HomeTips & TrickTravelingYuk Singgah Ke 5 Wisata Alam Semarang Seru Ini!

Yuk Singgah Ke 5 Wisata Alam Semarang Seru Ini!

Ibu kota dari Jawa Tengah, Semarang memiliki daya tarik wisata yang luar biasa. Untuk kamu yang berjiwa petualang, kota ini memiliki cukup banyak destinasi wisata bertema alam. Meski mungkin tak seterkenal lumpianya, wisata alam Semarang tetap layak masuk ke itinerary yang kamu miliki.

Dari wilayahnya yang cukup luas ini, bentang alam yang dimiliki juga beragam. Mulai dari area pantan di bagian utara, kemudian pegunungan di wilayah kabupatennya, serta berbagai medan menarik yang bisa dijelajahi, Semarang akan jadi destinasi yang sangat menantang untuk kamu.

Maka tak perlu berpanjang lebar lagi, berikut beberapa wisata alam Semarang yang bisa coba kamu kunjungi.

1. Brown Canyon, Wisata Alam Semarang Ala Grand Canyon

wisata alam semarang
Sumber : freepik.com (gambar hanya ilustrasi)

Meski terlihat mirip, Brown Canyon yang ada di Semarang ini sebenarnya bukan bentang alam alami. Brown Canyon merupakan bekas pertambangan yang sudah ditinggalkan beberapa waktu lalu, dan ternyata memiliki daya tarik wisata yang tinggi.

Bentuknya mirip sekali dengan tebing yang ada di Grand Canyon, Amerika Serikat. Tebing yang menjulang tinggi akan sangat cantik saat disinari matahari senja. Dijamin kamu puas berburu foto indah dan selfie cantik saat berkunjung ke sana.

Meski demikian sebenarnya tempat ini tidak secara resmi dikelola oleh pemerintah. Daerah tersebut jadi lokasi wisata yang dikelola oleh warga sekitar, untuk masalah kebersihan dan pengelolaan parkir. Untuk kamu yang penasaran, bisa langsung mencoba berkunjung ke sana.

Baca Juga : Bingung Menentukan Outfit ke Puncak? Cek 5 Inspirasinya di Sini!

2. Trekking Ringan Di Gardu Pandang Lereng Kelir

Terletak di dusun Gertas, desa Brongkol, Gardu Pandang Lereng Kelir bisa jadi satu destinasi wisata alam Semarang yang menarik untuk dikunjungi. Tempat ini bisa membawa kamu melihat pemandangan kota Ambarawa dan Semarang dari ketinggian, dengan semua keindahan visualnya.

Untuk sampai ke dusun tersebut, kamu hanya perlu melakukan perjalanan darat dengan kendaraan selama dua jam saja. Tak terlalu jauh untuk menikmati pengalaman seru ini bukan? Setelah sampai di dusun Gertas, kamu tinggal melakukan trekking ringan selama kurang lebih 1,5 jam.

Trekking ringan yang kamu lakukan ini bisa jadi sarana melemaskan otot yang sudah lama tak digunakan untuk mendaki gunung. Medannya cukup ramah, sehingga tanpa terasa lelah kamu bisa sampai ke titik Gardu Pandang Lereng Kelir ini. Tentu, trekking ini akan berjalan optimal jika kamu menggunakan perlengkapan yang berkualitas! 

3. Mencoba Gunung Ungaran, 2.050 Meter Di Atas Permukaan Laut

wisata alam semarang
Sumber : freepik.com (gambar hanya ilustrasi)

Nah jika trekking menuju gardu pandang dirasa kurang menantang, kamu bisa mencoba mendaki gunung Ungaran. Dengan ketinggian hanya 2.050 mdpl, gunung ini tak akan terlalu menguras tenaga meski kamu sudah jarang mendaki gunung.

Jalur pendakian cukup ramah untuk pemula dan memiliki pemandangan yang indah. Jika kamu ingin mendirikan tenda, kamu bisa mendirikannya di area basecamp yang memang disediakan untuk para pendaki yang ingin menginap.

Ketika sudah sampai di puncak kamu akan menikmati pemandangan gunung Merapi, gunung Merbabu, gunung Sumbing dan Sindoro, serta gunung Prau. Cukup mudah, lengkap, dan menyenangkan bukan?

4. Gumuk Reco, Peninggalan Kerajaan Majapahit

Masih terkait wisata alam Semarang, kamu juga bisa singgah ke Gumuk Reco yang ada di daerah Banyubiru. Jaraknya tidak terlalu jauh dari pusat kota Semarang, hanya sekitar 80 menit perjalanan darat saja.

Objek utama di lokasi ini adalah pemandangan tebing dan hamparan pepohonan hijau yang sangat indah. Dikabarkan bahwa Gumuk Reco sendiri merupakan peninggalan Kerajaan Majapahit, yang belum selesai dipahat. Hal ini mengacu pada fakta bahwa ada beberapa tebing lain yang sudah terlihat rapi, seperti selesai dipahat.

Untuk masuk ke area ini sendiri, pengunjung akan dikenakan biaya sebesar Rp10.000 saja. Cukup terjangkau untuk pengalaman merasakan sensasi berdiri di tebing peninggalan kerajaan besar di masa lalu.

5. Menenangkan Diri Di Umbul Sidomukti

wisata alam semarang
Sumber : freepik.com (gambar hanya ilustrasi)

Setelah lelah menghabiskan tenaga untuk menjelajah wisata alam Semarang di atas, kamu bisa berkunjung ke area Umbul Sidomukti. Area ini merupakan resort dan objek wisata alam yang menawarkan pemandangan hijau dipadu dengan langit biru yang luas.

Tidak lupa, keindahan Rawa Pening juga turut melengkapi indahnya pemandangan di sana. Tempat ini sendiri sangat tenang dan cenderung jauh dari kebisingan kota. Sehingga kamu bisa dengan mudah mendinginkan kepala dan hati saat sampai di sini.

Karena berupa resort, fasilitas yang dimilikinya cukup lengkap, jadi kamu tak perlu khawatir ketika ingin melakukan sesuatu atau merasa haus dan lapar. Kamu bisa dengan mudah mendapatkan apa yang kamu butuhkan langsung di booth yang ada di sana.

Baca Juga : Deretan 7 Gunung untuk Pemula yang Paling Direkomendasikan 

Itu tadi setidaknya lima wisata alam Semarang yang bisa kamu kunjungi saat singgah ke sana. Memang, tidak semua wisata alam yang ada di Semarang masuk dalam daftar ini. Tapi setidaknya cukup untuk masuk ke dalam daftar wishlist atau itinerary yang kamu buat.

Berkunjung ke wisata alam Semarang tentu tak lengkap jika tanpa menggunakan perlengkapan outdoor terbaik yang ada. Kamu bisa dengan mudah mendapatkan semuanya di website Eiger, dan meloncat langsung ke laman produknya. Semoga agenda liburanmu menyenangkan, dan selalu andalkan Eiger Adventure untuk keperluan petualanganmu!

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru