HomeNews & InfoEIGER EventApa Itu MJC EIGER dan Bagaimana Caranya Bergabung?

Apa Itu MJC EIGER dan Bagaimana Caranya Bergabung?

Siapa yang ingin bergabung dalam Mountain and Jungle Course (MJC)? Ayo, cari tahu dulu seperti apa pelaksanaan MJC EIGER dan bagaimana cara ikutannya di artikel ini!

Mendaki gunung merupakan kegiatan yang dapat dilakukan oleh siapa pun, baik itu laki-laki, perempuan, anak-anak, atau orang tua sekalipun. Namun, dengan demikian tentunya dalam kegiatan pendakian gunung perlu persiapan khusus. Karena kegiatan petualangan ini penuh tantangan dan memiliki tingkat bahaya serta risiko yang tinggi untuk terjadinya kecelakaan.

Dikelilingi oleh jajaran pegunungan berapi yang membentang hampir di seluruh kawasan nusantara, Indonesia menjadi destinasi menarik untuk aktivitas pendakian gunung. Beragam medan dan vegetasi yang berbeda membuat gunung-gunung di Indonesia menjadi pilihan para pendakian gunung dari lokal bahkan seluruh dunia.

Namun demikian, masih banyak kecelakaan gunung yang terjadi di Indonesia, baik dari faktor alam ataupun dari pelaku itu sendiri.

Bahaya Berkegiatan di Alam Bebas

Berkegiatan di alam terbuka tentu saja sangat menyenangkan bagi para penikmat kegiatan ini. Tetapi, tahukah Eigerian kalau kegiatan ini mengandung unsur bahaya yang harus menjadi perhatian para pelakunya?

Berikut ini adalah dua bahaya berkegiatan di alam terbuka:

1. Subjective Danger

Bahaya yang datang dari diri sendiri. Contohnya seperti kesiapan mental dan fisik, perlengkapan, pengetahuan, kemampuan, dan pengetahuan berkegiatan serta kesiapan menghadapi ketidakpastian kondisi cuaca dan alam.

2. Objective Danger

Bahaya yang datang dari kondisi luar atau alam. Bahaya ini sulit untuk diatasi dan tidak dapat diubah karena di luar batas kemampuan manusia. Contohnya seperti banjir, longsor, udara dingin, kabut, hujan badai, hujan, topografi medan, dan lain sebagainya. Walaupun keadaan seperti ini tidak dapat diubah, tetapi dapat dikurangi dampak negatifnya dengan mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik.

Dalam rangka meningkatkan pengembangan kegiatan di alam bebas, EIGER melalui EIGER Adventure Service Team (EAST) secara rutin menyelenggarakan Mountain and Jungle Course.

Baca Juga: Rekomendasi Jalur Pendakian Gunung Rinjani, Pilih Sesuai Kemampuan!

Apa Itu MJC?

MJC sudah menjadi salah satu agenda tahunan yang rutin diselenggarakan oleh EAST sejak tahun 2001. Kegiatan ini dilaksanakan selama 7-8 hari dengan lokasi yang berbeda-beda di setiap tahunnya.

Diharapkan kegiatan ini bisa menjadi wadah bagi para pencinta alam untuk berlatih dan berbagi ilmu tentang berkegiatan di alam bebas.

Metode Pengajaran

  1. Bimbingan: peserta kegiatan akan mendapatkan bimbingan langsung dari para ahli di bidang kegiatan alam bebas.
  2. Sharing Session: setiap peserta akan diberikan kesempatan menggali informasi, pengetahuan dan pengalaman dari semua narasumber melalui sharing session.
  3. Materi Kelas: 70% materi yang diberikan dilakukan melalui pemberian materi dalam kelas, MJC menghindari pola pendidikan melalui hukuman fisik.
  4. Simulasi Lapangan: praktik lapangan akan dilakukan setelah pemberian materi kelas serta simulasi dalam sharing session dilakukan sebagai evaluasi serapan materi.

Siap Bergabung di MJC EIGER?

Kegiatan MJC dilaksanakan pertama kali pada tahun 2001 dengan lokasi di Gunung Cakrabuana, Jawa Barat. Kegiatan pertamanya ini mengangkat tema tentang “Membangun Sikap Mental Survival dalam Menghadapi Situasi Darurat”.

Sementara tahun lalu, kegiatan MJC ini dilaksanakan di Taman Nasional Gunung Merbabu, Jawa Tengah dengan tema “Manajemen Perjalanan Ekspedisi”.

Setelah 23 tahun pelaksanaannya, kegiatan ini kembali diselenggarakan pada 24-31 Juli 2024 yang berlokasi di Gunung Rinjani, Nusa Tenggara Barat. Untuk tema tahun ini mengangkat “Mempersiapkan Diri dalam Menghadapi Berbagai Kemungkinan Saat Berkegiatan di Alam Terbuka Kawasan Tropis”.

Informasi lebih lanjut seputar MJC EIGER silakan kunjungi Instagram @eiger.east. Simak juga video dokumentasi kegiatan MJC sebelumnya di YouTube EIGER Adventure.

Baca Juga: EIGER Women Adventure Course 2023: Peserta dari Seluruh Indonesia

Dokumentasi Pelaksanaan MJC 2023

So, Eigerian yang penasaran seperti apa keseruan pelaksanaan kegiatan MJC, ayo tonton kembali video MJC 2023 di sini!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru