HomeTips & TrickGreen & HealthyJangan Stres, Ini Tips Menjaga Kesehatan Mental Selama Pandemi

Jangan Stres, Ini Tips Menjaga Kesehatan Mental Selama Pandemi

Merasa sedih, tertekan, khawatir, bingung, atau marah itu adalah normal saat kita berada dalam masa krisis pandemi. Tapi, kita harus berusaha untuk menjaga pikiran tetap jernih demi kesehatan mental diri.

Mungkin sebagian orang menganggap remeh masalah kesehatan mental, namun siapa sangka jika menjaga kesehatan jiwa tak kalah penting dengan kesehatan raga.

Stres dan depresi berkaitan erat dengan masalah kejiwaan. Beberapa orang tidak sadar bahwa mereka memililki gangguan masalah kesehatan mental atau jiwa pada diri mereka.

Kebanyakan mereka tidak bisa menerima kenyataan bahwa jiwa mereka telah terjadi sesuatu dan memungkirinya. Jika hal ini terus menerus berlajut bukan tidak mungkin di kemudian hari akan jauh lebih sulit disembuhkan dan menimbulkan depresi berat, terlebih saat pandemi seperti ini.

Ada beberapa tips untuk menghadapi stres selama diam di rumah saat masa pandemi ini, seperti:

Sharing dan Saling Mendengarkan

Salah satu kebutuhan mendasar manusia adalah kebutuhan untuk mendengarkan dan didengarkan. Coba bicaralah pada orang yang kamu percayai, lalu ceritakan perasaanmu, bagi suasana hati dengan teman atau keluarga. Meski terdengar sepele namun hal ini baik dilakukan untuk kesehatan mental.

Menjaga Komunikasi dengan Orang Lain

Kamu juga bisa berbagi cerita menggunakan platform chatting, telepon, atau media sosial dengan orang terdekatmu buat saling memberikan motivasi dan berbagi pikiran positif. Banyak mengobrol dan berbagi cerita akan membuat perasaan menjadi lebih lega dan menghindari rasa tertekan pada jiwa.

Melakukan Aktivitas Fisik

Olahraga ringan seperti lari kecil atau lompat tali juga bisa kamu lakukan selama di rumah aja. Dengan melakukan aktivitas fisik, tubuh kamu bakal memproduksi hormon endorfin yang bisa meredakan stres, mengurangi rasa khawatir, dan memperbaiki mood.

Jangan lupa berjemur di bawah sinar matahari pagi ya, buat meningkatkan sistem imun tubuh dan makan makanan bergiizi yang cukup.

Baca juga: Manfaat beraktivitas di alam bagi kesehatan, apa saja ya?

Buat Rutinitas Sendiri

Selama di rumah aja, Eigerian bisa lakukan hobi atau aktivitas yang kamu sukai, misalnya memasak, membaca buku, menggambar, atau menonton film. Selain meningkatkan produktivitas, kegiatan tersebut juga dapat menghilangkan rasa jenuh.

Dengan cara ini kamu bisa mengurangi stres dan tetap produktif, tak heran saat ini banyak orang menjadi lebih kreatif memasak makanan mereka yang beragam bahkan menjadi ide jualan bagi yang ingin menambah uang saku, kamu juga bisa mencobanya!

Baca juga: Kegiatan di rumah dan tetap produktif kenapa tidak?

Mengonsumsi Makanan Bergizi

Konsumsilah makanan yang mengandung protein, lemak sehat, karbohidrat, vitamin, mineral, dan serat. Bukan cuma untuk menjaga kesehatan tubuh, asupan nutrisi yang cukup juga dapat menjaga kesehatan mental loh, baik secara langsung maupun tidak langsung. Tak hanya itu saja kamu juga menerapkan gaya hidup sehat untuk dirimu sendiri, sehat jiwa dan raga.

Menghentikan Kebiasaan Buruk

Cobalah hentikan kebiasaan buruk yang dapat mengganggu kesehatan fisik maupun mental kamu, seperti kurang beristirahat atau sering begadang. Jika kurang istirahat, kamu bakal lebih mudah mengalami kecemasan dan mood pun jadi gak stabil.

Yuk, tetap lakukan hal-hal positif selama di rumah aja, jangan sampai stres dan panik ya, Eigerian. Coba share kegiatan produktif kamu selama di rumah aja di kolom komentar!

*Berbagai sumber
#EigerAdventure #EigerTropicalAdventure #AdventureToShare #EigerInfo #Lifestyle

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru