HomeTips & TrickMountaineeringBaru Pertama Kali Pendakian Tektok? Jangan Lupakan 7 Hal Ini!

Baru Pertama Kali Pendakian Tektok? Jangan Lupakan 7 Hal Ini!

Eigerian yang hobi mendaki gunung pasti sudah familier dengan istilah one day hiking atau yang lebih sering disebut pendakian tektok. Biasanya, pendakian tektok sering dilakukan bagi orang-orang yang ingin berkegiatan di alam bebas, tetapi tidak punya banyak waktu karena memiliki kesibukan.

Pendakian tektok merupakan kegiatan pendakian gunung yang dilakukan dalam satu waktu atau pulang-pergi. Pendakian ini dilakukan tanpa menginap sehingga peralatan yang dibawa pun jauh lebih ringkas. Tektokers adalah sebutan bagi para pelaku pendakian tektok.

Nah, bagi Eigerian yang tidak punya banyak waktu untuk mendaki gunung karena alasan pekerjaan atau kesibukan lainnya, pendakian satu hari ini tentu saja menjadi tawaran yang menarik. Meskipun terasa demikian singkat, pendakian tektok juga bisa dilakukan dengan cara yang seru dan menyenangkan, lho.

Karena durasi perjalanan yang pendek, maka persiapan yang diperlukan pun lebih sederhana daripada pendakian pada umumnya. Namun, agar pendakian tetap berjalan lancar, ada beberapa hal yang wajib Eigerian lakukan. Apa saja? Simak penjelasannya di bawah!

Wajib Dilakukan! Inilah 7 Persiapan Pendakian Tektok

pendakian tektok

1. Pilih lokasi gunung yang dekat dengan tempat tinggalmu

Jangan habiskan waktu kamu untuk mengunjungi gunung yang letaknya jauh dari tempat tinggalmu. Selain akan menghabiskan waktu di perjalanan untuk mencapai basecamp, tenaga kamu pun akan banyak terkuras sebelum memulai pendakian.

Selain itu, cari pula gunung yang tidak terlalu tinggi dan medan yang kamu kuasai atau relatif ringan sehingga hanya membutuhkan beberapa jam saja untuk bisa mencapai puncaknya tanpa harus menginap.

2. Siapkan fisik yang prima untuk sampai ke puncak

Hal selanjutnya yang harus dipersiapkan adalah kondisi fisikmu. Meski perjalanannya singkat, pastikan kondisi tubuh harus dalam keadaan fit dan sehat.

Berolahraga secara teratur juga dapat membantumu dalam mengatur ritme napas selama perjalanan mendaki gunung, seperti dengan berenang atau berlari. Jangan lupa juga lakukan pemanasan dan mengonsumsi makanan bergizi sebelum mendaki, ya.

3. Jangan salah pilih, pakai ransel berukuran kecil atau sedang

Ransel adalah perlengkapan paling penting dalam mendaki gunung. Eigerian cukup membawa ransel dengan ukuran yang sekiranya cukup menampung beberapa helai pakaian, makanan ringan, P3K, dan peralatan tambahan lainnya.

Ukuran ransel yang direkomendasikan adalah sekitar 15L hingga 35L. Selain itu, pertimbangkan pula kondisi medan dan cuaca agar bisa disesuaikan dengan banyaknya barang bawaan yang juga akan mempengaruhi besaran kapasitas ransel yang digunakan.

Baca Juga: 5 Gunung untuk Pendakian Tektok di Pulau Jawa, Pernah Mendaki ke Salah Satunya?

4. Gunakan sepatu yang aman dan nyaman di kaki

Jangan beranggapan karena hanya mendaki singkat, lalu Eigerian mengabaikan perlengkapan yang satu ini. Sepatu justru sangat penting untuk menjaga keamanan dan kenyamanan kaki, sekaligus mendukung pergerakan kamu ketika mendaki.

Sepatu hiking dengan desain low-cut atau sepatu trail running bisa jadi pilihan untuk mendaki gunung dengan medan pendakian yang relatif ringan. Sol dengan bantalan dan grip yang baik akan membuat kaki tetap nyaman menapaki berbagai jenis medan pijakan, seperti bebatuan maupun tanah.

5. Bawalah makanan sesuai kebutuhanmu

Karena durasi hanya satu hari, Eigerian sebaiknya tidak membawa makanan dalam jumlah yang terlalu banyak agar tidak mubazir dan menambah beban bawaan.

Kamu cukup membawa minuman, snack atau energy bar, buah, dan makanan ringan lainnya seperti roti. Sesuaikan dengan kebutuhan dan aturlah porsi mengonsumsinya secara bijak.

6. Anti ribet, packing pun lebih simpel

Packing ketika melakukan pendakian tektok jelas berbeda. Kamu tidak perlu membawa kompor, sleeping bag, tenda besar, matras, cooking set, dan lainnya.

Berikut adalah beberapa perlengkapan yang setidaknya ada di dalam ranselmu untuk perjalanan singkat ini, seperti buff, jaket windproof, jas hujan atau ponco, pakaian ganti, headlamp, dry bag, flysheet atau tenda kecil, P3K, dan lainnya.

7. Bawa trekking pole untuk penggunaan di medan tertentu

Agar ritme langkah tetap terjaga, Eigerian disarankan menggunakan trekking pole saat melakukan pendakian maupun turun gunung.

Selain itu, menggunakan trekking pole juga dapat meringankan beban yang dibawa oleh tubuh dan kaki, serta membantu tubuh tetap tegak dan stabil sehingga perjalanan pun jadi lebih ringan dan lancar.

Baca Juga: 10 Inspirasi Outfit Tektok Gunung yang Keren dan Anti Ribet

Rekomendasi Ransel untuk Pendakian Tektok

1. Ventrex 30

Tas berkapasitas 30 L ini cocok digunakan untuk one day hiking atau pendakian tektok. Dilengkapi dengan teknologi backsystem X-Fit yang menyediakan saluran ventilasi dan busa berkontur untuk aliran udara maksimal, sehingga Ventrex 30 ini aman dan nyaman digunakan selama pendakian.

Tas ini juga dilengkapi dengan saku di bagian depan dan samping sebagai akses cepat, serta rain cover yang tersedia di bagian bawah tas untuk melindungi dari air hujan.

2. Speedtrek 30

Speedtrek 30 siap menemanimu melakukan speed hiking atau pendakian satu hari. Tas ini nyaman dibawa berkat teknologi backsystem X-Fit yang menyediakan saluran ventilasi dan busa berkontur untuk aliran udara maksimal.

Tas ini dilengkapi hip belt fleksibel yang memungkinkan pergerakan aktif yang tidak terbatas. Untuk menjaga kecepatan saat melakukan speed hiking, tas ini dibuat menggunakan bahan ringan sekaligus berdaya tahan kuat.

Pendakian Tektok Bersama EIGER Lebih Aman dan Nyaman

Bagaimana Eigerian? Tertarik untuk mencoba pendakian tektok? Ayo, jadikan pengalaman mendakimu lebih aman, nyaman, dan tentunya tak kalah seru menggunakan perlengkapan dan peralatan mendaki dari EIGER.

Penuhi seluruh kebutuhanmu dari koleksi EIGER Mountaineering, mulai dari t-shirt quick dry, celana convertible, sepatu trail running, ransel, dan lainnya. Temukan semuanya hanya di eigeradventure.com dan EIGER Adventure Store (EAS) terdekat di kotamu.

Eigerian ingin merasakan pengalaman berbelanja lebih mudah dan untung? Segera unduh mobile app EIGER Adventure di ponselmu di sini. Dapatkan berbagai macam promo, diskon, hingga gratis ongkir ke seluruh wilayah Indonesia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru