolah, ada baiknya ajak anak untuk berjalan-jalan mengitari lingkungan sekolah, tempat si Kecil akan bermain dan belajar.

2. Persiapkan bekal anak dengan baik

Satu hal yang hendaknya tidak boleh orang tua lupa adalah mempersiapkan bekal menu makanan anak masuk sekolah nantinya. Buatlah menu makanan yang sesuai dengan kebutuhan gizi anak balita.

Bekal dapat berisi minuman dan makanan anak agar ia semakin semangat saat masuk sekolah. Jangan lupa simpan bekal makanan anak di lunch bag atau tas bekal agar tersimpan rapi.

3. Mengajak mempersiapkan alat sekolah bersama-sama

Disebutkan dalam Indian Express, anak-anak biasanya lebih semangat apabila dilibatkan mempersiapkan sekolah bersama-sama.

Orang tua bisa mengajak mereka untuk ikut beli peralatan sekolah. Contohnya, ajak anak untuk pergi membeli tas sekolah atau kotak pensil dan biarkan ia memilih warna kesukaannya. 

4. Antar anak saat hari pertama masuk sekolah

Pada hari pertama bersekolah, antar dan temani anak agar ia tidak merasa ayah dan ibu meninggalkannya. Jangan lupa berikan pakaian hangat seperti jaket saat mengantar sang anak pergi ke sekolah agar anak tetap nyaman.

Saat menemaninya bersekolah, ada kalanya ayah dan ibu harus “menghilang” beberapa waktu dari pandangannya. Hal ini bertujuan agar anak terlatih untuk tidak melulu orang tua temani pada hari-hari berikutnya.

5. Beri apresiasi

Apabila anak berhasil menjalani hari pertama dengan baik, berikan apresiasi kepadanya agar si Kecil semakin termotivasi dan betah saat sekolah. 

Apresiasi dapat berupa pujian lisan atau menandai tanggal pertama bersekolah lewat kalendernya dengan gambar senyuman. Cara tersebut kemungkinan besar dapat membuatnya kembali bersemangat untuk masuk sekolah.

Baca Juga: One Day Trip Ramah Anak? Gunakan 5 Produk EIGER Junior Ini!

Manfaatkan Waktu Weekend untuk Berlibur di Alam

Menghabiskan lima hari dalam satu minggu dengan bersekolah tentu akan membuat anak suntuk dan lelah. Eigerian bisa manfaatkan waktu weekend untuk pergi berlibur bersama anggota keluarga lainnya ke alam.

Gunakan outdoor gear dari EIGER dan pilih perlengkapan yang sesuai dengan kebutuhanmu. Kamu bisa kunjungi EIGER Adventure Store (EAS) terdekat atau eigeradventure.com! So, selamat bertualang, Eigerian!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru