HomeTips & TrickMountaineeringDaftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki

Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki

Sebagian pendaki gunung mungkin merasa takut kelaparan selama mendaki gunung. Ketakutan tersebut kemudian membuat mereka membeli berbagai macam menu makanan dalam jumlah banyak. Tapi sayangnya, makanan tersebut malah akan menghabiskan banyak tempat di tas carrier. Akibatnya, tidak semua perlengkapan mendaki gunung yang diperlukan bisa masuk ke dalam tas. Maka solusinya adalah bawalah bekal makanan yang awet, efisien tempat, dan dapat mencukupi kalori harian tubuh.

Daftar Menu Makanan Saat Mendaki Gunung

menu makanan
Sumber: Freepik

Nah, berikut ini daftar makanan untuk pendaki gunung yang perlu diketahui:

1. Buah-buahan

Buah-buahan kaya akan vitamin dan mineral yang bermanfaat bagi tubuh. Rekomendasi buah sebagai makanan untuk pendaki gunung adalah jeruk, apel, alpukat, dan buah pir.

2. Sayuran

Selain buah-buahan, kamu juga perlu membawa sayuran untuk dimasak saat pendakian gunung. Konsumsi sayuran selama mendaki gunung akan meningkatkan sistem imun dan energi tubuh. Jadi, otot yang lelah akan lebih cepat pulih. Hal ini dikarenakan sayuran memiliki banyak kandungan zinc, vitamin, dan mineral lainnya. 

3. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan sangat kaya akan omega-3, asam amino esensial, zinc, hingga mineral lainnya yang penting untuk tubuh. Cara memasaknya juga terbilang mudah. Kamu tinggal merebus kacang dengan sedikit garam, atau jika kamu tidak menyukai garam, kamu dapat memasak unsalted peanut. Beberapa jenis kacang-kacangan yang dapat kamu bawa saat mendaki gunung adalah kacang tanah merah, kacang lentil, kacang hitam, kacang kedelai, kacang almond, kacang mete, dan kacang edamame.

Kacang adalah sumber karbohidrat kompleks yang kaya akan asam amino. Dengan mengkonsumsi kacang, tubuh akan mendapatkan asupan kalori dan juga protein yang cukup. Jadi, kondisi tubuh selama mendaki gunung akan selalu bugar.

4. Beras

Rekomendasi menu makanan untuk mendaki gunung yang tahan lama adalah beras. Beras menjadi bekal sejuta umat dari pendaki pemula hingga pendaki senior. Hal ini dikarenakan beras relatif murah, awet, dan mudah untuk dibawa. 

5. Telur

Menu makanan yang satu ini dapat dikombinasikan dengan berbagai jenis makanan lainnya. Telur dapat dijadikan sebagai lauk, dan dapat juga sebagai makanan utama. Ada cara membawa telur agar tidak pecah selama mendaki gunung. Kamu bisa membeli egg holder untuk menyimpan telur. Selain itu, kamu bisa memasukkan beras ke dalam nesting lalu masukkan telur ke dalam timbunan beras. Untuk menghindari telur saling bergesekan, jangan lupa tambahkan pengganjal dari plastik atau kertas. Pada intinya, telur akan terkunci pada posisi yang sama di dalam nesting. Keberhasilan teknik ini terletak pada bagaimana membuat telur agar tidak goyang ke mana-mana.

Selain kelima menu makanan seperti yang telah disebutkan di atas, kamu juga bisa membawa roti, oatmeal, cereal bar, sosis, hingga selai kacang. Pastikan bahan makanan yang dibawa sudah kamu sesuaikan dengan kebutuhan ya! 

Cara Mengolah Menu Makanan Saat Mendaki Gunung

menu makanan

Daripada Eigerian makan mie instan, kenapa tidak mencoba memasak sayur yang lebih menyehatkan? Sebagian orang mungkin akan langsung menjawab “ribet”. Sebenarnya mengolah makanan tidak akan seribet itu jika kamu tahu trik memasaknya. 

1. Memasak nasi

Untuk memasak nasi, kamu hanya perlu menyiapkan beras dan air bersih. Caranya, cuci bersih beras lalu letakan ke dalam nesting. Setelah itu, tambahkan air hingga permukaan beras berjarak satu ruas jari tangan. Kemudian letakan nesting yang berisi beras dan air di atas kompor. Jangan biarkan nesting dalam keadaan terbuka, dan biarkan beras mendidih. Jika sudah mendidih, aduk secara perlahan agar beras matang merata. Tunggu beberapa saat hingga air di dalam nesting mengering.

Selanjutnya, siapkan nesting yang lebih lebar lalu panaskan air sekitar satu ruas jari. Tunggu hingga mendidih, lalu letakkan nesting yang berisi nasi di atas nesting kedua yang berisi air panas. Fungsinya adalah untuk mematangkan nasi dari sisi atas dan bawah nesting. Masak hingga air benar-benar habis. Dijamin, nasi yang kamu masak tidak akan keras.

2. Sayur Sop

Tentu rasanya sangat kurang jika hanya makan nasi putih. Jadi, menu makanan selanjutnya adalah sayur sop yang mudah dan setiap orang pasti bisa membuatnya. Sebelum berangkat mendaki, uleg bumbu menjadi satu lalu simpan di dalam wadah yang kedap udara agar tetap awet. Bumbu yang dibutuhkan adalah bawang putih, bawang merah, merica, dan garam. Sedangkan jenis sayuran yang bisa digunakan adalah wortel, kol, daun bawang, kentang, tomat. Supaya lebih bervariasi, kamu bisa menambahkan bakso dan sosis. 

Cara memasak sayur sop cukup mudah. Pertama, potong semua sayur sesuai selera. Lalu tumis bumbu yang sudah dihaluskan di atas panci atau nesting. Setelah bumbu cukup harum, masukan sayuran keras seperti wortel dan kentang. Setelahnya itu baru tambahkan bakso dan sosis. Jika sudah mulai layu, tambahkan air ke dalam panci dan rebus sayuran hingga mendidih. Jangan biarkan sayuran terlalu matang, karena bisa mengurangi kandungan gizinya. Beberapa menit sebelum sop diangkat, masukan sayuran yang mudah layu seperti kol, daun bawang, dan tomat. Aduk sebentar, dan sayur sop siap untuk disajikan.

3. Orak-arik telur

Kalau kamu ingin memasak yang lebih hemat, bikin orak-arik telur saja! Cara membuat menu masakan yang satu ini sangat mudah. Pertama, kocok lepas beberapa butir telur lalu tambahkan garam dan merica secukupnya. Panaskan wajan dengan minyak goreng, lalu tumis bawang putih, bawang merah, dan bawang bombay dengan api kecil hingga harum. Setelah itu, masukan irisan cabai, wortel, tomat, dan daun bawang, lalu tuangkan telur ke dalam wajan. Aduk adonan telur dengan cepat dan jangan biarkan telur menggumpal besar-besar. Kemudian tambahkan garam dan merica secukupnya. Jika kamu melakukan dengan benar, maka wujud orak arik telur akan tampak mirip dengan buliran-buliran nasi. Setelah siap, maka orak-arik telur siap disajikan.

4. Pecel

Menu makanan saat mendaki gunung selanjutnya adalah pecel sayur. Pecel menjadi salah satu menu makanan yang paling mudah dan cepat disiapkan. Caranya, rebus semua sayuran seperti bayam atau kangkung hingga matang. Lalu, campurkan bumbu pecel instan dengan air panas. Aduk hingga bumbu tidak menggumpal. Maka pecel sudah siap untuk disantap.

Demikian pembahasan seputar daftar menu makanan saat mendaki gunung beserta cara mengolahnya. Sekarang, Eigerian sudah punya gambaran bagaimana akan memasak di puncak gunung, bukan? Lengkapi peralatan memasakmu dengan kitchenware dari Eiger.

1 COMMENT

  1. Terimakasih banyak sharingnya .. aku kalau mendaki juga slalu membawa buah2 an seperti apel dan anggur. Kalau untuk makanan biasanya memasak tumis tuna & sawi. Kalau mau praktis biasanya sih bungkus nasi bungkus dari Basecamp, saat sudah di dalam tenda, nasi tsb tinggal di goreng dengan bumbu racik instan hehe

Comments are closed.

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru