HomeTips & TrickIni 6 Penyebab Ban Motor Gundul yang Sering Tidak Disadari

Ini 6 Penyebab Ban Motor Gundul yang Sering Tidak Disadari

Ketika riding, tidak hanya skill berkendara yang diandalkan tapi juga kondisi motor. Salah satu komponen krusial yang menunjang keamanan dan kenyamanan berkendara adalah ban motor. Kondisi ban motor gundul akan menjadi hal yang berbahaya, dan wajib diberikan perhatian khusus supaya tidak sampai menjadi penyebab kecelakaan.

Tapi sebenarnya apa sih yang membuat ban motor gundul? Padahal kelihatannya motor dikendarai dengan cara yang biasa saja, pada jarak yang cukup terukur, dan tidak digunakan untuk drifting seperti mobil di arena drift ‘kan?

Baca Juga: Tips Perawatan Berkala Sepeda Motor Agar Riding Selalu Nyaman

Menilik Apa Saja Penyebab Ban Motor Gundul

ban motor gundul
Sumber: EIGER Adventure

Jika kamu belum sadar benar, sebenarnya cukup banyak faktor yang bisa memicu ban motor menjadi cepat gundul. Beberapa penyebabnya antara lain adalah sebagai berikut.

1. Tekanan Angin Ban Kurang

Selain membuat motor terasa kurang nyaman ketika riding, kurangnya tekanan angin di ban juga bisa menjadi faktor ban cepat gundul. Ban akan berada dalam kondisi tekanan yang lebih besar, sehingga tidak bisa memaksimalkan kekuatan yang dimilikinya.

Jelas, permukaan ban yang menapak ke aspal akan lebih besar. Dikombinasikan dengan tekanan yang terasa berlebih, akan membuat gesekannya lebih kuat dan memakan permukaan ban.

2. Ban Tidak Seimbang

Ada ukuran yang pasti untuk ban depan dan belakang, agar motor seimbang dan nyaman dikendarai. Namun atas nama modifikasi dan tampilan yang unik, ukuran ini sering diabaikan sehingga membuat distribusi beban motor tidak seimbang.

Hal ini juga bisa jadi salah satu pemicu ban motor gundul yang jarang disadari, sebab ausnya pola ban terjadi seiring berjalannya waktu pemakaian.

3. Pengereman Mendadak

Kalau kamu termasuk rider yang suka melakukan pengereman mendadak, maka ban gundul seharusnya bukan jadi hal yang aneh. Pengereman seperti ini bisa mengakibatkan permukaan ban terkikis lebih cepat dan tidak merata.

Jika terus dilakukan, ban akan semakin tipis dan menjadi mudah meletus.

4. Jenis Ban yang Kurang Pas

Pada ban motor, jenis ban dibedakan menjadi dua kategori utama berdasarkan bentuknya. Pertama jenis tapak datar, dan kedua jenis tapak lingkar. Masing-masing jelas memiliki peruntukannya, dan akan menjadi lebih boros jika digunakan di luar peruntukannya.

Kamu bisa berkonsultasi dengan bengkel kepercayaanmu untuk urusan ini, sehingga tidak salah dalam memilih jenis ban untuk motor.

5. Faktor Usia Ban

Well pada dasarnya setiap ban juga punya batas usia pakai ideal yang ditetapkan oleh produsen, dan direkomendasikan untuk diganti ketika batas usianya sudah tercapai. Usia ban yang sudah tua jelas akan membuat ban menjadi gundul atau aus, dan berkurang kualitasnya.

Hal ini disebabkan karena pemakaian, dan oksidasi pada karet ban yang membuatnya menjadi keras dan retak-retak.

6. Jalanan yang Jelek

Dalam artian tidak rata dan halus, atau dalam bentuk jalanan ideal untuk riding. Jalanan yang buruk bisa membuat ban lebih cepat aus dan menjadi gundul. Misalnya saja, jalan yang bergelombang, berlubang, atau adanya benda tajam dan kerikil yang bisa merusak bagian bawah ban.

Semakin sering ban melewati jalan seperti ini, maka usia pakainya juga akan semakin cepat habis.

Waspadai Efeknya pada Motor saat Berkendara

ban motor gundul
Sumber: EIGER Adventure

Setelah paham mengenai apa saja pemicunya, selanjutnya kamu wajib tahu apa saja bahaya ban motor gundul yang muncul pada kendaraan, dan kegiatan riding yang kamu lakukan.

  • Pertama, meningkatkan risiko kecelakaan. Ban yang sudah gundul memiliki daya cengkeram yang rendah pada jalan, yang membuatmu mudah tergelincir saat berkendara. Ketika tergelincir, motor akan sulit dikendalikan, dan membuatmu terjatuh
  • Kedua, efisiensi penggunaan bahan bakar yang berkurang. Kenapa? Karena kendaraan perlu tenaga lebih besar untuk berhadapan dengan ban yang aus. Apalagi jika beban yang kamu berikan pada kendaraan semakin besar, maka otomatis konsumsi bahan bakarnya juga akan semakin boros
  • Ketiga, performa motor yang menurun. Motor akan menjadi kurang responsif, sulit dikendalikan, dan memicu kerusakan suspensi atau bagian lain di motor yang kamu punya. Jelas, untuk riding motor akan semakin tidak nyaman dan tidak perform seperti yang seharusnya
  • Keempat, tampilan jelas akan sangat berpengaruh. Ban gundul akan tampak sekali pada tampilan motor yang kamu punya, dan mengurangi tingkat kekerenannya beberapa derajat. Memang hal ini bisa dikatakan sebagai efek samping, tapi tetap saja, setiap rider atau biker ingin motornya selalu tampil sempurna

Ini Cara Mengatasi Ban Motor Gundul, Cermati Poinnya!

ban motor gundul
Sumber: EIGER Adventure

Sebenarnya cara paling ampuh untuk mengatasi ban motor gundul adalah menggantinya dengan ban baru, sehingga performa idealnya dapat diperoleh kembali. Namun untuk langkah pencegahan agar usia ban dan kondisinya tetap terjaga dalam waktu lebih lama, kamu bisa cermati beberapa tips di bawah ini.

  • Bersihkan secara rutin. Kamu bisa mengecek bagian ban dan membersihkan berbagai benda yang terselip pada alur ban motor. Cara ini bisa dilakukan untuk mencegah terjadinya ban bocor atau pecah, serta mengembalikan daya cengkram ban dan membuatnya lebih awet
  • Jangan membawa muatan berlebih. Memang untuk touring kamu perlu membawa cukup banyak barang. Tapi pastikan hal ini tidak melebihi kapasitas yang dimiliki ban. Jika memang diperlukan, kamu bisa mengganti ban dengan ukuran lebih besar untuk touring
  • Pastikan tekanan angin ban selalu ideal. Kamu bisa mengeceknya dengan alat yang tersedia di pom bensin atau tempat tambal ban dan bengkel ban terdekat. Tekanan ideal membuat ban bisa bekerja dengan baik
  • Hindari parkir di bawah terik Matahari agar ban tidak terus menerus terpapar udara dan suhu panas yang bisa membuat usianya lebih pendek
  • Cermati tanda ban sudah habis masa pakainya. Mulai dari perubahan alur ban, kenyamanan saat dikendarai, dan kedalaman alur yang ada pada ban, menjadi tanda ban motor mulai gundul dan sudah waktunya diganti
  • Ganti ban tepat waktu sesuai rekomendasi dari bengkel kepercayaanmu

Baca Juga:  5+ Efek Naik Motor Jarak Jauh, Yuk Pahami Bersama!

Itu tadi sedikit ulasan tentang ban motor gundul, mulai dari penyebab, efeknya saat berkendara, dan cara mencegah yang bisa kamu terapkan. Tentu, hal ini penting untuk kamu yang gemar riding atau touring, karena menjadi pengetahuan dasar. Selain itu, penggunaan gear lengkap yang berkualitas juga wajib dipastikan, sehingga keselamatan tetap terjamin. Untuk urusan itu, kamu bisa langsung mengunjungi EIGER Adventure Store (EAS) terdekat di kotamu. Agar lebih praktis dan mudah, kamu juga bisa belanja lewat mobile apps EIGER Adventure yang sudah bisa kamu unduh di Play Store untuk pengguna Android dan App Store untuk pengguna iOS. Produknya lebih lengkap dan dijamin ori. Dapatkan juga promo dan gratis ongkir ke seluruh wilayah Indonesia!

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru