HomeTips & TrickLifestyle5 Tips Cerdas Menggunakan Uang THR dengan Bijak

5 Tips Cerdas Menggunakan Uang THR dengan Bijak

Siapa yang sudah tidak sabar menerima uang THR? THR atau Tunjangan Hari Raya memang menjadi salah satu hal yang paling ditunggu-tunggu para pekerja. THR ini merupakan tunjangan yang diberikan satu tahun sekali menjelang hari raya. Biasanya, THR akan diberikan kepada pekerja yang telah bekerja minimal satu bulan. Tunjangan ini akan diberikan kepada pekerja dengan status tetap maupun kontrak, dengan nominal yang disesuaikan dengan peraturan yang berlaku.

Berdasarkan surat edaran dari Menteri Ketenagakerjaan disebutkan bahwa besaran uang THR yang diterima pekerja atau buruh dengan masa kerja 12 bulan atau lebih adalah sebesar satu bulan gaji. Sedangkan bagi pekerja atau buruh yang masa kerjanya kurang dari satu tahun, maka besaran THR akan diberikan sesuai perhitungan masa kerja dibagi 12 kemudian dikalikan gaji satu bulan.

Apa sih Kegunaan Uang THR? 

uang thr

Hingga saat ini, ternyata masih banyak orang salah persepsi mengenai THR. Banyak orang beranggapan bahwa saat menerima THR, itu sama artinya dengan mendapatkan gaji dengan nominal lebih besar dibandingkan dengan bulan-bulan sebelumnya. Padahal gaji dengan THR adalah dua pemasukan yang berbeda. Gaji atau upah kerja digunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, sedangkan uang THR umumnya digunakan untuk memenuhi keperluan sebelum Lebaran. 

Perbedaan lain antara gaji dan THR selain dari segi kegunaannya, adalah cara pengelolaannya. Jika gaji bulanan biasanya digunakan dengan perencanaan yang baik, sementara itu masih banyak orang yang belum melakukan pengelolaan terhadap uang THR yang didapatkannya. 

Tips Bijak Menggunakan Uang THR

uang thr

Nah, supaya lebih bijak menggunakan uang THR, simak beberapa tips di bawah ini, yuk!

1. Buat catatan keuangan

Hal pertama yang bisa kita lakukan dalam mengatur uang THR adalah membuat catatan keuangan sesuai dengan tujuan yang kita miliki. Pastikan untuk memisahkan uang THR dengan gaji bulanan, kemudian tentukan tujuan penggunaan dana tersebut. Sebaiknya, sisihkan uang THR untuk dana darurat atau investasi, agar kita bisa merasakan manfaat dari dana tersebut dikemudian hari.

2. Utamakan kebutuhan daripada keinginan

Saat Lebaran biasanya kita akan menghadapi beberapa tradisi, seperti membeli pakaian baru, memberikan hampers kepada saudara atau teman, dan tradisi lainnya. Kebiasaan ini mungkin memang baik, namun kita juga harus bisa memahami kemampuan yang kita miliki. Jika tidak memiliki kemampuan lebih untuk melakukan tradisi yang tidak wajib saat hari raya, maka ada baiknya utamakan kebutuhan terlebih dahulu. Untuk mengetahui kebutuhan yang dimiliki, kita bisa membuat daftar kebutuhan prioritas. Dengan begitu, dana THR bisa dialokasikan dengan baik. 

3. Sisihkan untuk zakat dan sedekah

Tips mengelola THR selanjutnya adalah menyisihkan uang THR untuk zakat dan sedekah. Saat Idulfitri, umat muslim memiliki kewajiban untuk membayar zakat fitrah. Maka dari itu, kita bisa menggunakan uang THR ini untuk membayar zakat fitrah. Selain zakat yang bersifat wajib, ada juga zakat maal dan sedekah yang juga bernilai ibadah. Kita juga bisa menggunakan THR untuk sedekah atau membayar zakat maal ini. 

4. Gunakan sebagai dana mudik

Mengingat tahun 2022 ini pemerintah memperbolehkan masyarakat yang hendak mudik, itu artinya kita bisa menggunakan uang THR untuk dana mudik. Adapun keperluan saat mudik antara lain adalah sebagai berikut:

  • Biaya tiket pulang-pergi untuk yang mudik menggunakan moda transportasi umum.
  • Biaya BBM untuk yang mudik menggunakan kendaraan pribadi.
  • Dana untuk tes antigen atau PCR bagi yang belum mendapatkan vaksinasi lengkap sampai dengan booster
  • Oleh-oleh atau hampers untuk keluarga di kampung halaman.
  • Biaya lain-lain untuk keperluan selama perjalanan mudik. 

Baca juga: Bikin Rindu! Inilah 5 Tradisi Unik Bulan Ramadhan di Indonesia

5. Belanja untuk diri sendiri sesuai kemampuan

Setelah semua pos pengeluaran wajib terpenuhi, tidak ada salahnya lho jika kita menggunakan uang THR untuk belanja sebagai self reward. Misalnya, kita bisa membeli Daypack, Long Sleeves Shirt, Casual Glasses, Hp Case, Digital Watch, atau lainnya. Namun, perlu diingat bahwa membelanjakan uang THR untuk self reward tidak boleh berlebihan. Belanjalah sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan. Jika perlu, siapkan budget khusus agar pengeluaran tidak membengkak. 

Baca juga: Tips Memilih Baju OOTD Lebaran untuk Pria Tampil Menawan

Belanja untuk Keperluan Lebaran, di EIGER Saja! 

Mengelola uang THR sangat penting supaya kita tidak menjadi orang yang boros. Kita memang harus bijak dalam menentukan yang mana yang harus kita jadikan sumber pengeluaran terbesar, dan pembagian pengeluaran lainnya. Dengan bersikap dan bertindak bijak, maka kita bisa menghindarkan diri dari sifat boros. Sebaiknya, pakai uang tunjangan untuk hal-hal yang berguna, jangan biarkan uang berkah ini berlalu dengan sia-sia tanpa ada maknanya baik bagi diri sendiri maupun orang lain.

Setelah mengetahui beberapa tips menggunakan uang THR dengan bijak, sekarang sudah tahu dong aturan belanja pakai uang tunjangan? Ya, salah satunya adalah belanja secukupnya, sesuai kebutuhan dan kemampuan! Kita bisa belanja hemat produk Lifestyle Eiger Apparel untuk segala macam keperluan Lebaran. Mulai dari pakaian, aksesoris, perlengkapan ibadah, semua ada! Soal harga, tak perlu khawatir. Kita bisa mendapatkan produk-produk berkualitas dari Eiger dengan harga yang ramah di kantong. Ada banyak promo pasti makin asyik yang sangat menarik, yang tentunya sayang jika dilewatkan.

Newsletter

Mau jadi yang pertama tau update tentang Eiger Adventure? Yuk, sign up ke newsletter kami!

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments