HomeTips & TrickRiding5 Cara Mengendarai Motor di Jalan Raya Aman dan Nyaman

5 Cara Mengendarai Motor di Jalan Raya Aman dan Nyaman

Motor menjadi salah satu moda transportasi yang dominan di jalan raya. Sifatnya yang praktis, berukuran cenderung ringkas, dan hemat bahan bakar, menjadikannya opsi yang dipilih banyak orang. Tapi sudahkah kamu tahu bagaimana idealnya cara mengendarai motor di jalan raya?

berikut penjelasan tentang cara mengendarai motor di jalan raya yang ideal dan sesuai aturan, serta tips sederhana agar aman saat berkendara di atas ‘kuda besi’ ini.

Aturan dan Cara Mengendarai Motor di Jalan Raya

Cara mengendarai motor di jalan raya
Sumber: EIGER Adventure

Dari sekian banyak aturan yang ada, kemudian kamu bisa melihat beberapa poin utama tentang cara mengendarai motor di jalan raya yang sesuai dengan hal tersebut. Setidaknya ada lima hal pokok yang selalu harus kamu ingat dan terapkan, antara lain adalah sebagai berikut.

1. Selalu Gunakan Helm SNI

Helm pada dasarnya berfungsi untuk melindungi kepala dari benturan jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Ini kenapa penggunaan helm berstandar nasional menjadi salah satu poin aturan yang kemudian menjadi hukum, agar ditaati setiap pengendara motor.

Memang masih ada saja orang yang merasa aman ketika  tak memakai helm saat tidak ada aparat penegak hukum. Tapi pemahaman ini harus mulai diubah, karena helm digunakan bukan karena takut akan ditilang melainkan  untuk melindungi diri dari risiko berkendara yang ada di jalan raya.

Jangan salah, risiko berkendara menggunakan motor jauh lebih besar daripada ketika menggunakan mobil, sebab kamu tidak punya perlindungan selain apa yang menempel di tubuhmu. Maka helm, jaket, sarung tangan, celana panjang, dan sepatu menjadi gear yang penting untuk dikenakan.

2. Berkendara di Jalur yang Benar

Untuk mengendarai motor sebenarnya cukup jarang ditemui jalur khusus. Namun idealnya motor disarankan untuk menggunakan bagian kiri jalan dengan asumsi kecepatan mobil jauh lebih tinggi daripada motor.

Jika tersedia jalur khusus motor, gunakanlah jalur ini. Jalanan dengan jalur khusus motor memiliki karakteristik tersendiri  yang bertujuan untuk meningkatkan keamanan berkendara pengendara sepeda motor.

Kamu tetap boleh menggunakan bagian tengah jalan atau bagian kanan ruas jalan yang ada. Tentu dengan catatan kamu perlu mendahului atau akan berkendara dengan kecepatan lebih tinggi, dan tetap dengan pertimbangan  risiko yang ada pada jalur cepat ini.

3. Pahami Rambu Lalu Lintas

Penempatan rambu lalu lintas tidak pernah dilakukan secara sembarangan. Setiap rambu diletakkan dengan perhitungan yang cermat, untuk memberikan tanda pada pengendara kendaraan di jalan raya akan kondisi jalan.

Pemahaman menyeluruh pada rambu lalu lintas harus dimiliki, dan sebenarnya menjadi salah satu syarat dalam pembuatan Surat Izin Mengemudi. Rambu dilarang berhenti, hati-hati persimpangan, hati-hati APILL, hati-hati jalan licin, hati-hati runtuhan material, batas kecepatan minimal dan maksimal, dan banyak lainnya, harus dipahami dengan baik.

Kamu bisa mempelajarinya terlebih dahulu sebelum mengambil ujian SIM. Idealnya ketika seseorang memiliki SIM, pemahamannya pada rambu lalu lintas sudah benar-benar dibuktikan dan diakui.

4. Menyalip Kendaraan dengan Cermat

Menyalip kendaraan jadi hal lain yang perlu dipahami dalam cara mengendarai motor di jalan raya. Motor cenderung punya akselerasi yang cukup baik, tak heran jika cukup banyak rider yang menyukai peningkatan kecepatan saat menyalip kendaraan.

Satu hal yang perlu dipahami adalah kamu tidak boleh mendahului kendaraan dengan asal-asalan. Kamu harus memperhitungkan jarak jalan yang ada di depanmu, dan mempertimbangkan juga kendaraan yang melaju dari lawan arah jika tidak ada pembatas jalan.

Pastikan kamu menyalip saat suasana jalan cenderung sepi dan menyediakan banyak ruang untuk mendahului kendaraan di depanmu. Saat sudah berada di depan kendaraan yang kamu dahului, jangan mendadak membelokkan stang untuk mengambil sisi kiri jalan. Jalan ke bagian kiri dengan perlahan dan tidak mendadak, karena bisa memicu kecelakaan dan merugikan banyak orang.

5. Berkendara dengan Tenang

Jangan berkendara saat suasana hati sedang tidak stabil, emosi memuncak, atau kondisi lain yang membuatmu tidak tenang. Ingat, berkendara memerlukan pertimbangan yang cermat dan kepala yang dingin untuk mengambil keputusan cepat saat berhadapan dengan kondisi tertentu.

Jangan panik saat berhadapan dengan hal yang tidak diduga. Misalnya saja, penyeberang jalan yang bingung apakah akan maju atau berhenti di bagian tengah jalan, kemudian kondisi adanya operasi patuh lalu lintas yang diadakan kepolisian, atau kondisi lain yang sifatnya mendadak dan baru disadari.

Tetap jaga ketenangan, ambil keputusan paling rasional dan paling aman, dan selalu berusaha jadi pengendara motor yang mempertimbangkan keselamatan orang lain selain diri sendiri.
Selain kelima cara mengendarai motor di jalan raya di atas, tentunya kamu juga harus memastikan beberapa hal lain. 

Pastikan kondisi motor yang dikendarai selalu dalam keadaan baik, periksa secara rutin fungsi setiap komponen yang ada, hanya berkendara jika sudah memiliki SIM, dan selalu jaga konsentrasi di jalan supaya tidak muncul kepanikan saat ada hal mendadak yang muncul.

9 Tips Aman Berkendara saat di Jalan Raya

Cara mengendarai motor di jalan raya
Sumber: EIGER Adventure

Nah setelah tahu cara mengendarai motor di jalan raya dengan baik dan benar, kini saatnya kamu mendapatkan tips aman berkendara yang simpel dan mudah dilakukan. Tentu saja, tips ini ditujukan utamanya untuk keselamatan, dan kenyamanan berkendara selama kamu riding.

Sebenarnya tips yang dibagikan di sini cukup umum, tapi mulai banyak yang mengesampingkan dan memandangnya sebelah mata. Secara praktis jika kamu bisa menerapkan tips ini, idealnya kamu bisa berkendara dengan aman dan nyaman.

  • Pertama, selalu pastikan kondisi kendaraan, pastikan berfungsi dengan baik
  • Kedua, atur posisi berkendara yang nyaman, buat badan rileks dan tidak kaku
  • Ketiga, selalu menggunakan perlengkapan berkendara yang berstandar jelas dan berkualitas
  • Keempat, ikuti arus lalu lintas sesuai dengan aturan yang berlaku atau berdasarkan arahan dari aparat kepolisian yang mengatur lalu lintas
  • Kelima, berkendara dengan kecepatan wajar, tidak terlalu lambat hingga bisa menghambat arus lalu lintas, tidak terlalu cepat hingga meningkatkan risiko kecelakaan
  • Keenam, secara berkala periksa spion motor, dan cermati arus lalu lintas. Konsentrasi di jalan raya penting untuk membantumu mendeteksi kejadian yang ada
  • Ketujuh, hanya gunakan lajur kanan untuk mendahului kendaraan lain atau berkendara dalam kecepatan tinggi
  • Kedelapan, jangan menggunakan smartphone selama berkendara. Jika perlu melihat peta, pastikan motormu dilengkapi phone holder yang bisa membuatmu melihat peta tanpa harus menggunakan kedua tangan
  • Kesembilan, jika lelah segera berhenti dan istirahat. Jangan paksakan diri untuk berkendara terus menerus ketika lelah. Akan lebih baik jika kamu punya jadwal yang jelas berapa lama berkendara dan berapa lama istirahat, sehingga kamu juga bisa menjaga kondisi mesin agar suhunya normal

Baca Juga: Ini 6 Penyebab Ban Motor Gundul yang Sering Tidak Disadari 

Sebenarnya tidak sulit untuk menerapkan cara mengendarai motor di jalan raya yang aman dan nyaman. Selama kamu paham benar rambu yang berlaku, menerapkan etika berkendara dengan baik, dan selalu waspada pada kondisi sekitar, kamu bisa berkendara dengan leluasa tanpa meningkatkan risiko di jalan raya.

Seperti yang disebutkan di atas tentan cara mengendarai motor di jalan raya, kamu juga perlu riding gear yang berkualitas untuk membantumu melindungi diri. EIGER Adventure, memiliki sederet riding gear berkualitas yang siap memberikan proteksi optimal selama kamu berkendara. Kamu bisa mengandalkan X-Rapidity 1.0 untuk jaket, kemudian WS Chimbali 2.0 Full Gloves untuk sarung tangan, dan Ecopolis untuk helm yang digunakan. Dengan standar produksi tinggi, produk dari EIGER Adventure memiliki kualitas yang teruji dan memenuhi SNI di Indonesia. Tidak perlu cemas, kamu bisa langsung mengunjungi EIGER Adventure Store (EAS) terdekat di kotamu. Agar lebih praktis dan mudah, kamu juga bisa belanja lewat mobile apps EIGER Adventure yang sudah bisa kamu unduh di Play Store untuk pengguna Android dan App Store untuk pengguna iOS. Produknya lebih lengkap dan dijamin ori. Dapatkan juga promo dan gratis ongkir ke seluruh wilayah Indonesia!

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru