HomeTips & TrickRiding5 Tips Naik Motor untuk Rider Hijabers Pemula, Simak di Sini!

5 Tips Naik Motor untuk Rider Hijabers Pemula, Simak di Sini!

Siapa diantara kamu semua yang mulai menekuni dunia riding? Jika kamu termasuk satu diantaranya, maka artikel ini akan sangat cocok. Terlebih jika kamu adalah perempuan berhijab yang baru terjun ke dunia riding ini, tips naik motor berikut bisa jadi sangat berguna untuk diterapkan guna menunjang kenyamanan, keseruan, dan keamanan berkendara.

Untuk hijabers sendiri sebenarnya tips naik motor yang bisa diberikan tidak akan jauh dari tips umum, dan terkait dengan pakaian yang digunakan. Hijabers perlu jeli dalam memilih dan memilah pakaian yang tetap aman dan nyaman saat berkendara. 

Baca Juga : Memahami Apa Itu Road Captain dan 12 Tanggungjawabnya

1. Tetap Kenakan Perlengkapan yang Berstandar Baik

Sumber : freepik.com (gambar hanya ilustrasi)

Tips pengendara pemula yang akan selalu ditekankan adalah menggunakan safety gear yang berstandar jelas. Mulai dari helm, sarung tangan, sepatu, dan beberapa safety gear tambahan lain. Terlebih belakangan pihak kepolisian telah menerapkan larangan penggunaan sandal jepit untuk berkendara, jadi alasan kamu untuk menggunakan sepatu yang ideal untuk berkendara semakin kuat.

Peralatan berkendara yang berkualitas sendiri bisa didapatkan di perlengkapan riding Eiger Adventure, karena secara khusus Eiger memiliki lini produk riding yang berstandar jelas, berkualitas, dan nyaman digunakan oleh siapa saja.

2. Awareness Berkendara

Untuk kamu yang masih termasuk pemula dalam aktivitas berkendara ini disarankan untuk selalu meningkatkan awareness saat berkendara. Artinya, kamu harus paham benar dimana posisi kamu berkendara, dan bagaimana keadaan di sekelilingmu saat berkendara.

Alasannya sederhana, sebab ketika di jalan raya pengendara lain juga akan menggunakan jalan sesuai dengan keperluannya. Berhati-hati di jalan jadi kunci keselamatan, dan hal ini yang biasanya kurang dimiliki pengendara pemula.

Untuk berkendara dalam kecepatan rendah hingga sedang, kamu bisa mengambil lajur kiri. Jangan lupa juga untuk sesekali memperhatikan spion, agar tidak kaget saat ada kendaraan yang menyalip.

3. Pakaian Berkendara yang Ideal

Sumber : freepik.com (gambar hanya ilustrasi)

Yap, seperti yang diungkapkan sebelumnya, elemen pakaian untuk rider hijabers menjadi fokus utama dalam artikel ini. Alasannya sederhana saja, agar tetap bisa menutup aurat namun tidak mengesampingkan keamanan berkendara di jalan raya.

Pakaian hijabers umumnya panjang dan sedikit longgar, guna menutupi aurat. Namun saat berkendara hal ini harus disesuaikan. Artinya, kamu bisa memilih pakaian yang menutup aurat namun tidak membahayakan situasi berkendara.

Hindari pakaian yang terlalu longgar atau menjuntai, dan gunakan pakaian yang secara khusus didesain untuk berkendara. Pakaian riding sendiri umumnya kombinasi atasan berlengan panjang dan bawahan celana panjang, dengan bahan yang cukup tebal. Jadi selain kamu tetap bisa menutup aurat, perlindungan ekstra juga didapatkan untuk tubuh dari paparan angin atau ketika terjadi hal yang tidak diinginkan.

Kamu bisa melengkapi pakaian berkendara dengan sepatu, sarung tangan, hingga masker, untuk perlindungan maksimal selama berkendara.

4. Memilih Motor yang Nyaman Digunakan

Untuk tips naik motor selanjutnya yang bisa diberikan adalah memilih motor yang nyaman untuk dikendarai. Artinya di sini bisa sangat luas, kamu bisa memilih motor matic, atau motor jenis lain yang nyaman digunakan.

Apakah motor sport bisa jadi pilihan?

Selama kamu bisa berkendara dengan baik, motor apapun bisa jadi opsi yang tepat untuk riding meskipun kamu menggunakan hijab. Terkait dimensi motor, tinggi, dan beratnya, pastikan semua ideal dan bisa dikendarai dengan baik.

Sedikit tips tambahan, motor terbaik untuk riding bagi pemula adalah motor yang paling nyaman dan paling dikuasai. Jadi, poin ini akan kembali pada preferensi pribadi kamu, jenis motor apa yang paling kamu kuasai untuk berkendara akan jadi pilihan terbaik.

5. Tambahan Tips Naik Motor untuk Sisi Teknis

Sumber : freepik.com (gambar hanya ilustrasi)

Tips naik motor selanjutnya adalah terkait dengan urusan teknis pada motor yang digunakan. Urusan teknis yang dimaksud adalah ketika kamu menggunakan motor dengan rantai sebagai penyalur tenaga dari mesin ke roda.

Jika memungkinkan, kamu bisa memasang pelindung rantai sehingga rantai menjadi tertutup. Hal ini untuk  meminimalisir risiko tersangkutnya pakaian yang masih menjuntai pada rantai, dan bisa menyebabkan kecelakaan.

Pada motor matic sendiri, biasanya bagian mesin yang berputar juga sudah memiliki pelindung. Namun jika ingin lebih aman, memasang pelindung di bagian tersebut juga akan jadi opsi yang baik untuk meningkatkan proteksi kamu saat berkendara.

Baca Juga : Ini Rahasia! 5 Cara Mengkilapkan Body Motor yang Kusam 

Sederet tips naik motor di atas bisa menjadi acuan untuk kamu, rider pemula dan hijabers yang ingin berkendara dengan nyaman dan aman saat di perjalanan. Tentu saja, kemampuan berkendara perlu terus diasah agar bisa semakin mahir mengendalikan motor dan bisa mengambil sikap tepat saat menghadapi berbagai kondisi di jalan raya.

Tips naik motor di atas akan semakin optimal dengan penggunaan perangkat berkendara dari Eiger Adventure. Berkendara dengan produk seri riding dari Eiger Adventure #PastiMakinAsyik karena dijamin berkualitas, nyaman digunakan, dan mampu memberikan proteksi maksimal dengan desain yang tetap stylish. Segera kunjungi laman produknya sekarang, dan dapatkan riding gear terbaik untuk kamu, rider tangguh dengan hijab menawan!

Newsletter

Mau jadi yang pertama tau update tentang Eiger Adventure? Yuk, sign up ke newsletter kami!

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments