HomeTips & TrickLifestyleBikin Awet, Begini Cara Mencuci Sepatu yang Tepat

Bikin Awet, Begini Cara Mencuci Sepatu yang Tepat

Saat melangkah di alam bebas terutama medan berat seperti gunung, kita memerlukan sepatu gunung yang kuat, aman, dan nyaman. Kenyamanan tersebut bisa kita dapatkan dari pemilihan hingga perawatan sepatu gunung. Bagi beberapa pendaki, untuk mendapatkan sebuah sepatu gunung berkualitas harus merogoh kocek cukup dalam. Jadi, jika melihat kembali pengorbanan dalam membeli sepatu gunung, sudah menjadi keharusan untuk merawat sepatu gunung tersebut dengan penuh perhatian, termasuk cara mencuci sepatu yang tepat. 

Pendaki pemula mungkin akan mencuci sepatu dengan cara direndam langsung dengan air. Setelah itu, menyikat semua bagian sepatu dengan penuh semangat. Mereka berfikir, bahwa semakin cepat dan kuat menyikat sepatu gunung, maka hasilnya akan semakin bagus. Metode tersebut memang tidak salah, hanya saja kurang tepat. Ini karena sepatu gunung memiliki bahan premium yang butuh perawatan khusus.

Sangat disarankan untuk terlebih dahulu mempelajari material sepatu gunung. Setelah itu, kita bisa mengaplikasikan cara mencuci sepatu gunung yang benar. Dengan demikian, kualitas sepatu gunung akan tetap awet dan terjaga. Keuntungan yang akan kita dapatkan jika kita dapat mencuci sepatu gunung dengan benar adalah warna sepatu gunung tetap cerah dan tahan lama. Selain itu, lem dan sol sepatu gunung tetap merekat kuat. Ketiga, upper sepatu gunung tidak akan mudah mengelupas, dan konstruksi sepatu tidak akan mudah rusak. Alhasil, sepatu gunung yang kita miliki akan sangat awet dan terlihat seperti baru. 

Cara mencuci sepatu gunung bisa kita lakukan dengan langkah-langkah sederhana berikut ini:

1. Gunakan Alat Pembersih yang Tepat

cara mencuci sepatu
Sumber: Pexels

Sepatu gunung terbagi atas dua bagian, yaitu bagian atas (luar dan dalam), dan bagian bawah (sol). Masing-masing bagian memerlukan alat pembersih yang berbeda. Untuk bagian atas (luar), kita dapat menggunakan lap basah atau sikat lembut yang diusapkan dengan perlahan dan sedikit tekanan. Hal ini dimaksudkan untuk tetap menjaga lapisan tersebut tetap utuh. Sedangkan untuk bagian atas (dalam), kita harus melepaskan terlebih dahulu insole sepatu, lalu gunakan sikat halus yang kering untuk membersihkan bagian dalam tersebut. Kemudian untuk insole sepatu, kita bisa membersihkannya dengan sikat halus yang basah.

Untuk bagian bawah, kita dapat menggunakan sikat yang lebih keras untuk membersihkan tanah yang menempel di sela-sela grip. Usahakan untuk membersihkan terlebih dahulu menggunakan lidi atau tusuk gigi pada sela-sela grip agar lebih mudah ketika menyikat.

2. Pilih Bahan Pembersih yang Tepat

Untuk bahan pembersih, yang paling aman adalah air bersih tanpa campuran sabun apapun. Jangan pernah menggunakan deterjen dalam membersihkan sepatu gunung, karena sabun akan merusak material sepatu. Ada beberapa pendapat yang menyebutkan bahwa cara mencuci sepatu bisa menggunakan jenis mild soap atau sabun dengan pH netral (7.0), seperti sabun bayi. Namun di beberapa kasus, penggunaan sabun dapat melunturkan semacam lapisan tipis yang membantu menghalau air yang akan meresap ke bagian dalam sepatu. Terutama pada sepatu gunung yang memiliki fitur waterproof, maka akan sangat direkomendasikan untuk menggunakan air bersih saja untuk menjaga lapisan waterproof tersebut.

3. Perhatikan Cara Pengeringan

Pengeringan yang baik dan benar adalah dengan cara tidak terkena sinar matahari secara langsung. Solusinya, kita bisa mengeringkan sepatu dengan cara meletakkan sepatu di bawah atap yang terkenang angin. Hal ini dilakukan untuk menghindari rusaknya material sepatu dan memudarnya warna pada sepatu.

Baca juga: Menerapkan Gaya Hidup Sehat itu Tidak Susah, Coba Dulu!

4. Perhatikan Cara Perawatan Sebelum Disimpan

Bahan sepatu gunung biasanya terbuat dari dua jenis, yaitu kulit dan kanvas, atau gabungan dari keduanya. Cara perawatan sebelum penyimpanan terhadap sepatu berbahan kulit adalah dengan cara menyemir sepatu sebelum sepatu mendekati kering. Hal ini dilakukan untuk tetap menjaga kelembapan agar kulit tidak terlalu kering. Sedangkan pada sepatu dengan bahan kanvas yang bersifat waterproof, semprot dengan semprotan waterproof yang bisa didapatkan dengan harga yang bervariasi. 

5. Perhatikan Cara Penyimpanan

cara mencuci sepatu

Setelah semua tahap dilakukan sehingga sepatu gunung kita telah bersih dan kering, lalu isikan gumpalan kertas ke dalam sepatu untuk menjaga bentuk sepatu agar tetap seperti semula. Gunakan kertas polos, dan sebaiknya hindari menggunakan kertas koran untuk menghindari tempelan atau lunturan tinta koran. Kemudian, masukkan ke dalam kardus kering yang diberi beberapa silica gel untuk menghindari jamur. Setelah itu, kardus sepatu siap disimpan di dalam tempat yang kering. Sebaiknya kita menyimpan sepatu gunung secara terpisah di lemari sepatu atau di container box yang diberi silica gel di bawahnya.

Baca juga: Tips Mencapai Work Life Balance Ala Millennials

Melakukan cara mencuci sepatu gunung dari awal hingga akhir itu butuh ketelitian. Jangan mudah puas, dan lakukan berulang-ulang pembersihan sepatu gunung sampai benar-benar bersih. Ketelitian dan kecermatan menjadi kunci utama dalam mencuci sepatu gunung. Kalau sudah saatnya beli sepatu gunung yang baru, pastikan pilih koleksi terbaru Eiger Adventure. Terbuat dari bahan berkualitas tinggi, dan dilengkapi dengan fitur terbaik, sepatu gunung Eiger bisa diandalkan sebagai perlengkapan kegiatan mountaineering di segala kondisi.

Newsletter

Mau jadi yang pertama tau update tentang Eiger Adventure? Yuk, sign up ke newsletter kami!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments