HomeTips & TrickRiding7 Tips Merawat Motor Saat Musim Hujan Supaya Tetap Awet

7 Tips Merawat Motor Saat Musim Hujan Supaya Tetap Awet

Negara tropis seperti Indonesia memiliki dua musim sepanjang tahunnya, yaitu musim kemarau dan musim hujan. Bagi kamu para riders, ketika musim hujan datang sering kali jadi kendala jika ingin bepergian. Jangan lupa untuk selalu berhati-hati ya Eigerian. Ketika musim hujan, biasanya sering terdapat genangan dan banjir dimana-mana. Perawatan ekstra pada kendaraan kesayangan pun wajib diperhatikan ya. Yuk cek tips merawat motor saat musim hujan disini supaya tetap awet. 

Agar tetap bekerja secara maksimal, motor kesayanganmu harus dirawat selalu ya Eigerian. Apalagi di musim hujan, Air hujan mengandung zat asam tinggi sehingga mudah merusak berbagai suku cadang dan membasahi komponen-komponen pengapian yang membuat sepeda motor kesayanganmu mogok di tengah jalan. 

Yuk cek beberapa tips merawat sepeda motor saat musim hujan untuk jaga selalu performanya! 

1. Kapan Terakhir Kali Kamu Mencuci Motor?

Ketika musim hujan tiba, motor kesayanganmu jadi lebih mudah kotor bukan? Namun sayangnya kerap kali kita jadi lebih  malas mencuci motor dengan alasan “pasti nanti hujan dan kotor lagi!” ayo siapa nih yang seperti ini?

Yuk hilangkan kebiasaan ini dan mulai cuci motormu secara rutin. Mencuci motor akan menghilangkan kotoran yang menempel dan juga sisa sisa air hujan yang menempel pada suku cadang dan besi. Nah biasanya ada satu bagian  motor yang sering terlupakan, yaitu bagian bawah motor. Jika lama-kelamaan tidak dicuci kerangka kendaraan akan mudah berkarat kemudian retak. 

2. Jangan Lupa Cek Kondisi Rantai

Salah satu tips merawat motor saat musim hujan lainya adalah dengan rutin mengecek kondisi rantai motor. Jangan lupa selalu membersihkan rantai dan memberikan pelumas agar rantai bekerja secara maksimal. Ketika musim hujan, frekuensi rantai terkena cipratan air hujan pasti jadi lebih sering bukan? Ketika sering terkena air hujan, rantai akan mudah kehilangan pelumasnya sehingga timbul karat di berbagai bagian. Lakukan pengecekan secara rutin ya Eigerian, agar kondisi rantai tetap terjaga. 

3. Periksa Busi Motormu Eigerian! 

Salah satu bagian penting dalam sebuah kendaraan bermotor adalah Busi. Sebagian orang juga sering menyebut busi sebagai jantungnya sepeda motor. Ketika musim hujan banyak kendaraan yang mogok ditengah jalan bukan? Ini terjadi karena bagian pengapian terkena air. Maka dari itu jangan memaksakan menerjang genangan air ya Eigerian. Tetap pastikan busi kering untuk menjaga proses pengapian lancar. Jika terlanjur basah kamu bisa mencabut kop atau karet penutup busi. Gunakan kain lap untuk mengelap busi sekaligus kabelnya sampai kering.

4. Memeriksa Permukaan dan Tekanan Angin pada Ban

Periksalah tekanan angin pada ban secara rutin karena saat musim hujan banyak lubang di jalanan yang tertutupi oleh genangan. Jika kamu tidak sengaja menerobos genangan tersebut dan ban sepeda motor tidak dalam kondisi baik, maka rentan terjadi kebocoran. Kondisi jalanan yang basah menjadi licin pun menyebabkan rentan terjadi kecelakaan. Oleh karena itu, kamu perlu melakukan pengecekan apakah grip pada ban masih oke. Jika permukaan ban sudah mulai halus, segera ganti untuk menghindari kecelakaan akibat terpeleset saat berkendara. 

5. Periksa Belt Jadi Cara Merawat Motor Saat Musim Hujan

Eigerian, apakah rem motormu terdengar berdecit? Ini hal yang wajar ya Eigerian, ketika rem berbunyi seperti berdecit saat musim hujan. Ini dikarenakan ketika musim hujan kampas rem dalam keadaan basah. Saat basah, kampas akan mengembang sehingga ada penyempitan ruang yang terjadi rem. Perlu kamu perhatikan saat mencuci motor adalah menyemprot bagian rem untuk membersihkan pasir yang terbawa saat berkendara sehingga tidak mengganggu pengereman. Nah kamu bisa coba injak pedal rem beberapa kali agar kampas rem yang kering bisa kembali normal.

6. Jangan Lupa Selalu Panaskan 

Setiap mulai perjalanan baiknya kamu selalu panaskan mesin motormu. Ini suatu hal yang wajib sebelum memulai perjalanan. Jika sebelum digunakan motor mu selalu dipanaskan ini akan sangat membantu untuk membuat komponen internal mesin terlumasi secara merata dan memastikan bahwa motor dalam kondisi baik.

7. Cek Berkala Lampu Motormu

Tips merawat motor saat musim hujan lainya adalah dengan secara rutin mengecek sistem penerangan sepeda motormu. Ini adalah salah satu komponen yang penting dan harus dimiliki semua kendaraan. Selain keselamatan diri sendiri, pengendara lain juga bergantung pada lampu kendaraan kita.  Dan pada saat musim hujan ada baiknya sebelum bepergian periksalah terlebih dahulu lampu penerangan motor kalian baik lampu jauh maupun dekatnya.

Baca Juga: Tips Naik Motor Saat Musim Hujan Lakukan 5 Tips Ini!

Lengkapi Kebutuhan Berkendaramu Agar Selalu Aman dan Nyaman! 

Dapatkan berbagai keperluan berkendaramu mulai dari kaos, topi, sepatu, kacamata, berbagai jenis tas, jaket riding, hingga topi dan masih banyak lagi produk lainnya. Produk-produk aksesoris riding tersebut dapat dipesan secara online dengan sangat mudah dan praktis melalui website Eiger Adventure. Bebas bayar dengan metode apa saja, mudah dan terjamin originalitasnya. Belanja sekarang yuk!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru