HomeTips & TrickTravelingTravel Checklist Lengkap: Panduan Anti-Ribet untuk Liburan Impianmu

Travel Checklist Lengkap: Panduan Anti-Ribet untuk Liburan Impianmu

Siapa yang setuju, kalau merencanakan liburan itu sangat menyenangkan? Merencanakan liburan, berarti kita bisa memikirkan semua aktivitas yang ingin dilakukan, tempat-tempat yang ingin dikunjungi, dan pengalaman yang ingin dimiliki. Namun, ternyata ada juga yang merasa stress saat merencanakan liburan, lho. Terutama jika ada detail-detail penting yang terlewat atau masalah yang muncul saat perjalanan. Tenang, Eigerian bisa menyiasati hal ini dengan menyiapkan travel checklist lengkap.

Memangnya, apa sih travel checklist itu? Travel checklist adalah alat yang sangat penting untuk memastikan semua persiapan telah dilakukan dengan lengkap dan ini bisa meminimalkan risiko terlupakan sesuatu selama perjalanan.

Pentingnya Travel Checklist Demi Kelancaran Liburan Impian

travel checklist
Sumber: Eiger Adventure

Travel checklist akan membantu Eigerian untuk memastikan bahwa semua hal yang diperlukan telah dipersiapkan dengan lengkap sebelum berangkat. Ini juga termasuk tiket, paspor, visa (jika diperlukan), uang tunai atau kartu kredit, obat-obatan pribadi, perlengkapan mandi, pakaian, dan lain sebagainya.

Dengan memiliki checklist yang terperinci, itu artinya Eigerian tidak perlu khawatir lagi tentang hal-hal yang terlupakan atau tertinggal selama perjalanan. Hal ini tentunya bisa mengurangi stres dan kebingungan, serta memberikan kepercayaan diri dan ketenangan pikiran.

Selain itu, dengan mengikuti travel checklist Eigerian juga dapat memastikan bahwa persiapan dilakukan secara efisien dan tidak ada waktu yang terbuang. Ini akan membantu Eigerian untuk fokus pada hal-hal penting dan tidak perlu terganggu oleh hal-hal yang seharusnya sudah dipersiapkan sebelumnya.

Menariknya lagi, keberadaan checklist ini juga bisa menghindarkan Eigerian dari biaya dan kesulitan tambahan. Kok bisa? Misalnya, Eigerian dapat menghindari biaya tambahan untuk pembelian barang yang tertinggal atau biaya tambahan untuk mengurus dokumen yang hilang. Nah, kira-kira barang apa saja yang wajib ada dalam travel checklist? Simak ulasan selengkapnya di bawah ini, yuk!

Daftar Barang yang Wajib Ada dalam Travel Checklist

travel checklist
Sumber: Freepik

Ingat ya, travel checklist adalah alat yang sangat penting untuk memastikan semua persiapan telah dilakukan dengan lengkap dan memastikan liburan berjalan lancar serta menyenangkan. Jadi, jangan ragu untuk membuat checklist yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensi pribadi untuk memastikan liburan yang sukses dan memuaskan. Berikut ini adalah daftar barang yang harus dicantumkan dalam checklist:

1. Dokumen Penting

Dokumen-dokumen penting yang diperlukan termasuk KTP atau SIM, paspor untuk perjalanan internasional, visa jika diperlukan negara tujuan, dan tiket pesawat, kereta, bus, atau lainnya. Eigerian bisa menyimpan dokumen ini berupa fisik atau digital yang mudah diakses.

Selain itu, bukti pemesanan hotel, asuransi perjalanan, sewa kendaraan atau tour juga diperlukan. Dokumen lainnya berupa kartu BPJS atau asuransi kesehatan lainnya, surat keterangan sehat jika diperlukan destinasi tertentu, dan resep obat-obatan pribadi yang rutin dikonsumsi.

2. Pakaian dan Perlengkapan Pribadi

Untuk pakaian, Eigerian perlu menyesuaikan dengan cuaca destinasi dan lama perjalanan. Bawalah pakaian yang nyaman dan mudah dipadupadankan. Jangan lupa pakaian dalam, kaos kaki, dan piyama. Kemudian, perlengkapan mandi berupa sikat gigi, pasta gigi, sabun, sampo, kondisioner, hingga skincare. Bawa handuk kecil yang cepat kering, serta tisu basah dan kering. Selain itu, jangan lupa sunscreen, lotion anti nyamuk, dan lip balm.

Perlengkapan lainnya yang terdiri dari kacamata hitam, topi, payung atau jas hujan juga diperlukan. Eigerian bisa membawa tas kecil untuk barang berharga seperti dompet, handphone, charger, dan lainnya. Jangan lupa siapkan gembok untuk tas atau koper demi keamanan, ya!

3. Perlengkapan Elektronik dan Hiburan

Handphone dan charger wajib dibawa untuk komunikasi dan navigasi. Kemudian, kamera diperlukan untuk mengabadikan momen indah, bisa DSLR, mirrorless, atau smartphone. Selain itu, powerbank juga penting jika akses listrik terbatas. Lalu, adaptor universal diperlukan jika bepergian ke luar negeri. Jangan lupa buku, e-reader, musik, film di perangkat pribadi (untuk perjalanan panjang) sebagai hiburan.

4. Perlengkapan Kesehatan dan Obat-obatan

Obat-obatan pribadi sesuai kebutuhan dan resep dokter, P3K seperti plester, perban, obat merah, obat sakit kepala, obat diare, dan lainnya juga perlu disiapkan. Jika rentan mabuk perjalanan, obat anti mabuk jangan sampai ketinggalan. Selain itu, masker juga penting untuk melindungi dari debu atau polusi, serta hand sanitizer untuk menjaga kebersihan tangan.

5. Uang dan Dokumen Keuangan

Bawalah uang tunai secukupnya, dan tukarkan mata uang asing jika perlu. Pastikan kartu kredit/debit sudah aktif untuk transaksi internasional. Kemudian, siapkan juga fotokopi dokumen penting seperti KTP, paspor, tiket, dan lainnya lalu simpan di tempat yang terpisah dari aslinya. Jangan lupa catat nomor penting seperti keluarga, bank, kedutaan, dan lainnya.

Baca juga: Ingin Liburan Singkat Karena Waktu Sedikit? Lakukan 5 Cara Ini

Contoh Travel Checklist

Supaya lebih mudah dipahami, berikut ini sudah disiapkan contoh travel checklist yang dapat Eigerian gunakan sebagai referensi:

  • uncheckedKTP atau SIM
  • uncheckedPaspor
  • uncheckedVisa
  • uncheckedTiket pesawat atau tiket transportasi lainnya
  • uncheckedBukti reservasi hotel atau akomodasi lainnya
  • uncheckedDokumen asuransi perjalanan
  • uncheckedKartu BPJS atau asuransi kesehatan lainnya
  • uncheckedSurat keterangan sehat atau dokumen kesehatan lainnya
  • uncheckedResep obat-obatan
  • uncheckedObat-obatan pribadi
  • uncheckedPerlengkapan medis darurat
  • uncheckedPakaian sesuai dengan tujuan dan durasi perjalanan
  • uncheckedPakaian dalam dan kaus kaki
  • uncheckedPerlengkapan mandi
  • uncheckedHanduk
  • uncheckedPembalut, tisu basah, tisu kering
  • uncheckedTopi, payung, jas hujan
  • uncheckedKacamata hitam dan krim tabir surya (sunscreen)
  • uncheckedUang tunai
  • uncheckedKartu kredit/debit
  • uncheckedNomor kontak darurat
  • uncheckedKartu nama atau alamat akomodasi
  • uncheckedPonsel dan charger
  • uncheckedKamera atau kamera ponsel beserta charger dan kartu memori
  • uncheckedPower bank
  • uncheckedAdapter listrik
  • uncheckedTas atau daypack
  • uncheckedPengunci koper atau tas
  • uncheckedKantong plastik atau kantong tas
  • uncheckedTas plastik ziplock
  • uncheckedPeta atau panduan wisata
  • uncheckedAlat tulis dan buku catatan
  • uncheckedGunting atau pisau lipat kecil

Pastikan untuk menyesuaikan daftar ini dengan kebutuhan dan preferensi pribadi Eigerian serta tujuan perjalananmu, ya. Jika Eigerian memiliki kebutuhan khusus atau aktivitas tertentu yang ingin dilakukan selama perjalanan, tinggal tambahkan saja ke dalam daftar.

Baca juga: 6+ Tips Aman Liburan ke Luar Negeri, Fun dan Anti Ribet

Dengan segala persiapan yang telah dilakukan secara lengkap dan terorganisir, tentunya Eigerian bisa menikmati pengalaman liburan dengan lebih santai dan menyenangkan. Eigerian jadi lebih bisa fokus untuk menikmati setiap momen perjalanan tanpa khawatir tentang hal-hal yang terlupakan atau kurang disiapkan.

Untuk urusan outfit, aksesoris, dan berbagai perlengkapan traveling lainnya, Eigerian bisa temukan di EIGER Adventure Store (EAS) terdekat. Agar lebih praktis dan mudah, Eigerian juga bisa belanja online lewat mobile apps EIGER Adventure yang bisa diunduh di Play Store untuk pengguna Android dan App Store untuk pengguna iOS. Produknya tersedia lengkap, ada banyak promo menarik yang bisa dimanfaatkan, dan tentunya ada gratis ongkir ke seluruh wilayah Indonesia. Ayo, belanja sekarang dan segera isi travel checklist-mu yang masih kosong!

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru