HomeTips & TrickTravelingCek Dulu Ukuran Koper Kabin Pesawat yang Diizinkan Sebelum Traveling!

Cek Dulu Ukuran Koper Kabin Pesawat yang Diizinkan Sebelum Traveling!

Punya rencana liburan kemana nih Eigerian? Dalam negeri atau coba liburan ke luar negeri? Kemanapun agenda liburan nya persiapan itu penting banget. Biar liburanmu lancar, aman dan nyaman kamu perlu persiapan yang juga matang. Mulai dari mencari destinasi pilihan, akomodasi dan transportasi sampai keuangan. Semua persiapan perlu kamu pertimbangkan dengan matang.  Nah salah satu hal yang juga perlu kamu perhatikan sebelum melakukan perjalanan adalah berkemas barang bawaan. Ini salah satu hal yang krusial kita perhatikan ya Eigerian. Ingat, bawalah barang secukupnya dan tidak berlebihan. Jangan terlambat, sebelum berangkat yuk cek ukuran koper kabin pesawat yang diizinkan maskapai.

Ukuran Koper Kabin Pesawat yang Diizinkan dan Ideal 

Menurut International Air Transport Association (IATA) dalam situs web resminya, jumlah dan ukuran koper yang bisa masuk kabin sebetulnya bergantung pada kebijakan masing-masing perusahaan maskapai penerbangan. 

Ukuran koper kabin pesawat yang diizinkan dari maskapai biasanya memperhatikan maksimal berat dan ukuran koper kabin, serta apakah penumpang diperbolehkan membawa tas jinjing tambahan atau tidak.

Namun, secara umum, ukuran koper kabin yang diperbolehkan memiliki panjang maksimal 22 inci (56 cm) x 18 inci (45 cm) x 10 inci (25 cm). Perlu dicatat ya Eigerian, ukuran ini sudah termasuk roda, gagang koper, dan kantung koper.

Adapun berat koper yang diperbolehkan lazimnya adalah hingga 7 kilogram. Biasanya jika lebih berat dari yang seharusnya, Eigerian perlu membayar biaya lebih. 

Pahami Aturan Umum Koper Masuk Kabin

Nah itu dia ukuran koper yang diizinkan, jika sudah paham Eigerian perlu juga tahu aturan umum di setiap maskapai. Ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan nih Eigerian. Yuk cek daftarnya disini!

Jangan Membawa Cairan Lebih dari 100ml

Ada aturan pernerbangan yang membatasi jumlah cairan. Baik bahan gel atau aerosol tidak direkomendasikan untuk membawa lebih dari 100 ml. Jika ketahuan membawa cairan lebih dari yang direkomendasikan, siap-siap ya untuk diminta menguranginya sesuai batas yang ditetapkan. 

Nah untuk Eigerian yang bertanya-tanya bagaimana jika cairan tersebut adalah salah satu dari kebutuhan primer untuk kesehatan? Tenang, ada pengecualian khusus bagi kebutuhan bayi atau obat bagi penderita penyakit tertentu. Contohnya juga bagi Eigerian yang membawa makanan bayi berbentuk cairan, diperbolehkan lebih dari 100 ml.

Dilarang Bawa Barang Tajam! 

Barang yang satu ini memang tidak berpengaruh pada ukuran koper kabin pesawat yang diizinkan. Namun, sangat tidak dianjurkan ya Eigerian, bahkan dilarang keras. Barang seperti guntung, cutter, pisau, jarum dan silet atau sebagian lainnya tidak diperbolehkan kamu bawa di kabin pesawat. Bila Eigerian membutuhkanya bisa dimasukan ke dalam bagasi pesawat.

Senjata api dan gas juga tidak diperbolehkan

Barang berbahaya seperti senjata api dan gas sangat terlarang untuk dibawa oleh penumpang penerbangan sipil. Karena itulah, jangan sampai Eigerian membawa benda-benda berbahaya semacam itu saat bepergian dengan pesawat.

Selain Benda Tajam, Benda Tumpul Pun Dilarang!

Jika Eigerian berniat membawa peralatan olahraga seperti raket, tongkat golf atau tongkat baseball lebih baik disimpan dalam bagasi ya. Meskipun terlihat tidak berbahaya, benda-benda tumpul ini tidak boleh masuk kabin. Termasuk juga kail pancing, dan peralatan olahraga atau bela diri lainya. Ditakutkan melukai penumpang lain. 

Perhatikan Kembali Barang Elektronik Bawaanmu!

Ada beberapa barang elektronik yang perlu di cek terlebih dahulu oleh petugas. Salah satunya power bank. Power bank dengan rating di bawah 160 Wh masih diperbolehkan di bawa di kabin pesawat sedangkan untuk baterai diatas 160 Wh dilarang keras ya Eigerian. Lalu bagaimana nasib perangkat elektronik yang menggunakan baterai lithium? Tenang saja Eigerian, tetap diperbolehkan dibawa ya asal dalam keadaan mati total bukan mode terjaga atau sleep. Perlu diperhatikan karena baterai ini mudah terbakar. 

Baca Juga: 3 Cara Mengatasi Sunburn Saat Liburan

Siap Traveling Lagi? 

Temukan kembali energimu lewat traveling, buat kamu yang sudah lelah bekerja, atau kamu yang sudah stress belajar yuk kita travelling! Berjalan-jalan menyusuri pantai atau tempat-tempat indah lainnya bersama orang terkasih pasti bisa menambah energi untuk beraktivitas sehari-hari. Yup, sebelum itu perhatikan juga ootd liburanmu, belanja kebutuhan travelling mu dengan EIGER. Ada banyak pilihan mulai dari apparel, aksesoris, tas hingga sepatu yang bisa lengkapi outfit liburanmu.

Belanja nyaman dan aman hanya di website resmi EIGER Adventure. Dapatkan harga terbaik dan promo menarik, ada potongan harga hingga cashback yang hanya bisa kamu dapatkan di website resmi. Yuk kunjungi websitenya di eigeradventure.com. Jangan lupa juga follow instagram @eigeradventurecom untuk dapatkan info menarik seputar promo hingga giveaway. 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru