HomeTips & TrickLifestyleCara Membersihkan Sepatu Putih Tanpa Dicuci? Ini Rahasianya!

Cara Membersihkan Sepatu Putih Tanpa Dicuci? Ini Rahasianya!

Membersihkan sepatu putih seringkali menjadi tantangan tersendiri. Jika sepatu putih kesayangan kotor tapi Eigerian tidak punya banyak waktu untuk mencucinya, jangan khawatir! Ada beberapa cara cepat dan efektif untuk membersihkan sepatu putih tanpa perlu dicuci penuh yang bisa Eigerian praktekkan.

Warna putih memang sangat kontras dengan kotoran, debu, dan noda, sehingga kotoran sekecil apa pun akan langsung terlihat jelas. Noda yang mungkin tidak akan terlihat pada sepatu warna gelap akan menjadi sangat mencolok pada sepatu putih.

Kemudian, bahan sepatu putih seperti kanvas atau kulit sintetis, sering kali mudah menyerap noda. Debu, lumpur, minyak, dan makanan juga lebih cepat menempel dan masuk ke dalam serat kain atau lapisan luar sepatu, sehingga membuatnya lebih sulit untuk dibersihkan. Lalu, bagaimana jika kita tidak punya banyak waktu untuk membersihkan sepatu putih?

Simak cara membersihkan sepatu putih tanpa dicuci di bawah ini, yuk. Tak butuh waktu lama, hanya lima menit!

Cara Membersihkan Sepatu Putih Tanpa Dicuci

cara membersihkan sepatu putih tanpa dicuci
Sumber: Freepik

Dalam waktu lima menit saja, sepatu bisa terlihat bersih kembali dengan bahan-bahan yang mudah ditemukan di rumah. Berikut ini adalah cara membersihkan sepatu putih tanpa dicuci penuh:

1. Gunakan Pasta Gigi

Eigerian perlu menyiapkan pasta gigi non-gel (putih), sikat gigi bekas, dan kain lembut. Lalu, oleskan sedikit pasta gigi pada sikat gigi bekas dan gosok area sepatu yang kotor dengan gerakan melingkar. Setelah itu, bersihkan menggunakan kain lembut yang sedikit dibasahi dengan air. Hasilnya, noda pada sepatu putih akan terangkat dengan cepat. Selain itu, pasta gigi juga bisa membantu membuat warna putih lebih cerah, lho.

2. Lap dengan Tisu Basah

Siapkan tisu basah antibakteri, lalu usapkan tisu basah pada seluruh permukaan sepatu, terutama di bagian yang kotor. Tisu basah ini akan membantu menghilangkan noda ringan dan debu. Hasilnya, sepatu akan bersih dari noda ringan dan sepatu putih akan tampak lebih segar dalam hitungan menit.

3. Gunakan Penghapus Pensil

Eigerian memerlukan penghapus karet putih untuk mencoba cara membersihkan sepatu putih tanpa dicuci yang satu ini. Jika ada noda di sol atau bagian kulit sepatu, Eigerian bisa menggunakan penghapus untuk menghilangkannya, dengan cara gosok lembut pada noda dan lihat hasilnya. Penghapus sangat efektif untuk menghilangkan goresan maupun noda kecil pada sepatu berbahan kulit atau karet.

4. Baking Soda dan Air

Siapkan bahan-bahannya berupa satu sendok teh baking soda, air, dan kain lembut. Kemudian, campurkan baking soda dengan sedikit air hingga menjadi pasta lalu oleskan pada noda di sepatu menggunakan kain lembut. Gosoklah secara perlahan dan bersihkan sisa baking soda dengan kain basah. Baking soda akan bekerja sebagai pembersih alami dan abrasif ringan yang bisa menghilangkan noda tanpa merusak bahan sepatu.

5. Cuka Putih dan Air

Cuka putih juga bisa diandalkan sebagai cara membersihkan sepatu putih tanpa dicuci. Caranya cukup mudah, campurkan cuka putih dan air dengan perbandingan 1:1 lalu celupkan kain ke dalamnya. Lalu, gosokkan kain yang sudah sedikit basah pada bagian sepatu yang kotor. Cuka putih akan membantu mengangkat noda dan menghilangkan bau tak sedap.

Dengan tips ini, Eigerian bisa membuat sepatu putih kembali bersih dan tampak baru hanya dalam waktu singkat tanpa harus mencucinya.

Baca juga: Sepatu Santai yang Cocok untuk Traveling

Tips Merawat Sepatu Putih Agar Tidak Cepat Kotor

cara membersihkan sepatu putih tanpa dicuci
Sumber: Eiger Adventure

Selain mengetahui cara membersihkan sepatu putih tanpa dicuci, Eigerian juga perlu tahu bagaimana merawat sepatu putih agar tetap bersih dan tidak cepat kotor. Berikut ini adalah beberapa tips merawat sepatu putih agar tetap terlihat seperti baru lebih lama yang perlu Eigerian perhatikan:

  1. Setelah membeli sepatu putih, sebaiknya segera semprotkan pelindung sepatu yang tahan air dan kotoran. Produk ini akan membentuk lapisan pelindung yang mencegah noda dan cairan meresap ke dalam bahan sepatu.
  2. Tips berikutnya, jangan biarkan noda menetap terlalu lama. Segera bersihkan noda ringan menggunakan cara-cara yang sudah disebutkan sebelumnya, ya!
  3. Sebisa mungkin, hindari memakai sepatu putih pada saat cuaca hujan atau ketika mengunjungi tempat yang berlumpur atau berdebu. Sebab, kondisi inilah yang membuat sepatu lebih cepat kotor dan sulit dibersihkan.
  4. Saat tidak digunakan, simpan sepatu putih di tempat yang bersih dan kering, serta terhindar dari sinar matahari langsung. Hal ini penting, sebab sinar matahari bisa membuat warna putih cepat menguning.
  5. Pastikan untuk selalu mengenakan kaos kaki yang bersih untuk mencegah kotoran maupun keringat menempel pada bagian dalam sepatu.
  6. Hindari mencuci sepatu putih terlalu sering, karena justru bisa membuat warna sepatu menjadi memudar dan menguning. Eigerian bisa menerapkan cara membersihkan sepatu putih tanpa dicuci yang telah dijelaskan di atas.

Baca juga: 10 Cara Mencuci Baju Putih yang Sudah Menguning, Agar Terlihat Baru

Sepatu putih memang memerlukan perhatian ekstra untuk menjaga kebersihannya, seperti pembersihan rutin, penggunaan pelindung sepatu, dan segera menangani noda yang muncul agar tidak cepat terlihat kotor dan kusam.

Dengan perawatan yang tepat, dijamin sepatu putih kesayanganmu akan bisa tetap bersih, cerah, dan tahan lama. Yuk, temukan berbagai koleksi sepatu di EIGER Adventure Store (EAS) terdekat atau mobile apps EIGER Adventure.

Aplikasinya sudah bisa diunduh di Play Store untuk pengguna Android dan App Store untuk pengguna iOS secara gratis. Di sana, produk EIGER tersedia lengkap, ada banyak promo menarik, serta gratis ongkir ke seluruh wilayah Indonesia. Tunggu apa lagi, cek sekarang dan temukan sepatu atau produk lain favoritmu!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru